17 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan

Posted on

Tapak Tuan adalah salah satu kecamatan paling populer di Aceh Selatan. Hal ini karena begitu banyak tempat wisata di Tapak Tuan dan sekitarnya yang sangat sayang untuk tidak dituntaskan.

Tapak Tuan sendiri berasal dari cerita yang turun temurun. Dimana mereka memiliki pantai yang terdapat tapak kaki berukuran raksasa yang diduga milik Syech Tuan Tapa.

Tempat Wisata di Tapak Tuan

Dari cerita inilah kemudian nama kota ini muncul. Pastinya kamu penasaran bukan saat di kota Tapak Tuan bisa melihat apa saja. Berikut tempat wisata di Tapak Tuan terpopuler:

Wisata Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan Tapa

Satu tempat wajib yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Tapak Tuan pastinya harus ke petilasan Tapak Tuan Tapa. Dimana dipantai berkarang ini akan ditemukan tapak berukuran 6 meter kali 2,5 meter.

Baca Juga: Wisata Aceh Singkil

Untuk menuju tempat ini tidaklah sulit yang penting ada tekad yang kuat. Maklum saja untuk sampai lokasi ada batu karang berbagai ukuran yang harus dilewati.

Jangan lupa pakai alas kaki bila tidak ingin terapi kaki. Tapak Tuan Tapa ini ada di lereng Gunung Lampu. Sementara itu perjalanan bisa dimulai dari Pantai Lampu

Gunung Lampu

Gunung Lampu

Bagi mereka yang suka wisata alam dan ingin naik gunung maka disarankan untuk berkunjung ke Gunung lampu. Gunung ini menjadi paket yang lengkap karena pengunjung juga bisa ke pantai dan pastinya ke Wisata Tapak Tuan Tapa yang legendaris.

Saat berada di Gunung Lampu, Desa Hilir, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan silakan nikmati seluruh pemandangan yang ada. Sejauh mata memandang akan terhampar keindahan yang begitu nyata.

Puncak Grapela

Puncak Grapela

Tapak Tuan itu kaya akan keindahan pantai dan perbukitan. Selain ada Gunung Lampu masih ada Puncak Grapela yang bisa menjadi tujuan selanjutnya.

Ditempat ini pengunjung akan melihat keindahan tiada tara akan alam perbukitan Aceh. Sejauh mata memandang akan ada keindahan yang ditemukan.

Objek wisata ini juga tidak begitu jauh dari pusat kota dan mudah diakses. Puncak Grapela ini ada di Desa Luas, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Puncak Gemilang

Puncak Gemilang

Ada anekdot yang mengatakan belum sah ke Aceh Selatan bila berkunjung ke Puncak Gemilang. Dan pernyataan tersebut bisa benar adanya.

Di tempat ini wisatawan dalam melihat lebih dekat seperti apa indahnya Aceh Selatan. Tempat ini akan kian ramai pada sore menjelang malam karena bisa jadi mereka berkunjung seusai bekerja.

Puncak Gemilang ini ada di kawasan pegunungan Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Puncak Pegunungan Mata Angin (Panorama Hatta)

Panorama Hatta

Puncak Pegunungan Mata Angin atau yang biasa dikenal masyarakat dengan Panorama Hatta ini pun bisa menjadi tujuan berikutnya. Dikatakan Panorama Hatta karena pada zaman dulu Pak Hatta pernah melintas dan terpesona.

Ia pun berhenti sejenak untuk melihat keindahan alam ini. Dan setelah itulah tempat ini lebih dikenal sebagai Panorama Hatta.

Bila pak Hatta saja bisa terpesona maka bisa dipastikan keindahan tempat ini tiada duanya. Bila penasaran silakan datang ke jalan Tapaktuan-Pasie Raja, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Air Terjun Tingkat Tujuh

Air Terjun Tingkat Tujuh

Keindahan alam yang begitu luar biasa ditambah beningnya air yang mengalir bisa menghipnotis siapa saja yang berkunjung. Sesuai dengan namanya di destinasi ini terdapat air terjun yang tingkatannya mencapai 7 buah.

Kalau cukup kuat secara fisik bolehlah menjelajah masing-masing tingkatan. Namun kalau tidak cukuplah semampunya dan rasakan sensasi alam yang begitu asri.

Objek wisata menarik ini ada di Batu Hitam, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan

Pantai Lhok Rukam

Pantai Lhok Rukam

Aceh memiliki garis pantai yang begitu indah, salah satunya saat berkunjung ke Pantai Lhok Rukam yang ada di Desa Lhok Rukam, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Objek wisata ini juga dikenal sebagai kampung hijau karena proses peng-hijau-annya yang cukup berhasil. Predikat ini didapat sejak tahun 2017 silam dan bertahan hingga saat ini.

Berada di pantai tanpa tiket tanda masuk ini pengunjung selain disuguhkan keindahan pantai juga akan dibuat takjub dengan pemandangan pepohonan yang ada. Pasir putih dan pohon cemara memberi warna tersendiri saat ada di lokasi.

Pantai Cemara Ujung Batu Pasieraja

Pantai Cemara Ujung Batu Pasieraja

Satu pantai yang cukup menarik karena tawarkan pasir putih, laut biru dan hijaunya pepohonan sudah pasti ada Pantai Cemara Ujung Batu Pasieraja. Pantai ini ada diperbatasn antara Desa Ujong Batee dan Desa Air Pinang, Kecamatan Tapak Tuan.

Saat siang berkunjung udara panas pun tidak akan terasa karena angin yang begitu kencang. Terlebih hijaunya pepohonan akan membuat suasana makin romantis.

Pemandian Panjupian

Pemandian Panjupian

Bagi warga Tapak Tuan bilamana mereka ingin berenang pastinya menuju Pemandian Panjupian. Dan tempat ini sangat populer karena selain didapat dari mata air alami juga harga tiket yang ramah kantong.

Berada di Desa Panjupian, kolam renang ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB dan pengunjung bebas main sepuasnya.

Mereka yang datang ke sini biasanya adalah keluarga yang ingin rekreasi air sembari kulineran. Maklum saja pengelola juga siapkan aneka menu yang siap santap begitu lelah bermain air.

Patung Naga

Patung Naga Tapak Tuan

Satu tempat di pusat kota Tapak Tuan yang sering dikunjungi tentu saja Patung Naga. Patung ini tak lain juga merupakan Maskot Kota Tapak Tuan.

Pun demikian lokasinya ada di kompleks kantor bupati Aceh Selatan. Mereka yang suka berkunjung ke tempat ini sudah pasti warga lokal yang ingin bersantai.

Bukan hanya ada Patung Naga tapi ditempat ini juga terdapat taman yang sering digunakan beraktivitas warga. Tak pernah sepi pengunjung, tempat ikonik di Tapak Tuan ini pun pastinya juga harus dikunjungi.

Taman Pala Tapak Tuan

Taman Pala Tapak Tuan

Tak jauh beda dengan kota-kota lain ditanah air dimana Tapak Tuan pun memiliki taman yang harus disinggahi. Taman Pala Tapak Tuan siap menyambut tamu dengan berbagai spot menarik.

Pengelola pun menyediakan spot foto untuk hiasi feed instagram. Selain itu ada pula pojok baca atau perpustakaan mini yang bikin kunjungan makin berfaedah.

Tempat ini juga difungsikan sebagai tempat rekreasi publik, ekowisata minat khusus dan edukasi wisata outdoor. Tempat penuh aktivitas ini berada di Desa Pasar, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Objek Wisata Batu Putri Batupang / Termenung

Objek Wisata Batu Putri Batupang

Objek wisata ini sejatinya tidak ada di Tapak Tuan karena persisnya ada di bibir Pantai Peulumat, Desa Peulumat, Kecamatan Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Namun demikian karena jaraknya hanya 2 kilometer dari Jalan Raya Tapak Tuan – Meulaboh maka bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi.

Spot paling menarik ketika ada di tempat ini adalah adanya batu yang menyerupai seorang perempuan yang tengah duduk di atas kura-kura sambil menopang dagu. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Putri Batupang. Dan ternyata memiliki legenda yang berkisah tentang putri yang menjadi batu.

Dari tempat ini pengunjung bisa juga menikmati keindahan pantai Peulumat. Meski menawarkan keindahan yang begitu luar biasa tapi fasilitas yang ada belum begitu sempurna dan membutuhan persiapan matang bagi kamu yang ingin berkunjung.

Air Terjun Tangga Seribu

Air Terjun Tangga Seribu

Objek wisata ini begitu booming pada 2019, satu tahun pasca diketahui warga setempat. Butuh perjuangan ekstra untuk tiba dilokasi tapi semua itu akan terbayar lunas begitu tiba.

Menjadi perhatian bagi seluruh wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata yang satu ini untuk diantar pemandu dari warga setempat. Selain memastikan tiba dengan selamat pastinya ada banyak cerita menarik yang bisa didapat.

Air Terjun Tangga Seribu ini ada di Desa le Jeurnah, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan. Bisa ditempuh dalam waktu 2 jam dari pusat Kota Tapak Tuan.

Air Terjun Ceurace Beungkuang

Air Terjun Ceurace Beungkuang

Berbicara tentang objek wisata di Aceh Selatan itu tak ada habisnya. Salah satunya ada di Dusun le Yalem, Desa Jambo Dalem, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Lokasinya tak begitu jauh dari Tapak Tuan dan bisa menjadi destinasi pilihan selanjutnya. Khususnya bagi mereka yang suka wisata alam berbalut adventure yang menguras adrenalin.

Sepintas bisa saja orang akan mengatakan sedang ada di air terjun Niagara dalam ukuran mini. Jangan lupa siapkan kaki yang kokoh agar bisa sampai tujuan dengan baik.

Masjid Istiqomah Tapak Tuan

Masjid Istiqomah Tapak Tuan

Berkunjung ke Tapak Tuan rasanya kurang afdol bila tidak berkunjung ke masjid yang satu ini. Masjid Istiqimah Tapak Tuan demikian namanya, dimana rumah ibadah ini juga bisa digunakan untuk berburu keindahan.

Masjid ini tidak begitu besar tapi arsitekturnya begitu khas dengan kubah tunggalnya. Ornamen yang ada mewakili budaya setempat dengan sentuhan Arabia membuat masjid ini begitu indah.

Terutama bila malam tiba maka keindahannya akan kian terpancar dan sangat sayang untuk tidak dikunjungi. Masji ini berada di Jalan Jendral Sudirman, Desa Hulu, Kecamatan Tapak Tuan membuat siapa saja mudah menjangkaunya.

Pulau Dua Bakongan Timur

Pulau Dua Bakongan Timur

Tak jauh dari Tapak Tuan ada pulau yang sangat populer karena keindahannya. Pulau tersebut bernama Pulau Dua Bakongan Timur.

Menurut cerita yang berkembang pulau ini tercipta karena ada naga yang melarikan diri dari kejaran Tuan Tapa. Dalam pelarian tersebut naga menabrak sebuah pulau dan kemudian menjadi dua.

Terlepas benar atau salah, tujuan wisata ini menjadi salah satu yang harus dikunjungi. Di pulau perawan ini pun berbagai kegiatan bisa dilakukan mulai dari snorkeling, memancing hingga mendirikan kemah.

Pantai Lhok Nibong

Pantai Lhok Nibong

Pantai ini pun sejatinya bukan di Tapak Tuan karena persisnya ada di Desa Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek. Namun karena lokasinya cukup dekat dan keindahannya begitu luar biasa maka saya masukkan dalam list dalam tempat wisata di Aceh Selatan.

Pantai ini juga sangat populer dikalangan wisatawan karena dari tempat ini pengunjung bisa melihat langsung indahnya Samudra Hindia. Bukan hanya itu saja tapi di pantai ini juga terdapat pulau kecil yang sering dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Wisata Banda Aceh

Di pantai ini pun kegiatan bawah laut banyak dilakukan karena menyimpan sejuta keindahan. Terumbu karang dan ikan warna warni menjadi salah satu alasan bagi wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Semua itu menarik bukan dan pastinya ada banyak kisah tentang legenda Tapak Tuan yang bisa digali dari penduduk sekitar. Terlepas itu benar atau tidak tetap menjadi satu kearifan lokal karena ada banyak hal menarik dikisahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *