18 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Ikonik

Posted on

Wajib tahu daftar tempat wisata di Tasikmalaya jika Anda sudah punya rencana untuk berlibur di kota ini. Ke Tasikmalaya tetap akan pas-pas saja baik bersama keluarga maupun bersama para sahabat, sebab semua wisata yang ada di sana akan cocok untuk siapapun. Kebanyakkan memang wisata alam, malahan hampir semuanya. Jadi, Anda yang memang cari wisata alam, sudah tepat memilih Tasikmalaya sebagai destinasinya.

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata di Tasikmalaya

Ada wisata pantai, air terjun, pegunungan, danau, perkampungan, dan lainnya. Anda akan menemukan pilihan antara Pantai Karang Tawulan, Pantai Sindangkerta, Leuwi Citoe Pancatengah, Curug Agung Galunggung, Curug Dengdeng, Tonjong Canyon Cipatujah, Karaha Bodas, Gunung Batu, Gunung Galunggung, Taraju, Jembatan Cirahong, Taman Wisata Karang Resik, dan masih banyak lainnya. Simak saja selengkapnya di daftar berikut.

Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan

Diawali dengan pilihan tempat wisata di Tasikmalaya berwujud pantai. Pantai yang pertama adalah Pantai Karang Tawulan. Perlu diketahui, pantai ini menjadi salah satu ikon Kota Tasikmalaya sehingga wajar jika sudah ada banyak orang dari luar Tasikmalaya yang tahu eksistensi tempat wisata Tasik ini. apakah Anda juga sudah mengetahuinya?

Baik sudah tahu atau belum, tetap saja pantai ini direkomendasikan untuk dikunjungi. Apa yang membuat pantai ini cukup unik adalah memiliki wilayah atau bibir pantai berupa pasir yang sempit, yang luas adalah hamparan rerumputan yang akan menyambut Anda terlebih dahulu sebelum hamparan pasir.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Purwakarta

Rerumputan yang ada di sana berwarna hijau segar, membuat siapa saja tergoda-goda untuk beristirahat di atasnya. Selain itu, juga telah disediakan fasilitas untuk wisatawan yang beristirahat di sana. Pantai ini mungkin akan ramai ketika Anda sampai di sore hari, sebab dari tebingnya siapa saja bisa mendapatkan pemandangan yang indah.

Biaya untuk beli satu tiket masuk hanya 5 ribu rupiah saja, lokasinya ada di Cimanuk, Kalapa Genep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

Ada dua pantai yang jadi pilihan selama berwisata di Tasikmalaya, dan pantai yang kedua adalah Pantai Sindangkerta. Pantai Sindangkerta berada di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. View wisata di pantai ini akan berbeda dengan yang ada di pantai sebelumnya. Adapun yang didapat wisatawan di pantai ini adalah pantai yang bibirnya dihias dengan rumput hijau.

Tentu saja karangnya yang hijau ini karena ditumbuhi lumut dan tanaman khas pantai yang lembut. Karenanya, wisatawan yang melangkahkan kaki di atasnya diharapkan untuk berhati-hati. Warna pasirnya adalah putih kecoklatan, cukup eksotis sehingga memberikan daya tarik lebih.

Pantai Sindangkerta biasa disebut sebagai wisata dengan taman laut. Benar saja, sebab di sana Anda bisa menyaksikan pemandangan taman yang ada di tepi laut. Untuk masuknya, hanya butuh tiket seharga 6 ribuan rupiah saja.

Leuwi Citoe Pancatengah

Leuwi Citoe Pancatengah

Pilihan wisata Tasikmalaya nomor tiga ini wajib dikunjungi, rasanya kurang lengkap punya agenda liburan di Tasikmalaya namun belum mampir ke Leuwi Citoe Pancatengah. Leuwi Citoe Pancatengah juga punya alasan untuk masuk dalam daftar wisata Jawa Barat terbaik. sebenarnya wujud dari tempat wisata Tasik ini adalah sebuah sungai dengan air terjun mini di sampingnya, namun apa yang akan Anda lihat nanti adalah perpaduan kehijauan yang tak biasa.

Apalagi jika Anda menikmati pemandangannya dari atas tebing, akan dilihat air sungai berwarna hijau cerah karena kedalamannya dan air terjun kecil yang mengalir dengan aliran sedang. Udara di sana menyejukkan, cocok untuk wisatawan yang sebelumnya punya rutinitas padat.

Leuwi Citoe Pancatengah ini letaknya di dalam Kampung Sukajaya, tepatnya di Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya.

Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung

Wisata selanjutnya yang juga wajib didatangi selama Anda di Tasikmalaya adalah Curug Agung Galunggung. Wujudnya adalah air terjun, dan akan jadi air terjun terbaik selama Anda berada di Tasikmalaya. Penilaian tetap menjadi milik Anda, namun bisa dijanjikan Anda tak akan menyesal datang ke tempat rekreasi di Tasikmalaya ini.

Lokasinya berada di Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat, masih dalam satu kawasan dengan wisata Gunung Galunggung. Gunung Galunggung pun juga akan disebutkan dalam daftar ini karena menawarkan atraksi lain selain sebuah air terjun.

Kembali ke Curug Agung Galunggung, sesaat sampai di objek wisata di Tasikmalaya ini apa yang Anda lihat adalah fully green. Sangat rimbun sekali pepohonan yang menghias sekitar air terjun setinggi kurang lebih 80 meter ini. airnya jernih, tampak berwarna putih susu dari kejauhan.

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

Pilihan lain wisata di Tasikmalaya yang masih berupa air terjun adalah Curug Dengdeng. Curug Dengdeng beralamat di Cikatomas, Tawang, Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Di daftar tempat wisata Tasik ini Anda akan menemukan beberapa wisata yang berada di Kecamatan Pancatengah. Jadi, Anda akan lebih mudah dalam membuat itinerary liburan.

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, di Curug Dengdeng yang akan Anda lihat adalah air terjun yang melebar, bukannya meninggi. Di bawahnya bukan areal kolam yang bisa digunakan untuk bermain air atau berenang, melainkan tebing batu. Karena keunikannya ini justru Curug Dengdeng memiliki atraksi yang membuat wisatawan penasaran dan bisa mendapatkan pengalaman berbeda.

Jika Anda juga penasaran maka datang saja ke Cikatomas, Kecamatan Tawang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Badak Batu Hanoman

Curug Badak Batu Hanoman

Baik Curug Agung di Gunung Galunggung maupun Curug Dengeng sama-sama memiliki keunikan masing-masing, begitu juga dengan Curug Badak Batu Hanoman. Sebagai alternatif tempat wisata Tasik, apa yang ditawarkan wisata ini adalah air terjun dengan banyak pilihan spot foto dan fasilitas yang lebih lengkap.

Bisa dipilih aktivitas apa yang ingin dilakukan pengunjung, apakah bermain air langsung dari terjunan airnya, menikmati pemandangan air terjun dari ketinggian, menikmati kawasan hutan yang ada di sekitarnya, atau berfoto-foto di spot foto yang telah disediakan.

Karena banyak hal bisa dilakukan, wajar jika salah satu objek wisata di Tasikmalaya ini dikunjungi banyak orang setiap waktunya. Lokasinya sendiri berada di Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk masuknya saja, butuh biaya 10 ribu rupiah per orang. kan dikenakan biaya tambahan jika Anda tertarik untuk sewa tikar atau hammock.

Tonjong Canyon Cipatujah

Tonjong Canyon Cipatujah

Ternyata Anda juga bisa pilih wisata yang wujudnya berupa sungai yang diapit deretan tebing cantik. Jangan sampai Anda tidak mampir ke Tonjong Canyon Cipatujah untuk bisa nikmati pengalaman seperti berada di luar negeri. Alamatnya berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya.

Karaha Bodas

Karaha Bodas

Karaha Bodas memberikan pemandangan alam yang tak biasa. Di sana bisa dinikmati pemandangan tebing-tebing breksi yang alami tentunya. Juga ada area untuk tracking, diperuntukkan wisatawan yang memang ingin melakukannya. Karena Karaha Bodas ini letaknya di kaki gunung, wajar jika memiliki nama lain sebagai Kawah putih Tasikmalaya. Datang saja ke Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Tasikmalaya jika berminat.

Batu Paraga

Batu Paraga

Ada aliran sungai tersembunyi yang masih jarang tersentuh aktivitas manusia di Tasikmalaya, namanya Batu Paraga. Wisata ini masih jarang diketahui sehingga cocok untuk Anda yang ingin explore Tasikmalaya.

Selain berwujud aliran sungai yang tersembunyi, di sekitarnya juga ada kawasan hutan yang bisa memanjakan mata. Tentu saja udaranya juga masih bersih sehingga bisa dimanfaatkan. Letaknya berada di Desa Mandalahayu, Kecamatan Salopa, Jawa Barat.

Gunung Batu

Gunung Batu

Selanjutnya ada wisata yang wujudnya pegunungan. Gunung Batu adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang cukup difavoritkan. Panorama alam pasti didapat jika seseorang datang ke kawasan wisata ini. Mengharuskan Anda gerak lebih banyak untuk mengeksplorasi demi mendapatkan spot terbaik versi Anda sendiri. Untuk bisa menikmati Gunung Batu, datang saja ke Desa Mertajaya, Kecamatan Bojongasih, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung memberikan panorama alam pegunungan dengan danau, ada juga sebuah terjun yang telah disebutkan sebelumnya. Harga tiket masuk untuk satu orang hanya 5 ribu rupiah saja, sangat murah dengan pemandangan yang akan didapat wisatawan. Untuk bisa masuk ke kawasan wisatanya, pertama Anda harus menuju ke Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Tasikmalaya, baru bisa masuk ke dalamnya.

Rumah Batu Karangnunggal

Rumah Batu Karangnunggal

Mungkin wisata alam yang berikan panorama alam saja membuat Anda sudah merasa cukup. Kalau begitu, alternatifnya adalah Rumah Batu Karangnunggal. Wisata yang ada adalah wisata alam berupa kawasan hutan yang dihias dengan pahatan batu oleh para seniman. Inilah mengapa nama wisata ini sedemikian rupa.

Wisata ini berada di Desa Cibatu, Kecamatan Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di sana karena wisata yang wujudnya kawasan hutan dengan bebatuan indah masih jarang di Indonesia.

Taraju

Taraju

Lebih lengkapnya adalah ‘Wisata Taraju’, wujudnya adalah sebuah persawahan sangat luas yang berbukit-bukit. Akan cocok untuk wisatawan yang mencari suasana alam yang masih asri, atau sekedar ingin merasakan udara sejuk dan bersih.

Bisa juga untuk wisatawan yang ingin merasakan jalan-jalan diantara perkebunan dan persawahan karena tak memiliki kesempatan ini ketika di kota asalnya.

Wisata Taraju letaknya berada di Jalan Raya Taraju, Deudeul, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat. Ada spot gardu yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk melihat pemandangan secara maksimal.

Danau Lemona

Danau Lemona

Opsi tempat wisata di Tasikmalaya nomor empat belas adalah danau. Namanya Danau Lemona dan berada di Desa Kawitan, Kecamatan Salopa, Tasikmalaya. Apa yang ada di danau ini bisa berikan hiburan untuk wisatawan. Bisa dengan berwisata kuliner yang dilengkapi dengan pemandangan alam berwujud danau. Di tepiannya juga terdapat rumah adat asli.

Juga telah disediakan spot foto yang khas dengan danau ini di sana. Pastikan Anda mampir jika punya sisa waktu sedikit di Tasikmalaya, sebab di sana banyak aktivitas bisa dilakukan.

Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong sangat populer dna mungkin Anda sudah pernah lihat sebelumnya. Lihat di internet saja tentu akan kurang. Selagi Anda punya kesempatan berkunjung ke Tasikmalaya, jadikan saja objek wisata di Tasikmalaya ini sebagai destinasi.

Jembatan Cirahong memberikan pemandangan lembah dengan jembatan rel kereta api di tengahnya. Banyak yang sengaja datang ke wisata ini untuk berfoto karena memang spotnya bagus. namun, tak jarang juga yang datang untuk menikmati pemandangannya yang tak biasa. Anda bisa bebas memilih untuk menikmati apa dari wisata ini, namun yang jelas jika belum mampir ke Jembatan Cirahong rasanya akan kurang. Terlebih jika Anda suka mengabadikan momen berlibur.

Wisata di Tasikmalaya ini alamatnya ada di Jalan Raya Cirahong, Margaluyu, Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat. Tidak ada tiket masuk yang harus dibeli untuk siapa saja yang ingin nikmati wisata ini.

Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik

Tempat wisata di Jawa Barat selanjutnya adalah sebuah taman wisata. Bisa dijadikan pilihan alternatif tempat rekreasi di Tasikmalaya, sebab di sana memang Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada. Luas dari wisata ini mencapai 32 hektar, sehingga pastinya akan ada banyak spot yang bisa dipilih. seramai apapun wisata ini, Anda tetap bisa menemukan spot untuk bersantai dengan keluarga atau sahabat yang sama-sama datang ke Tasikmalaya.

Biaya tiketnya hanya 5 ribu rupiah saja, namun yang bisa didapatkan ada banyak. Mulai dari nuansa sejuk karena pepohonan dan taman yang ada, wisata edukasi, hingga spot untuk bersantai ala taman. Lokasi wisata yang satu ini ada di Jalan Mohammad Hatta, Desa Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Teejay Waterpark

Teejay Waterpark

Dalam daftar wisata di Tasikmalaya ini ada juga waterpark. Sebuah waterpark yang letaknya di Tasikmalaya dan memiliki wahana yang tidak sembarangan, namanya Teejay Waterpark. Lebihnya waterpark yang satu ini adalah memiliki kolam arus, membuat Anda dan siapa saja yang berlibur bersama Anda bisa mendapatkan pengalaman serasa di pantai.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sumedang

Ada banyak seluncuran dengan level yang berbeda sehingga Teejay Waterpark cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. Fasilitasnya tentu sangat lengkap, tak ada yang dikhawatirkan lagi. Teejay Waterpark terletak tidak jauh dari pusat Kota Tasikmalaya, yaitu berada di dalam Kompleks Plaza Asia, Desa Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk tiket masuknya, beli satu tiket saja memerlukan biaya sebesar 30 ribu rupiah.

Kampung Naga

Kampung Naga

Pilihan tempat wisata di Tasikmalaya terakhir adalah sebuah perkampungan, yaitu Kampung Naga. Letak perkampungan yang dijadikan objek wisata ini berada di sebuah lembah yang subur, atraksinya adalah kesempatan untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat Sunda dan melihat rumah-rumah adat yang asli.

Adapun rumah asli milik para warga Sunda adalah rumah panggung, dan rumah inilah yang wujudnya akan Anda lihat di sana. Kampung Naga juga jadi pilihan yang oke jika Anda menginginkan liburan santai dengan suasana pedesaan yang kental. Untuk bisa menikmatinya, Anda hanya perlu datang ke Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Setelah sampai di desa tersebut, Anda sudah bisa melihat petunjuk jalan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *