Tempat Wisata Di Tegal

9 Tempat Wisata Di Tegal Yang Bagus Paling Direkomendasikan

Posted on

Tegal merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga kerap melahirkan musisi berkata seperti Anang Hermansyah, sehingga keberadaan Kota Tegal pun semakin terangkat. Di samping itu, ternyata Tegal juga patut disoroti karena ada banyak tempat wisata di Tegal yang sangat rugi bila tak dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Di Tegal

Penasaran dengan tempat wisata di Tegal yang paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi? Berikut ulasannya.

Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah atau biasa disingkat PAI merupakan objek tempat wisata di Jawa Tengah yang lebih tepatnya berlokasi di Mintaragen, Kecamatan Tegal Tim, Kota Tegal. Dikelola oleh pemerintah setempat lewat Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata.

PAI memiliki Panjang pantai kurang lebih 500 meter, mulai dari area Pelabuhan sama dengan Universitas Pancasakti. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan laut Jawa yang cukup tenang. Terdapat beberapa fasilitas juga yang akan semakin membuat wisatawan nyaman saat berlibur di Pantai Alam Indah.

Sayangnya untuk bisa sampai ke PAI, kamu tak bisa naik angkutan umum. Sebab belum ada yang melewati Kawasan wisata ini. Namun biarpun begitu, kamu tetap bisa menggunakan kendaraan pribadi atau berjalan kaki.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Temanggung

Tahukah kamu kalau keberadaan PAI juga ternyata bisa membantu kemajuan perekonomian daerah. Lewat biaya tiket masuk yang dibayarkan serta biaya retribusi parkir. Dengan begitu, lokasi wisata pun bisa semakin dikembangkan dan dikelola dengan baik. Bila sebelumnya fasilitas umum pun tak memadai maka berbeda dengan sekarang. Mulai dari parkiran, toilet, masjid, hingga fasilitas gardu pandang pun sudah bisa kamu gunakan.

Sedikit tips saat kamu hendak berwisata ke Kawasan pantai. Karena cuaca akan cukup terik, sebaiknya kamu menggunakan pelindung kulit seperti sunblock sehingga sinar matahari tidak langsung menyengat ke kulit. Kamu juga bisa melindungi mata menggunakan kaca mata hitam. Bila kamu ingin menginap dan mendirikan tenda, pastikan dulu pada pihak pengelola apakah boleh mendirikan tenda atau tidak.

Rita Park Tegal

Rita Park Tegal

Rita Park Tegal merupakan sebuah taman hiburan sederhana yang biasa digunakan untuk wisata keluarga. Area bermainnya memiliki dua daerah yaitu indoor dan outdoor. Beberapa kedai cemilan pun menjadi fasilitas yang sangat mendukung dan membuat nyaman wisatawan. Lokasi Rita Park sendiri berada di Jalan Kolonel Sugiono, Nomor 155, Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Bar, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Taman hiburan ini juga diklaim sebagai amusement park terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Area wisatanya dibangun di atas lahan 2.4 hektar. Sementara itu, di dalamnya juga sudah dibangun 28 wahana permainan untuk anak dan dewasa. Untuk tiket masuknya akan dibagi menjadi 2 opsi pembelian tiket. Yaitu, pembayaran tiket masuk plus deposit. Dimana pengunjung akan dikenakan biaya masing-masing saat akan naik wahana dan deposit akan dikembalikan saat kamu mengembalikan kartu.

Namun, bagi kamu yang ingin lebih praktis. Kamu bisa menggunakan opsi pembayaran kedua. Dimana kamu akan menggunakan tiket terusan, sehingga kamu bisa berkeliling dengan bebas.

Untuk harga tiket Ic Card yaitu 15 ribu, sementara untuk tiket terusan weekday 80 ribu dan terusan weekend 100 ribu.

Ada banyak wahana yang bisa kamu naiki, misalnya saja mini coaster sebuah wahana yang merupakan versi mini jet coaster ini akan sangat menyenangkan. Meluncur di sepanjang lintasan rel dan menguji adrenaline. Wisatawan juga dapat merasakan bagaimana rasanya sensasi melesat dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada pula wahana super wing, lagi-lagi bisa memacu adrenaline mu. Kamu dapat merasakan hembusan udara dengan beraturan dan berputar di atas super wing.

Masih banyak sekali wahana yang wajib kamu coba. Jadi, kalau saat ke Tegal kamu butuh hiburan yang memacu adrenaline, langsung saja datang ke Rita Park Tegal.

Bahari Waterpark Tegal

Bahari Waterpark Tegal

Berkunjung ke taman rekreasi air memang bisa menjadi pilihan paling tepat untuk berwisata keluarga, khususnya untuk anak-anak. Nah, kalau kamu orang Tegal atau sedang berkunjung ke Tegal lalu mencari wisata air paling popular, kamu bisa berkunjung ke Bahari Waterpark. Berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Tempat wisata kota Tegal ini dibangun di atas lahan 3.5 hektar dengan total secara keseluruhan sebenarnya adalah 5 hektar. Selain bisa dimanfaatkan sebagai tempat liburan bersama keluarga, disini juga sudah difasilitasi program refreshment untuk wisatawan. Sehingga akan lebih bermanfaat dan juga menyehatkan.

Untuk harga tiket masuk ke Kawasan wisata Bahari Waterpark ada 2 harga. Pertama untuk senin sampai jumat harganya 25 ribu rupiah dan untuk hari libur atau sabtu dan minggu harganya 30 ribu rupiah.

Disini terdapat banyak sekali wahana permainan air yang bisa kamu nikmati. Seperti kiddy Pool yang merupakan sarana bermain khusus untuk anak-anak. Dengan luas 34 meter persegi, anak-anak bisa bermain dengan sangat menyenangkan. Ada pula sebuah kapal bajak laut, water canon, dan lainnya.

Kolam khusus anak ini juga sudah dilengkapi dengan patung ikan, serta ember tumpah. Berdiri di bawah ember raksasa yang sewaktu-waktu akan menumpahkan air di dalamnya tentu saja akan memberikan keseruan tersendiri. Ada juga sebuah seluncuran yang memiliki Panjang hingga 8 meter. Sementara yang terpendek kurang lebih 3 meter. Lalu, untuk kedalamannya karena ini untuk anak sehingga cukup aman karena hanya 50 cm saja.

Masih banyak wahana lain yang akan memanjakan liburan kamu selama di Bahari Park. Jadi, kamu tak usah ragu untuk berkunjung ke sini ya!

Alun-Alun Kota Tegal

Alun-Alun Kota Tegal

Alun-Alun Kota Tegal, merupakan sebuah fasilitas dari pemerintah yang memang disediakan untuk warga serta wisatawan atau untuk umum. Kamu pun tak perlu mengeluarkan uang untuk bisa datang dan masuk ke Kawasan alun-alunnya. Sejenak melepas penat sembari menikmati suasana kota tegal atau berwisata kuliner khas Tegal bisa kamu lakukan di Alun-Alun Kota Tegal.

Saat pagi hari, biasanya masyarakat sekitar menjadikan alun-alun Tegal ini sebagai tempat untuk berolahraga. Lari pagi atau bersepeda. Selain itu juga terdapat cukup banyak pedagang kaki lima sehingga kalau ingin berwisata kuliner versi murah, kamu bisa coba mencicipi makanan yang dijajakan para pedagang di sekitar alun-alun. Untuk masuk ke Kawasan alun-alunnya gratis, jadi kamu tak perlu khawatir untuk soal biayanya ya.

Taman Poci

Taman Poci

Taman Poci merupakan sebuah taman kota yang mempunyai banyak fasilitas bermain untuk anak. Mengapa dinamakan taman poci, sebab terdapat sebuah patung teko raksasa yang cukup unik. Lokasi taman pocinya sendiri berada di Jalan Kolonel Sudiarto, Panggung, Kecamatan Tegal. Bila kamu ingin mengisi kegiatan liburan atau mencari tempat wisata keluarga di akhir pekan, kamu bisa coba mengunjungi Taman Poci.

Di akhir pekan biasanya ada banyak orang tua yang mengajak anaknya ke sini. Ya, sekedar mengisi waktu akhir pekan. Biarpun sederhana namun tentunya akan sangat menyenangkan.

Monumen Bahari

Monumen Bahari

Wisata Tegal Monumen Bahari berlokasi di Jalan Sangir Nomor 7, Mintaragen, Kecamatan Tegal Tim, Kota Tegal, Jawa Tengah. Ini merupakan sebuah monumen atau tugu peringatan yang memang sengaja diletakkan di Kota Tegal.

Tempat wisata ini sebenarnya masih satu Kawasan dengan Wisata Pantai Alam Indah. Dimana untuk monumennya sendiri baru diresmikan pada tanggal 20 Desember tahun 2008. Pembangunan Monumennya dibangun di atas lahan selus 12 ribu meter persegi. Sementara untuk luas banguannya kurang lebih 5 ribu meter persegi. Untuk bangunan fisik monumennya mirip dengan kapal perang yang terdiri atas berbagai alat utama khususnya untuk sistem persenjataan atau alutsista yang sudah tak terpakai.

Alat-alat tersebut juga adalah sumbangan yang diterima dari TNI AL. Diantaranya berupa kendaraan tempur, tank PT 76, kendaraan tempur pintam, dan lain-lain. Tertarik untuk berkunjung ke Monumen Bahari? Bila iya, kamu bisa berkunjung ke sini sekaligus ke Pantai Alam Indah sebab masih dalam satu Kawasan.

Taman Tegalsari

Taman Tegalsari

Taman tegalsari, menjadi salah satu tempat favorit masyarakat tegal untuk sekedar berwisata keluarga atau menikmati suasana sekitar. Taman ini dibuka untuk umum, artinya bisa dimasuki oleh siapa saja. Bahkan tak jarang para pelancong datang ke sini untuk beristirahat.

Tata letak tamannya terbilang sangat nyaman. Tanaman yang sengaja dibuat di beberapa titik taman, membuat suasana semakin berbeda dan tentunya sangat instagramable untuk difoto. Tamannya juga menghadap langsung ke sebuah danau, yang mana saat sore hari menjelang, memandang ke arah danau adalah hal yang tak boleh kamu lewatkan. Sebab saat itu kamu akan menyaksikan pemandangan matahari terbenam dengan sangat jelas. Kalau kamu mau, kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar danau.

Sementara itu, bagi kamu yang memang sangat ingin berburu spot foto unik, tak perlu khawatir. Sebab tamannya sudah terbilang unik sehingga beberapa spot foto lainnya juga pasti akan sangat mendukung.

Bagi anak-anak hal yang paling dinantikan tentunya menuju ke taman bermain yang memang lengkap dengan segala permainannya. Nah, di sini sudah ada area khusus anak-anak dengan permainan sederhana namun sangat menyenangkan. Seperti terowongan, perosotan, dan lain-lain. Dengan begitu mengajak anak di akhir pekan ke Taman Tegalsari tentu bisa menjadi pilihan tepat. Beberapa tempat duduk dan gazebo pun dibuat guna kenyamanan para pengunjung. Ada Pula masjid sebagai fasilitas untuk umat muslim agar semakin nyaman beribadah.

Tak jarang, para pesepeda pun berhenti di Tegalsari untuk beristirahat sebab memang Taman ini cocok sekali dijadikan tempat rehat. Kalau kebetulan kamu sedang melakukan perjalanan, kamu juga bisa singgah dulu di sini.

Pantai Muarareja Indah

Pantai Muarareja Indah

Objek wisata Tegal Pantai Muarareja Indah sebenarnya termasuk dalam tempat wisata yang terbaru di Tegal. Karena sebelumnya para pelancong hanya mengenal Pantai Alam Indah, salah satu pantai yang memang cukup terkenal. Namun berkat bantuan sosial media, akhirnya pamor Pantai Muarareja Indah pun semakin naik dan semakin banyak dikunjungi. Lokasinya sendiri berada di Jalan Brawijaya, Muarareja, Tegal Barat, Kota Tegal.

Biarpun tergolong baru, namun pengelolaan pantainya sudah terbilang cukup baik. Suasananya sejuk karena semilir angin dan pepohonan yang membuat teduh. Tempat wisatanya sudah tertata dengan baik. Ya, biarpun kalau mau dilihat kekurangannya pasti akan ada saja yang harus dikoreksi, namun untuk wisata baru ini bisa cukup dimaklumi.

Fasilitas umum seperti area parkir, toilet dan mushola pun sudah dikelola dengan sederhana dan baik. Sementara itu, bila kamu merasa lapar, kamu bisa mengisi perut di warung-warung yang berjejer di sekitar pantai. Ada banyak warung sehingga banyak pilihan juga untuk kamu.

Sementara itu untuk akses menuju lokasi wisata pantai Muarareja juga terbilang mudah. Bila kamu dari pusat kota, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online menuju pantai, waktu yang harus ditempuh kurang lebih 15 menitan. Ada 2 pintu masuk utama yang bisa dilalui. Pertama, pintu masuk sebelah timur yaitu di jalan depan Kantor Kelurahan Muarareja. Lalu di sebelah barat yang ada di tempat pelelangan ikan atau TPI Muarareja. Namun sebelum masuk, tentunya kamu harus membayar biaya masuknya dulu. Hanya 3 ribu rupiah saja per orang

Pantai Randusanga

Pantai Randusanga

Pantai Randusanga sebenarnya masuk dalam Kawasan wisata Brebes. Namun bila berangkat dari Kota Tegal, jaraknya tidak terlalu jauh. Dari pusat kota hanya 15 km saja. Bila berkendara, kemungkinan bisa sampai dalam waktu 15 sampai dengan 30 menitan, tergantung bagaimana kondisi jalannya.

Pantai Randusanga atau lebih dikenal dengan naman Randusanga Indah sendiri berlokasi di Randusanga Kulon, kurang lebih 7 Km bila ke arah utara dari Jalan Raya Pantura Kota Brebes. Obyek wisata ini terus dikembangkan sehingga pengelolaanya semakin baik. Di sepanjang jalan saat menuju pantai, kamu akan melihat perkebunan bawah merah yang membentang luas. Sementara itu saat akan mendekati Kawasan pantainya, kamu juga akan menemukan banyak tambak yang sering digunakan untuk budidaya bandeng atau rumput laut.

Panorama pantai yang terbilang masih alami pun bisa kamu nikmati sesampainya di pantai. Beberapa fasilitas umum semakin mendukung kenyamanan saat berada di Randusanga. Karena cuaca akan cukup terik sebaiknya kamu menggunakan sunblock agar kulit tak tersengat sinar matahari langsung.

Ada pula fasilitas wahana permainan untuk anak, mandi laut, panggung gembira, arena balap, hingga camping ground. Sehingga kalau kamu merasa tak cukup sehari untuk menikmati liburan di pantai ini, kamu bisa mendirikan tenda di area camping ground dan menginap semalam.

Untuk soal makanan dan minuman tentu tak perlu khawatir, sebab sudah ada kafe dan juga rumah makan yang menyajikan berbagai makanan seafood. Sementara kalau membutuhkan oleh-oleh selepas liburan, kamu pun bisa menemukan penjual buah Tangan khas setempat seperti telur asin, bawang merah dan lain-lain.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Solo

Waktu yang paling menarik menikmati suasana pantai sebenarnya adalah sore hari. Sebab saat itu kamu bisa sekaligus menikmati pemandangan matahari terbenam. Kapan lagi bisa menikmati senja di pantai? Suasana yang romantis akan terasa.

Oke traveller, itulah 9 tempat wisata di Tegal paling direkomendasikan. Tempat wisata mana yang menjadi favoritmu? Apakah wisata pantai, wisata curug atau wisata danau? Kamu dapat memilih salah satu tempat wisata di atas yang menurutmu paling cocok untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu dan membagikannya ke sosial media ya. Dengan begitu potensi wisata Tegal bisa semakin naik dan itu pun bisa semakin membantu perekonomian daerah. Happy travelling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *