Tempat Wisata di Teluk Wondama

7 Tempat Wisata Di Teluk Wondama Paling Menakjubkan

Posted on

Bila membicarakan soal tempat wisata di Papua Barat, mungkin yang terlintas dalam benakmu adalah Raja Ampat? Tak salah karena memang Raja Ampat sangatlah populer. Namun kamu juga perlu tau bahwa masih banyak destinasi yang bisa dijelajahi, khususnya yang berada di Teluk Wondama.

Tempat Wisata di Teluk Wondama

Teluk Wondama merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat. Ibukotanya berada di Raisey. Belum banyak orang yang tau mengenai daerah ini. Padahal keindahan tempat wisata di Teluk Wondama sangat indah dan menakjubkan. Bahkan bisa bikin kamu susah move on!

So, traveler yang sedang menjelajahi Papua Barat, sempatkan untuk berkunjung ke Teluk Wondama yuk! Kalau khawatir akan bingung soal destinasi yang akan dikunjungi, berikut kami pilihan beberapa yang paling direkomendasikan. Langsung saja simak yuk!

Air terjun Mambonok

Air terjun Mambonok

Air Terjun Mambanok menjadi destinasi wisata pertama yang direkomendasikan untuk wisatawan kunjungi. Pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk benar-benar memberikan efek relaksasi tersendiri.

Baca Juga: Wisata Teluk Bintuni

Bahkan bila kamu berangkat dari Kawasan perkotaan hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Jadi, tak perlu menghabiskan waktu yang terlalu lama.

Untuk memulai perjalanan kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selanjutnya, bisa dilanjutkan dengan trekking selama kurang lebih 15 menit.

Selama berjalan kaki, kamu akan ditemani oleh suasana alam yang asri dan terjaga keasliannya. Rasa lelah pun akan sedikit tersamarkan dengan hal tersebut. Bahkan terbayar lunas bila sudah benar-benar sampai di hadapan air terjunnya.

Air mengalir dari atas di sela-sela tebing bak tirai yang sangat indah. Sekeliling penuh dengan tumbuhan hijau, sungguh menyegarkan. Wisatawan pun bisa turun langsung ke kolam alami yang terus mengalir ke arah sungai. Kapan lagi bisa menikmati mata air alami selama berada di Papua Barat?

Pulau Rariau

Pulau Rariau

Wisata di Teluk Wondama selanjutnya masih berkaitan dengan air namun kali ini bukan air terjun melainkan wisata pesisir yakni Pulau Rariau. Sebuah kepulauan yang letaknya di distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama.

Nah, untuk bisa sampai di pulau ini kamu harus menggunakan transportasi air Long Boat dari Pelabuhan Wasior. Dengan waktu tempuh yang dihabiskan kurang lebih 2 sampai 3 jam. Biar memakan waktu cukup lama namun semua akan terbayar lunas saat sudah sampai di Pulau Rariau.

Mata benar-benar akan dibuat takjub dengan pemandangan pulau. Hamparan pasir putih yang lembut lengkap dengan lautan biru yang luas. Sungguh eksotis. Bila tak cukup liburan hanya 1 hari saja, wisatawan pun bisa menyewa homestay untuk beberapa hari. Beberapa fasilitas pendukung akan semakin membuat nyaman selama berada di sini.

Pulau Roon

Pulau Roon

Pulau Roon punya julukan Surga Wisata di Teluk Wondama. Keindahan alam dan lautnya dijamin bisa membuatmu terpanah dan terhipnotis. Pulau Roon memang tak terlupakan dan selalu menjadi pusat perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Teluk Wondama.

Windesi

Windesi

Windesi adalah salah satu distrik yang berada di Teluk Wondama. Dan di sini terdapat sebuah perbukitan yang terkenal akan keindahannya yakni Bukit Kamadiri. Bukit ini sangat populer apalagi di kalangan anak muda setempat.

Bagi traveler yang ingin datang ke Bukit di Wendesi harus menempuh perjalanan laut dulu menggunakan loang boat atau kapal express selama kurang lebih 1 sampai 2 jam. Lalu dilanjutkan trekking selama kurang lebih 30 menit. Rasa lelah akan segera terbayarkan saat kamu sudah sampai di puncak bukitnya. Terlihat pemandangan pulau-pulau kecil yang begitu indah, sangat memanjakan mata. 

Bukit Inspirasi

Bukit Inspirasi

Tau nggak sih selain unik karena keindahan alamnya, Teluk Wondama juga dikenal dengan julukan Tanah Peradaban Orang Papua. Ini karena di sini terdapat sebuah destinasi wisata rohani yang sudah sangat populer hingga mancanegara. Bahkan rasanya belum lengkap bila ke Wondama namun tak menyempatkan ke wisata rohani Bukit Inspirasi.

Sebuah bukit dengan nuansa alam yang khas dan memiliki sejarah tersendiri. Dimana pernah ada seorang pendeta bernama I.S Kijne mencari inspirasi saat hendak menulis Pujian Mazmur ma Ranu dan Mazmur ma Dow (masmurd dan nyanyian). Hingga sekarang pujian tersebut masih sering dinyanyikan di Gereja Kristen Injil Tanah Papua.

Untuk bisa mencapai puncak bukit inspirasi, wisatawan harus sedikit menguras tenaga dengan menaiki 1.000 anak tangga. Namun semua itu akan segera terbayar lunas saat wisatawan benar-benar sudah sampai puncak. Mata akan dimanjakan dengan hamparan pemandangan alam yang indah, semilir angin membuat suasana lebih sejuk.

Bukit Selfi Rowo

Bukit Selfi Rowo

Destinasi wisata Teluk Wondama memang tak bisa dilepaskan dari tema alam yang indah. Seperti Bukit Selfie Rowo, destinasi wisata yang lagi-lagi sangat kental dengan suasana alamnya. Tempat ini kerap dijadikan sebagai spot foto terbaik saat hendak mengabadikan moment di Teluk Wondama.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke Bukit Selfie pun akan dimudahkan dengan akses jalan yang sudah cukup bagus. Namun untuk waktu tempuh memang akan sedikit memakan waktu yakni 2 jam perjalanan dari pusat Kota Wasior. Tenang saja, perjalanan yang panjang akan segera terbayarkan saat kamu sudah sampai di Bukit Selfie Rowo.

Bukit Pantai Wandamui

Bukit Pantai Wandamui

Tak cukup hanya mengunjungi satu bukit selama di Teluk Wondama? Oke, kalau begitu kamu bisa menjelajahi wisata perbukitan selanjutnya yakni Bukit Pantai Andamui. Bila dari namanya sudah jelas bahwa pemandangan yang bisa kita nikmati adalah hamparan lautan luas.

Sebab terdapat sebuah pantai yang letaknya memang bersebelahan dengan bukit. Para pecinta fotografi biasanya tak pernah melewatkan untuk mengabadikan moment menggunakan kamera profesionalnya.

So traveler buat yang ingin datang ke sini sebaiknya kamu juga siapkan kamera ya. Rugi sekali kalau kamu tak mengabadikan pemandangan melalui kamera.

Baca Juga: Wisata Sorong Selatan

Letak geografis Papua yang dikelilingi oleh perairan dan pegunungan membuat Teluk Wondama pun terasa lebih istimewa karena nuansa alamnya. Kepulauan yang berada di ujung timur Indonesia ini mampu menghipnotis wisatawan lokal maupun asing. Biarpun terkadang kalau dari segi akses jalan akan sedikit sulit, namun hal tersebut malah akan memberikan keseruan tersendiri serta pengalaman berbeda selama berada di sini.

Masyarakat Papua juga terkenal akan keramah tamahannya. Sehingga wisatawan dengan mudah bisa berinteraksi dengan mereka. Sedikit menghafal Bahasa sapaan masyarakat setempat tak ada salahnya, agar kamu lebih lues saat menyapa.

Oke traveler itulah 7 tempat wisata di Teluk Wondama paling direkomendasikan untuk dikunjungi. Berkunjung ke Papua tak akan menyewakan, apalagi bagi yang memiliki jiwa adventure tinggi, pulang dari sini kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan paling tak terlupakan. Jadi, nggak usah ragu lagi untuk datang ke Teluk Wondama! Yuk rencanakan waktu liburanmu sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *