11 Tempat Wisata Di Temanggung yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Temanggung merupakan salah satu Kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kendal. Terdapat banyak tempat wisata di Temanggung yang masih bernuansa alam. Sehingga bila kamu berlibur ke Jawa Tengah, kamu tak perlu ragu untuk datang ke Temanggung.

Tempat Wisata di Temanggung

Penasaran dengan tempat wisata Temanggung mana saja yang bisa kamu kunjungi? Simak ulasan berikut ini.

Agrowisata & Camp Area “Embung Kledung”

Agrowisata & Camp Area embung Kledung

Agrowisata & Camp Area Embung Kledung berlokasi di Jalan Raya Parakan, Wonosobo Nomor Km 12, Area Sawah. Letaknya tepat berada diantara dua pegunungan yaitu Sindoro dan Sumbing. Suasananya juga sangat asri dan sejuk, sehingga tak heran bila masyarakat local menjadikan Kawasan wisata ini sebagai salah satu pilihan tempat berlibur.

Selain bisa menikmati suasana alam, di sini kamu juga bisa berkemah. Sudah disediakan area khusus untuk mendirikan tenda. Beberapa perlengkapan kemah pun sudah disewakan oleh pihak pengelola, sehingga kamu tak perlu khawatir lagi. Namun tentunya sebelum camping, kamu harus meminta izin terlebih dahulu pada pihak pengelola tempat. Sementara untuk sewa perlengkapan, kamu bisa dibantu oleh petugas yang ada di loket penjagaan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Wonosobo

Di area wisata ini juga terdapat sebuah danau yang dipenuhi oleh ikan. Kamu dapat memberikan makan ikan yang ada di Danau Embung Kledung.

Selain itu, ada hal menarik yang jangan sampai kamu lewatkan saat berkemah di sini. Yaitu menyaksikan matahari terbit atau sunrise langsung di Embung Kledung. Pesona matahari terbit yang muncul sedikit demi sedikit dan menghangatkan akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Lalu, saat berwisata tentu saja spot foto menjadi target kamu untuk mengabadikan momen? Benar kan?

Nah, tak perlu khawatir sebab di sini sudah banyak spot foto cantik alami. Entah yang berlatar belakang pemandangan alam hijau atau Danau Embung Kedung. Tempat wisata ini memang sangat menonjolkan keindahan alamnya. Sehingga sangat rugi bila kamu tak mendokumentasikan keberadaanmu saat berada di sini.

Ada pula sebuah ayunan unik dengan latar belakang Danau dan Gunung. Mengapa unik, sebab kamu dapat berayun di atas ayunan langsung di pinggir telaga.

Pasar Papringan Ngadiprono

Pasar Papringan Ngadiprono

Jawa Tengah memang selalu saja menawarkan wisata yang berbeda dengan yang lainnya. Apalagi hal wisata belanja. Ada banyak tempat unik yang sudah cukup lama berdiri sehingga menjadi daya tariknya tersendiri. Seperti Pasar Papringan Ngadiprono, tempat wisata Jawa Tengah ini berlokasi di Dusun Ngadiprono, Ngadimulyo, Kedu, Temanggung Regency, Jawa Tengah.

Merupakan sebuah pasar terbuka yang menjual berbagai kerajinan tangan, makanan dan cemilan tradisional khas setempat. Pasar unik ini sangat menginspirasi banyak orang. Sebab bisa terus berkembang dan berdiri lama, tak pernah sepi dari pengunjung.

Perkembangan pasar didukung oleh kemauan masyarakat. Semakin kreatif semakin produktif. Saling bahu membahu untuk meningkatkan perekonomian setempat. Tak heran bila selalu saja ada hal menarik yang kerap disoroti dari Papringan Ngadiprono.

Bila kamu ingin mencari buah tangan khas Temanggung, kamu bisa coba datang ke pasar ini.

Pikatan Water Park

Pikatan Water Park

Pikatan Water Park merupakan wisata Temanggung yang berlokasi di Komplek Pikatan Water Park Jalan Raya Pikatan, Rt 5 Rw 5, Mudal, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Sebuah wisata air yang terbesar di Jawa Tengah. Namun uniknya adalah lokasi dari tempat wisata ini bukan di pusat kota, tapi di sebuah desa. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri sebab suasana alam pedesaannya masih sangat terasa.

Untuk bisa masuk ke area water park terbilang murah. Di hari biasa hanya 15 ribu rupiah saja. Sementara untuk akhir pekan 20 ribu rupiah dan akan cukup penuh.

Biasanya, water park mematok harga yang cukup tinggi untuk tiket masuknya. Namun, tidak dengan water park ini yang masih menetapkan tarif murah untuk tiket masuk. Meskipun beberapa waktu lalu dikeluhkan karena tarif naik.

Sembar berenang, kamu dapat menikmati suasana alam di sekeliling water park. Air kolam renangnya pun akan terasa alami dan menyegarkan karena berasal dari air pegunungan langsung Water park ini berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar. Biarpun berada di pedesaan namun tetap saja tak pernah sepi dari pengunjung.

Selain bermain air, kamu juga bisa bermain outbound yang memang menjadi fasilitas lainnya yang ada di Pikatan Water Park.

Situs Liyangan

Situs Liyangan

Situs Liyangan merupakan sebuah situs Purbakala dimana konon di sana dulunya terdapat sebuah pemukiman, dibuktikan dengan adanya sisa bangunan, jalan, sawah atau ladang dan juga artefak. Lokasinya ada di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah.

Situ ini terkubur di atas sebuah lahan tambang pasir yang dimiliki oleh warga setempat. Namun kemudian di tahun 2008, di temukanlah sebuah tanda-tanda peninggalan sejarah. Akhirnya pertambangan tersebut diganti menjadi situs sebuah situs yang mengundang banyak ilmuwan peneliti. Mereka kerap mencari jawaban atas temuan yang ada dan berusaha untuk mengungkapkan hal apa yang terjadi di masa lalu.

Pada penemuan pertama, yakni tahun 2008, penemu mengungkapkan bahwa adanya arca, yoni, talud serta batu candi. Lalu kemudian ditemukan juga bangunan candi yang hanya tinggal bagian kaki saja. Sementara di atas kaki candi ditemukan yoni dengan bentuk unik.

Lalu penilitian terus dilanjutkan oleh Balai Arkeolog Yogyakarta, saat periode 2010 sampai dengan 2011. Mereka mengungkapkan bahwa situs tersebut sebenarnya bukan komplek candi. Namun sebuah desa kuno yang ada pada masa Mataram Kuno dan sudah terkubur selama ratusan hingga ribuan tahun lamanya. Bagaimana, tertarik berkunjung ke Situs Liyangan?

Curug Surodipo

Curug Surodipo

Wisata Temanggung Terbaru, Curug Surodipo berlokasi di Tawangsari, Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Mengapa dinamakan Curug Surodipo sebab erat kaitannya dengan sosok seorang bangsawan yang ada di Keraton Jogja, serta termasuk dalam salah satu pahlawan Indonesia yang sudah sangat terkenal yakni Pangeran Diponegoro.

Tinggi air terjunnya mencapai 120 meter, terhitung dari puncak hingga ke dasar. Sangat tinggi sekali kan? Sementara itu, di sekeliling air terjunnya terdapat sebuah tebing bebatuan yang membentuk lingkaran. Banyak tumbuhan yang tumbuh dengan lebat sehingga makin memberikan kesan alami pada Kawasan wisata daerah Temanggung ini.

Hal unik lainnya dari Curug ini adalah terdapat 5 air terjun bertingkat. Jarak satu air terjun dan yang lainnya adalah 20 meter. Air sangatlah jernih dan tentu masih terasa segar. Semakin menambah daya tarik wisata ini.

Beberapa pengunjung juga kerap datang ke sini bukan untuk liburan melainkan untuk bertapa atau bermeditasi. Ada gua di sekitar curug yang memang sering dijadikan sebagai tempat meditasi tersebut.

Curug Lawe

Curug Lawe

Masih dengan wisata alam di Temanggung dengan kesegaran air terjunnya. Kamu bisa mengunjungi Curug Lawe sebuah Kawasan wisata air yang lokasinya ada di Hutan Lindung daerah Muncar. Air di Curug lawe benar-benar masih bersih dan terjaga. Kondisi alam nya pun masih belum terjamah banyak orang sehingga keindahan alam sekitar curug sangat wajib kamu nikmati. Untuk lokasi tepatnya berada di Jalan Muncar, Gemawang, Temanggung, Muncar Lor, Jawa Tengah.

Untuk bisa masuk ke Kawasan air terjunnya kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki terlebih dahulu. Sehingga sangat disarankan agar bisa menggunakan sepatu yang nyaman. Bawa juga makanan dan minuman secukupnya ya untuk perbelakanmu selama berada di curug Lawe.

Candi Pringapus

Candi Pringapus

Obyek Wisata Temanggung selanjutnya adalah Candi Pringapus merupakan candi yang berada di Desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung, bila dari arah barat laut ibu kota, jaraknya kurang lebih 22 km. Di sini kita bisa menemukan banyak arca hidu yang sangat artistic dan tentu erat kaitannya dengan keberadaan Dewa Siwa.

Pembangunan candinya sudah dilakukan sejak 850 Masehi. Berdasarkan informasi dari prasasti, candi ini diadakan restorasi di tahun 1932. Dan konon juga candi Pringapus merupakan replika dari Gunung Mahameru yang merupakan tempat tinggal para dewata. Hal ini dibuktikan dengan adanya antefiks serta relief hapsara hapsari yang menggambarkan makhluk setengah dewa.

Tata letak candinya sendiri berdasarkan pada tata letak Jawa Tengah. Pola yang akan terlihat adalah sebuah candi induk yang berhadapan langsung dengan candi perwara Sementara itu untuk candi yang sudah direkonstruksi, menghadap ke arah timur merupakan candi pewara yang di dalamnya terdapat sebuah arca nandi.

Alun-Alun Temanggung

Alun-Alun Temanggung

Wisata Temanggung Jawa Tengah, Alun-Alun Temanggung biasa dijadikan sebagai titik tengah dari Kawasan ini. Sama hal nya seperti alun-alun di daerah lain, tempat ini juga kerap digunakan untuk sekedar berkumpul dan menikmati suasana kota Temanggung. Lokasi yang strategis membuat wisatawan kerap beristirahat sejenak di sekitar alun-alun.

Lebih tepatnya berada di Jalan Brigjen Katamso, Giyanti, Suronatan, Temanggung. Berbagai fasilitas umum juga sudah disediakan dan bisa semakin membuat nyaman kamu yang datang ke sini. Misalnya saja toilet, masjid agung yang bisa digunakan untuk tempat beribadah, lahan parkir yang luas, serta café yang ada di sekitar alun-alun. Saat malam hari sebuah air mancur yang dihiasi lampu warna-warni membuat suasana alun-alun semakin romantic.

Masyarakat setempat pun kerap berolahraga di pagi hari. Atau kalau saat hari minggu biasanya digelar Car Free Day atau CFD di Kawasan alun-alunnya.

Watu Layah ( WL )

Watu Layah ( WL )

Ingin menikmati tempat wisata di temanggung yang bernuansa alam? Seperti menikmati suasana hutan pinus yang berselimut kabut misalnya? Nah, kamu bisa datang ke Watu Layah yang berlokasi di Tlogopucang, Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kamu benar-benar akan disambut dengan keindahan alam pegunungan yang berselimut kabut. Suasana dan udaranya juga sangat menyejukkan. Semakin menyempurnakan keberadaanmu yang sedang berlibur di alam. Sebuah gardu pandang pun dibuat sebagai fasilitas untuk pengunjung agar bisa menikmati pemandangan di atas ketinggian dengan lebih jelas. Kamu bisa melihat hamparan pemandangan hutan serta bukit hijau.

Ada pula sebuah ayunan yang dihubungkan di antara pohon pinus. Ini adalah spot foto sekaligus fasilitas dari pihak pengelola wisata. Kamu hanya perlu membayar uang 5 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati spot foto di Kawasan Hutan Pinus Watu Layah. Ada pula sebuah spot foto unik yang dinamakan pohon galau. Biasanya para generasi millenial yang berkunjung kerap mengabadikan keberadaan mereka dengan berfoto sambil bersandar atau berdiri di atas anyaman bambu dengan latar belakang pegunungan serta pohon rimbun

Bila sedang tak ada kabut dan cuaca sedang cerah maka kamu bisa melihat pemandangan laut dengan sangat jelas. Kamu bisa lihat juga laut tersebut berbatasan langsung dengan Semarang.

Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang berlokasi di Tlogopucang, Kandangan, Hutan, Tlogopucang, Kecamatan Temanggung, Jawa Tengah. Sebuah telaga buatan yang menampung air hujan ini sangat bermanfaat sekali untuk penduduk sekitar. Sebab memang daerah tersebut kerap kekeringan. Sehingga dengan adanya Tlogopucang bisa sangat membantu sekali.

Awalnya, Embung Tlogopucang belum terekspos. Namun seiring berjalannya waktu dan maraknya foto yang berada di sosial media, semakin banyak wisatawan yang berkunjung. Tak hanya sekedar untuk mengisi waktu liburan dengan menikmati suasana alamnya, di sini kamu juga akan menemukan banyak spot foto yang instagramable. Bahkan karena melihat antusias wisatawan, pihak pengelola pun sengaja membuat spot foto yang memang menarik untuk diambil gambar.

Tak hanya sampai di situ saja, terkadang ada saja wisatawan yang tak puas menghabiskan waktu hanya dalam 1 malam. Sehingga memutuskan untuk bermalam lalu membangun tenda di area kemah tlogopucang.

Curug Onje

Curug onje

Tempat wisata Temanggung yang terakhir adalah Curug Onje. Lagi-lagi ini adalah tempat wisata bertemakan alam yang menyuguhkan pesona air terjun dan kesegarannya. Berlokasi di Tanjungsari, Duren Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Bentuk air terjun Curug Onje ini bertingkat. Sehingga kamu tentu akan sangat terpesona saat melihat air terjun tersebut dengan mata kepalamu sendiri. Kamu juga bisa bermain air di kolam tempat jatuhnya air terjun. Jangan lupa membawa pakaian ganti ya agar tak masuk angin.

Dijamin kamu akan sangat betah berlama-lama di Curug Onje. Sebab memang pemandangan alamnya masih sangat terjaga. Oleh karena itulah, saat datang ke Onje, kamu pun harus menjaga kebersihan ya. Bila membawa makanan dan minuman, jangan buat sampah sembarangan.

Nah, tak hanya air terjun dan pemandangan saja yang bisa menarik perhatianmu. Namun saat musim kemarau, kamu bisa naik tebing air terjun tersebut sebab airnya yang memang tak begitu deras dan cukup aman untuk kamu naiki.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Salatiga

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Curug Onje? Lokasinya tidak terlalu jauh kok. Bahkan bila dari Alun-Alun Temanggung kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 1.5 jam saja, menggunakan kendaraan pribadi. Namun kamu akan membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke curug. Sebab lokasinya berada di pedalaman. Sehingga kalau sudah menemukan area parkir, kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu. Oleh karena itulah, kondisi fisikmu harus sehat ya agar kamu bisa berlibur dengan nyaman. Jangan lupa juga bawa perbekalan makanan dan minuman secukupnya sebab kamu tak akan menemukan warung.

Oke traveller, itulah 11 tempat wisata di Temanggung yang menawarkan pesona alam dan nilai sejarahnya. Tertarik untuk berkunjung ke salah satu tempat di atas? Yuk, langsung saja perjalanan liburanmu dari sekarang dan pilih tempat mana yang menurutmu sangat ingin kamu kunjungi. Jangan lupa menyiapkan fisikmu ya apalagi kalau ingin berlibur di alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *