12 Tempat Wisata di Ternate yang Paling Indah, Wajib Simak!

Posted on

Ternate yang dulunya sempat menjadi ibukota Maluku Utara terkenal dengan objek wisata alam yang tak kalah indah dengan tempat-tempat lain. Ada banyak spot-spot menarik yang bisa kamu kunjungi saat liburan, untuk melepas lelah dan refreshing. Langsung saja yuk, kita bahas 12 tempat wisata di Ternate yang paling indah.

Tempat Wisata di Ternate

Taman Nukila

Taman Nukila

Taman Nukila berada di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, dan menjadi tujuan favorit masyarakat Ternate di sore hari, untuk sekadar berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan atau menunggu waktu berbuka puasa. Taman ini semakin menjadi tempat favorit, terutama sejak dibangunnya jembatan berbentuk horizontal sepanjang 100 meter di bibir pantai Nukila. Masyarakat pun menyambut baik dibangunnya jembatan tersebut, karena mereka bisa semakin leluasa mengajak anak-anak bermain dengan kondisi yang semakin aman.

Baca Juga: Wisata Pulau Morotai

Karena merupakan area publik, maka untuk berkunjung ke Taman Nukila tidak dipungut biaya alias gratis. Kamu pun bisa datang bahkan sampai tengah malam sekalipun. Apalagi di sini juga tersedia wifi gratis. Lumayan kan, kalau kamu ingin berhemat kuota paket data hehehe.

Tapi yang jelas, banyak orang tertarik berkunjung ke Pantai Nukila karena pemandangan ke arah lautan yang indah, juga terdapat banyak permainan anak-anak. Ditambah lagi banyak terdapat pepohonan di sekitar Taman yang menambah suasana segar dan alami. Jadi, kalau kamu butuh refreshing tanpa mengeluarkan biaya, langsung datangi saja Taman Nukila ya!

Pantai Falajawa

Pantai Falajawa

Biasanya objek wisata pantai terletak di tempat yang agak jauh dari pusat kota. Tetapi, lain halnya dengan Pantai Falajawa. Pantai terkenal di Ternate ini terletak di pusat kota Ternate, sehingga sangat mudah untuk dijangkau wisatawan yang sedang berlibur di kota tersebut.

Untuknya, di pantai ini kamu nggak akan menemukan hamparan pasir yang biasa terdapat di pantai. Ya, hal ini karena Pantai Falajawa adalah daerah reklamasi yang kemudian dibangun menjadi zona ekonomi dan destinasi wisata kota Ternate.

Kedalaman perairannya pun hanya 3-5 meter saja. Meskipun begitu, pantai ini tetap ramai banget dikunjungi wisatawan, terutama saat weekend dan libur sekolah. Rata-rata yang datang ke sini memang rombongan keluarga.

Fasilitas di pantai Falajawa pun sangat lengkap, mulai dari toilet, tempat parkir, tempat makan, sampai tempat persewaan ban untuk berenang pun ada di sini. Beragam kuliner pun siap memanjakan perut kamu, mulai dari jagung dan kacang rebus, bakso, pisang lumpur, sampai jajanan khas Ternate, seperti nasi jaha, lalampo, dan lain-lain.

Gunung Gamalama

Gunung Gamalama

Selain pantai, Tempat Wisata di Ternate yang juga menjadi tujuan favorit wisatawan adalah Gunung Gamalama. Gunung ini adalah salah satu Gunung vulkanik tinggi yang terdapat di Indonesia, dengan ketinggian mencapai 1.715 mdpl.

Gunung yang sudah 60 kali meletus ini juga sangat disukai oleh para pendaki gunung yang menyukai tantangan. Pemandangannya yang indah menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang senang berkunjung ke sini, ditambah lagi perkebunan cengkeh dan pala yang terdapat di sepanjang lereng gunung, menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke kawasan Gunung Gamalama.

Danau Tolire

Danau Tolire

Dari Gunung Gamalama, kita akan turun menuju ke kaki gunung, di mana terdapat sebuah danau indah yang bernama Danau Tolire. Danau ini terbagi menjadi 2, yaitu Danau Tolire Kecil dan Danau Tolire Besar, yang berjarak 200 meter. Kedua danau ini berwarna sedikit kehijauan dan telihat sangat indah berpadu dengan gunung yang berdiri tegak di belakangnya.

Danau Tolire Besar memiliki luas sekitar 5 hektar, dan konon sangat dalam, walaupun tidak ada yang bisa menyebutkan secara pasti berapa jauh tingkat kedalamannya.

Yang membuat datang ke danau ini menyenangkan adalah suasana di sekitar Danau yang membuat damai dan betah. Terdengar suara kicauan burung dan udara yang sejuk menambah asri suasana.

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Tujuan wisata di Ternate selanjutnya adalah Pantai Sulamadaha. Pantai yang memiliki pasir kehitam-hitaman ini terlihat kontras dengan birunya laut dan langit, serta gunung berwarna kehijauan di kejauhan. Debur ombak serta terumbu karang di sekitar pantai pun semakin menambah  keindahan pantai Sulamadaha ini. Pantai ini juga mendapat julukan sebagai “Pantai Kaca Air”, karena airnya jernih sebening kaca. Bahlan, saking beningnya, kalau ada kapal yang sedang terapung di lautan, akan terlihat seperti melayang di udara.

Kesegaran percikan airnya juga pasti akan membuat kamu ingin langsung menceburkan diri dan berenang. Lebih asyiknya lagi, pantai ini cocok dikunjungi kamu yang tidak terlalu menyukai keramaian, karena pantai Sulamadaha cenderung agak sepi. Selain berenang, pantai ini juga cocok menjadi tempat untuk snorkeling atau bermain Banana Boat.

Pulau Hiri

Pulau Hiri

Tempat wisata di Ternate berikutnya adalah Pulau Hiri. Nah, sekarang coba kamu perhatikan dulu foto di atas. Terlihat ada tebing karang yang berlubang kan? Ini adalah Gurabala, salah satu spot paling terkenal di pulau Hiri. Tebing berlubang bukan ada yang sengaja melubanginya lho, melainkan terbentuk karena proses alami akibat erosi air laut. Terlepas dari apa penyebabnya, yang jelas tebing ini jadi spot favorit untuk foto-foto karena bentunya yang unik, ya kan?

Gurabala ini letaknya menjorok ke arah laut di kawasan pantai berbatu. Jadi, kalau kamu berkunjung ke sini, usahakan pakai sepatu bersol karet antil slip agar tidak terpeleset ya.

Selain tebing karang berlubang, di Pulau Hiri kamu juga bisa menemukan pepohonan yang letaknya bukan di pinggir pantai, melainkan di tengah laut. Pohon-pohon ini memiliki pucuk-pucuk daun hijau meski memang nggak bisa dikategorikan sebagai pohon yang subur dan rimbun. Walaupun begitu, posisinya yang unik biasanya jadi latar belakang orang-orang untuk berfoto.

Di Pulau Hiri, kamu juga bisa melihat konservasi burung maleo, kepiting kenari, dan atraksi memberi makan ikan hiu. Untuk kegiatan yang terakhir harus dipesan jauh-jauh hari dan tidak bisa dadakan, karena makanan hiu berupa ikan cakalang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Talaga Nita

Talaga Nita

Talaga Nita yang berada Ternate Tengah ini termasuk Tempat wisata di Maluku Utara yang belum banyak diketahui orang. Letaknya yang memang agak tersembunyi membuat objek wisata ini hanya diketahui segelintir orang saja.

Talaga Nita terletak sekitar 50 meter dari bibir pantai dan tertutup rimbun peppohonan yang lebat, sehingga saat berada di sana kamu akan merasakan suasana yang aman, damai, dan tenteram, jauh dari hiruk pikuk banyak orang.

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo adalah tempat wisata Ternate yang mungkin masih terdengar asing buat sebagian besar orang, tapi di Ternate sendiri amat populer dan kerap dikunjungi saat liburan atau weekend tiba.

Mulai dari berenang, diving, snorkeling, sampai olahraga air lainnya sering dilakukan di tempat ini. Selain karena airnya jernih, Pantai Jikomalomo juga sangat disukai karena terumbu karangnya banyak.

Pantai ini berpasir putih bersih ini sebenarnya tidak begitu luas. Lebarnya hanya sekitar 100 meter saja. Meskipun begitu, pemandangannya tak kalah cantik dengan pantai-pantai lain yang bisa kamu temui di Maluku Utara.

Karena masih terhitung tempat Wisata Ternate baru, makanya fasilitas di pantai ini belum terlalu lengkap, sehingga kamu harus membawa peralatan renang dan menyelam sendiri sekaligus perbekalan makanan dan minuman. Untuk menuju ke Pantai Jikaloma ini, kamu bisa menyewa speedboat yang siap mengantar-jemput kamu.

Danau Laguna/Ngade

Danau Laguna Ngade

Sekitar 20 kilometer dari pusat kota Ternate, kamu bisa mengunjungi Danau Laguna yang berada di Desa Ngade. Oleh karena itu, banyak orang menyebutnya Danau Laguna atau Danau Ngade. Dari sini, nanti kamu bisa melihat pemandangan Pulau Maitara dan Pulau Tidore dengan sangat jelas. Meskipun kamu datang saat siang hari di mana matahari sedang terik-teriknya, kamu nggak perlu kuatir, karena kamu bisa berteduh di bawah pohon rindang sambil menikmati pemandangan.

Ternate Wisata tidaklah lengkap tanpa mengunjungi Danau Ngade. Apalagi di danau ini banyak banget spot yang instagramable, mulai dari jembatan, ayunan, sampai rumah pohon.

Yang unik, walaupun letaknya berdekatan dengan laut, tapi Danau Laguna Ngade ini tetap memiliki air yang tawar dan tidak asin seperti air laut pada umumnya. Selain itu, karena belum banyak tersentuh campur tangan manusia, maka Danau Ngade ini masih terjaga kealamiannya. Nggak heran kalau banyak fotografer yang ingin mengabadikan pemandangan indah di Danau Laguna.

Benteng Kalamata

Benteng Kalamata

Tidak hanya keindahan alamnya saja, wisata Ternate juga terkenal dengan bangunan bersejarahnya, seperti Benteng Kalamata, sebuah bangunan megah yang sarat dengan nilai historis terlihat berdiri di pesisir Ternate. Benteng Kalamata didesain menyerupai empat penjuru mata angin yang memiliki empat bastion berujung runcing dan memiliki lubang bidik

Benteng cantik ini merupakan bangunan asli Portugis dan dibangun pada tahun 1540. Ciri portugis tampak kental sekali melekat pada arsitektur cantik benteng ini. Beberapa ciri tersebut antara lain bentuk benteng yang memiliki banyak sisi lancip dan juga ketebalan dinding benteng yang tergolong tidak tebal seperti benteng buatan Belanda. Bentuknya yang artistik membuat masyarakat sekitar sering mendatanginya untuk berfoto-foto atau sekadar menikmati pemandangan.

Masjid Al-Munawwar

Masjid Al-Munawwar

Datang ke Ternate kurang lengkap tanpa wisata religi ke Masjid Al-Munawwar yang merupakan salah satu mesjid terapung yang ada di Indonesia. Masjid Al Munawar memiliki luas lebih dari 9000 meter persegi dan bisa menampung hingga 15 ribu jamaah. Arsitekturnya sangat indah dan ada 4 menara di sudut-sudut masjid yang dengan tinggi 44 meter, dua di antaranya dibangun tinggi menjulang dari dasar laut.

Kubah mesjid ini terlihat sangat cantik dengan nuansa kuning dan hijau dipadukan dengan bangungan utama mesjid yang berwarna biru. Di halaman mesjid, kamu bisa melihat perairan biru jernih lengkap dengan ikan-ikan cantik yang terlihat berenang kesana-kemari.

Fort Oranje

Fort Oranje

Satu lagi tempat wisata bersejarah lainnya di Ternate yang wajib kamu kunjungi, yaitu Fort Oranje atau Benteng Oranje. Benteng ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Di dalam benteng, ada bekas kediaman gubernur Belanda yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate.

Hingga kini, benteng masih berdiri dan dirawat kembali oleh pengelola cagar budaya. Tak heran, benteng ini kini menjadi tujuan wisata Ternate yang begitu menarik. Bahkan, pengunjung dapat sekaligus belajar mengenai sejarah benteng ini pada masa silam.

Selain digunakan sebagai media belajar sejarah, Fort Oranje juga kerap dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat berfoto-foto. Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp 5 ribu saja per orang.

Bagaimana, jalan-jalan kita menyusuri 12 tempat wisata di Ternate kali ini, seru kan? Nah, semoga artikel kali ini bisa membantu kamu menentukan objek wisata mana dulu yang ingin kamu kunjungi saat kamu berlibur ke Ternate nanti, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *