Tempat Wisata Di Tidore

12 Tempat Wisata di Tidore yang Keren & Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Nama Tidore pasti sudah nggak asing lagi di telinga kamu, apalagi kalau kamu adalah pecinta tempat-tempat indah di Indonesia. Ya betul sekali, Tidore adalah salah satu gudangnya tempat wisata alam yang menawarkan berbagai keindahan dan kecantikan khas Indonesia, lengkap dengan segala keunikannya. Nah, berikut ini kita akan membahas 12 tempat wisata di Tidore yang keren banget!

Tempat Wisata di Tidore

Pulau Filonga

Pulau Filonga

Sedang mencari tempat yang sejuk dengan keindahan laut yang memesona? Kalau begitu, coba deh kunjungi Pulau Filonga, sebuah pulau yang tidak berpenghuni yang terletak di Kota Tidore Kepulauan, tepatnya di antara pulau Tidore dan Sofifi Halmahera.

Pulau yang sering disebut sebagai Failonga ini juga menawarkan pasir putih yang tampak halus dan cemerlang dan air jernih yang menyegarkan.

Ukuran pulau yang kecil membuat kita bisa mengelilingi Pulau Filonga kurang dari 30 menit. Karena memang termasuk pulau yang tak berpenghuni, maka jangan harap ada penjual makanan atau minuman, apalagi penginapan. Meskipun demikian, kalau cuaca sudah panas terik, kamu bisa berteduh di antara pepohonan yang terdapat di hutan pulau tersebut.

Baca Juga: Wisata Ternate

Kalau ingin puas menikmati suasana di pulau ini, sebaiknya kamu datang dari pagi agar sore hari bisa pulang dengan hati puas. Oh ya, jangan lupa bawa perbekalan dan alat pancing atau alat menyelam juga kalau ingin menjelajahi kehidupan bawah laut di pulau ini. Batu karang dan berbagai biota laut dengan berbagai variasi menghiasinya pasti akan menarik perhatian kamu. Nah, buat kamu yang hanya ingin bersantai saja di pinggir pantai, kamu bisa membawa tikar, novel kesayangan, alat lukis, atau gitar.

Pantai Cobo

Pantai Cobo

Wah, pantai yang yang satu ini wajib banget buat masuk ke destination list kamu. Selain memiliki pasir halus yang indah kamu juga bisa menikmati pemandangan gunung dari kejauhan.Sayangnya, di pantai ini belum tersedia fasilitas lengkap seperti toilet atau penjual makanan. Jadi, kalau kamu berniat buat berenang, snorkeling atau diving, kamu harus membawa peralatan sendiri ya.

Meskipun belum ada fasilitas yang lengkap, tapi hal tersebut nggak mengurangi minat wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata Maluku Utara yang satu ini, terutama pada masa liburan atau akhir pekan. Apalagi, jaraknya pun hanya 25 km dari pusat kota, jadi tak susah mengjangkau pantai Cobo.

Pantai Tugulufa

Pantai Tugulufa

Pantai Tugulufa adalah salah satu destinasi pariwasata yang terletak di Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara, yang memiliki dermaga cantik berwarna biru ungu yang memesona. Pantai ini juga menawarkan pemandangan air laut yang jernih sehingga kamu bisa melihat bebatuan dan terumbu karang dari atas permukaan air seperti pada foto di atas. Indah sekali bukan?

Tanjung Rum

Tanjung Rum

Bagi pecinta sunset, tempat wisata Tidore yang satu ini pantang dilewatkan. Apalagi kalau kamu juga kebetulan suka sekali dengan diving, Tanjung Rum pasti jadi destinasi wisata utama kamu. Keindahan terumbu karang yang terlihat jelas pasti bikin kamu nggak sabar untuk segera menyelam.

Nggak salah memang kalau Tanjung Rum disebut sebagai spot diving paling favorit di Tidore, karena selain terumbu karangnya yang cantik, berbagai spesies hewan lautnya pun beragam. Selain itu, terumbu karangnya tebal dan besar, bahkan ada yang luasnya mencapai 3-5 meter.

Setelah puas diving seharian, tiba saatnya beristirahat sambil menunggu matahari terbenam. Nah, momen ini juga wajib kamu abadikan, karena suasana sunset di Tanjung Rum luar biasa indahnya. Coba saja kamu tengok foto di atas. Cantik sekali, kan?

Gunung Kie Matubu

Gunung Kie Matubu

Bagi kamu yang hobi naik gunung, maka Gunung Kie Matubu nggak boleh sampai absen dari daftar tujuan wisata kamu di Tidore. Gunung yang merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Maluku Utara ini terletak ditengah-tengah kota Tidore. Maka dari itu, banyak juga yang menyebutnya gunung Tidore. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1800-an dan saat ini sudah tidak aktif lagi. Kawahnya sendiri memiliki kedalaman kurang lebih 100 m.

Gunung Kie Matubu Tidore disebut-sebut gunung yang pas bagi mereka yang menyukai tantangan, karena medannya yang cukup menantang. Meskipun begitu, saat bisa melihat matahari terbit dan terbenam pasti membuat perjalanan menuju puncak terbayar lunas. Indah sekali pemandangan dari puncak Gunung Kie Matubu. Kamu juga bisa melihat kota Ternate dan Tidore dengan cukup jelas.

Selain itu, dari puncak gunung yang memiliki ketinggian 1730 mdpl ini kamu juga bisa melihat berbagai, seperti Pulau Maitara, Pulau Ternate, Pulau Hiri, Pulau Halmahera, Pulau Mare, Pulau Moti, Pulau Makian, dan sebagainya.

Benteng Tore dan Tahula

Benteng Tore dan Tahula

Sama seperti Ternate, kota Tidore juga sarat dengan bangunan-bangunan bersejarah, misalnya saja Benteng Torre dan Tahula.

Benteng Torre dibangun pada tahun 1578 oleh Portugis yang mendapat izin dari Sultan Gapi Baguna. Konon katanya, benteng ini digunakan untuk melihat kapal-kapal yang hendak menyerang markas Portugis pada waktu itu karena letaknya berdekatan dengan Kedaton Kie Kerajaan Tidore. Jadi, bisa dibilang benteng ini juga merupakan saksi kejayaan Kerajaan Tidore pada saat itu.

Nah, untuk mencapai benteng ini kamu juga harus melewati puluhan anak tangga terlebih dahulu. Tapi perjalanan ke atas pasti nggak akan berasa melelahkan karena kamu akan ditemani oleh hijaunya pepohonan dan pemandangan yang indah.

Sesampainya di puncak, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Kie Matubu dari kejauhan, berikut Gunung Halmahera dan lautan yang berwarna biru jernih. Indah sekali!

Sementara itu, Benteng Tahula berdiri kokoh di tengah Desa Soasio di Pulau Tidore Provinsi Maluku Utara. Benteng ini juga menjadi objek wisata wajib di Kepulauan Tidore.

Dahulu kala, Benteng ini dibangun untuk melindungi pasukan Spanyol yang baru saja mengusir Portugis dan menduduki wilayah Ternate dan Tidore. Idenya datang dari Gubernur Spanyol pertama di Maluku, Juan de Esquivel, pada tahun 1607, satu tahun setelah Spanyol menduduki Ternate dan Tidore. Tapi karena kekurangan tenaga kerja, benteng baru berhasil dibangun tahun 1610 pada masa Gubernur Spanyol selanjutnya.

Sama seperti di Benteng Torre, kamu pun harus menaikin kurang lebih 100 anak tangga untuk mencapai puncak benteng. Di atas, ada semacam gazebo yang disediakan agar memudahkan kamu menikmati pemandangan ke arah laut serta ke arah jalan raya dan permukiman Desa Soasio. Di sisi yang lain, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Kie Matubu.

Keraton Kesultanan Tidore

Keraton Kesultanan Tidore

Seperti kita tahu, Tidore memiliki sejarah yang begitu kaya dari ribuan tahun lalu. Hal ini bisa dilihat dari bangunan Keraton Kesultanan Tidore, yang menjadi salah satu objek wisata di sana. Saat berkunjung ke keraton ini, kamu akan bisa berkeliling sambil melihat-lihat barang peninggalan sejarah kerajaan ini. Kondisi keraton dalam keadaan baik, dan koleksi foto-fotonya pun cukup lengkap.

Pulau Maitara

Pulau Maitara

Kawasan wisata Pulau Maitara atau yang juga terkenal dengan julukan “Pulau Uang Seribu Rupiah” gara-gara gambarnyalah yang ada di dalam uang kertas seribu rupiah ini memang terkenal di mana-mana. Tempat wisata di Ternate dan Tidore ini juga sering dijadikan tujuan wisata keluarga atau rombongan, karena pemandangannya yang menawan.

Hal ini karena pulau Maitara memang sangat cantik dengan keindahan alam yang memesona. Hal inilah yang membuat baik penduduk lokal, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara berbondong-bondong mengunjungi pulau ini. Nggak heran kalau pulau ini selalu ramai pengunjung, terutama di akhir pekan.

Ada banyak spot menarik yang instagramable kalau kamu mau sekalian foto-foto di sini. Kamu juga bisa sekadar menikmati pemandangan yang indah di Pulau Maitara. Hmm…rasanya betah deh ada di sini seharian…

Pelabuhan Somahode

Pelabuhan Somahode

Pelabuhan yang satu ini emang istimewa. Cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana adem dan menyegarkan. Coba saja lihat foto di atas, betap indahnya pemandangan lautan biru dan bukit-bukit hijau di sekelilingnya.

Pelabuhan Somahode biasanya ramai dikunjungi warga saat sore hari sambil jalan-jalan santai menunggu matahari terbenam atau ngabuburit saat bulan puasa.

Pelabuhan Loleo

Pelabuhan Loleo

Pelabuhan Loleo juga termasuk tempat favorit yang sering dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk bersantai menikmati suasana sore hari, terutama kalau cuaca sedang cerah. Biasanya, warga memanfaatkan tempat ini sambil bercengkerama dengan keluarga menikmati cemilan ringan.

Pantai Akesahu

Pantai Akesahu

Ada yang unik dari pantai Akesahu. Kalau biasanya saat kita liburan ke pantai tujuan utamanya adalah berenang, menyelam, atau memancing, di pantai Akesahu kamu bisa sekalian berendam air panas lho.

Iya, bener banget. Pemandian air panas yang biasanya ada di tempat wisata pegunungan, sekarang bisa kamu temukan di dekat pantai.

Jadi, walaupun adanya di dekat pinggir pantai, Pemandian Akesahu merupakan sumber air panas alami dimana airnya adalah air tawar. Nah, setelah puas berendam, kamu pun bisa langsung menikmati pemandangan pantai Akesahu yang indah banget. Yang lebih asyiknya lagi, pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup  lengkap, jadi kamu bisa nyaman menghabiskan liburan kamu di sini. Selain pemandian air panasnya, kamu pun bisa melakukan kegiatan-kegiatan pantailainnya yang kamu sukai.

Pantai Saria

Pantai Saria

Masih betah kan berkeliling Pulau Tidore? Nah, kali ini, kami akan mengajak kamu mengunjungi Pantai Saria, yang berada di Desa Saria, Maluku Utara. Pantai ini memiliki keindahan dan pemandangan alam yang begitu memesona dan nggak bikin mata jadi bosan memandangnya.

Baca Juga: Wisata Halmahera

Kalau kebetulan kamu datang ke sini sore hari, jangan heran kalau mendapati pantai ini sedang cukup ramai pengunjung, soalnya banyak yang mengejar momen sunset alias matahari terbenam. Contohnya foto di atas. Cantik ya suasana sunset di Pantai Saria?

Gimana, seru kan perjalanan kita mengunjungi tempat wisata di Tidore yang memiliki keindahan luar biasa ini? Semoga next time kamu bisa langsung berlibur ke tempat-tempat tadi ya, biar bisa menikmati langsung keindahan alam Tidore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *