Tempat Wisata Di Timor Tengah Utara

7 Tempat Wisata Di Timor Tengah Utara Dan Berbagai Keunikan

Posted on

Tempat wisata di Nusa Tenggara Timur memang tak pernah ada habisnya menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan. Tiap daerah NTT bisa dipastikan memiliki tempat wisata unik yang menjadi daya tarik, termasuk di Timor Tengah Utara.

Tempat Wisata di Timor Tengah Utara

Timor Tengah Utara merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Saat berkunjung ke sini, kamu akan dibuat kagum dengan hamparan alam yang khas. Ada pula beberapa desa adat yang kental akan adat dan kebudayaan warisan nenek moyang. So, sudah dipastikan selain wisata alam kamu pun akan diajak berkunjung ke beberapa perkampungan, mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat asli suatu daerah. Khususnya masyarakat NTT.

Penasaran dengan tempat wisata di Timor Tengah Utara yang paling direkomendasikan? Berikut adalah beberapa diantaranya, simak yuk.

Pantai Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian adalah salah satu wisata pesisir di NTT yang harus dikunjungi karena keunikannya. Hamparan pasir di sini terbilang cukup panjang yakni bisa mencapai 100 meter. Panorama pantai yang disuguhkan pun sangat mengagumkan mampu membuat para wisatawan terpesona.

Dari kejauhan, saat perjalanan menuju Tanjung Bastian, wisatawan sudah bisa melihat bagaimana penampakan pantai indah ini. Deretan bukit terjal berdiri kokoh di sepanjang bibir pantai, terlihat elok.

Baca Juga: Wisata Sumba Timur

Disamping itu, wisatawan juga akan melihat semak belukar serta beberapa pohon asam. Inilah yang membuat suasana pantai lebih teduh. Ada pula beberapa cottage yang bisa kamu sewa bila ingin bermalam di Kawasan pantai.

Tak hanya itu saja traveler, begitu sampai di Tanjung Bastian, matamu mungkin akan terfokus pada lapangan yang berbentuk bundaran besar dengan pagar kayu putih. Ada juga sebuah panggung penonton untuk menyaksikan sesuatu. Ya, lapangan ini memang biasa digunakan untuk menampilkan sebuah event pacuan kuda.

Biasanya akan digelar 3 sampai 4 kali dalam setahun. Bila acara sedang digelar, Kawasan pantai biasanya akan penuh apalagi di Kawasan pacuannya. Para penonton bersorak sorai menyemangati para kuda.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Tanjung Bastian? Bila iya, kamu bisa mengarahkan kendaraan mu ke Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Atau untuk lebih mempermudah cobalah gunakan google maps.

Bukit di Tanjung Bastian

Bukit di Tanjung Bastian

Wisata selanjutnya masih berada di Kawasan pantai Tanjung Bastian. Tak jauh dari pantai, kamu akan menemukan sebuah perbukitan. Kamu bisa trekking ke atas perbukitan. Memang akan sedikit menguras keringat, namun tenang saja sebab sesampainya di atas bukit kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan pantai secara keseluruhan. Semilir angin menyapu wajah terasa lebih menyejukkan. Bila sudah sampai di puncak, jangan lupa abadikan pemandangan pantai Tanjung Bastiannya ya!

Bukit Tuamese

Bukit Tuamese

Ingin melihat Raja Ampat versi Timor Tengah Utara? Kamu bisa coba berkunjung ke Bukit Tuamese. Lokasi tepatnya berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Bila dari pusat kabupaten, kamu bisa menghabiskan waktu perjalanan selama kurang lebih 2.5 jam. Waktu yang yuk cukup lama, namun tenang saja, kamu tak akan rugi kok.

Sebab, sesampainya di Tuamese mata akan dibuat takjub dengan pemandangan jajaran perbukitan serat hamparan laut berwarna hijau tosca. Karena keindahannya tersebutlah banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut untuk berfoto entah untuk kebutuhan pre-wedding atau posting sosial media. Jadi, kalau datang ke sini kamu jangan lupa membawa kamera.

Gunung Mutis

Gunung Mutis

Dataran tinggi memang tak pernah mengecewakan kalau soal suguhan pemandangan alam. Setelah sudah diperkenalkan dengan beberapa bukit di Nusa Tenggara Timur, wisatawan masih bisa menemukan Kawasan dataran tinggi lain yaitu Gunung Mutis.

Wisatawan yang menyukai adventure, trekking ke Gunung Mutis tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi saat sampai di atas puncak, para wisatawan akan disambut dengan pemandangan alam yang indah. Hamparan pepohonan hijau bukan hanya memanjakan mata namun juga memberikan udara yang lebih segar.

Cagar Alam Gunung Mutis populer karena bebatuan marmernya. Oleh sebab itulah, penduduk sekitar menjulukinya sebagai Faut Kanaf alias batu nama. Salah satu suku tertua di Nusa Tenggara Timur yakni Suku Dawan, menjadi penghuni di daerah tersebut. Mereka cukup ramah, jadi bila tak sengaja bertemu, kamu bisa menyapanya.

Bila ingin trekking menuju Gunung Mutis, sangat disarankan untuk menggunakan perlengkapan outdoor yang memadai. Seperti sepatu, pakaian, dan lain-lain. Dianjurkan juga untuk membawa makanan dan minuman secukupnya untuk mengisi tenaga selama dalam perjalanan.

Oeluan

Oeluan

Wisata Alam di Timor Tengah Utara selanjutnya merupakan sebuah pemandian umum yang mana airnya berasal dari sumber mata air alami. Tak heran bila kesegarannya akan terasa berbeda. Nama pemandian umum ini adalah Oeluan, lokasinya berada di Jalan Trans Kupang-Atambua. Karena cukup strategi, Oeluan cukup mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Bila berangkat dari Kabupaten Timor Tengah Utara, biasanya akan menghabiskan waktu perjalanan selama 30 menit saja.

Selain sumber mata air alami, ada hal lain yang menjadi daya tarik Oeluan yaitu cerita turun temurun di kalangan masyarakat. Konon katanya, dulu hidup seorang perempuan tua bernama Luan. Ia tinggal di suatu tempat dan di tempat tersebut terdapat sumber mata air yang tak pernah kering meski musim kemarau panjang.

Mata air tersebut dimanfaatkan oleh para penduduk sekitar guna memenuhi kebutuhan hariannya. Oleh sebab itulah penamaan tempat tersebut dinamakan Oeluan. Bila dalam Bahasa Timor kata ‘Oe’ artinya air. Maka Oeluan artinya air dari nenek luan.

Untuk bisa masuk dan menikmati bagaimana kesegaran air tersebut, wisatawan harus membayar 3 ribu rupiah saja. Biaya yang sudah dibayarkan akan digunakan untuk dana pengelolaan tempat wisata tersebut.

Tersedia beberapa sumber mata air yang membentuk air terjun kecil. Ada pula kolam renang dan wahana bermain anak-anak. Selain bisa berendam dalam kolam yang sudah disediakan. Wisatawan yang menyukai adventure pun bisa trekking, berkeliling di Kawasan Oeluan.

Desa Adat Tamkesi

Desa Adat Tamkesi

Tamkesi merupakan sebuah desa adat yang berada di Nusa Tenggara Timur. Masyarakat di sini masih hidup secara tradisional sebagaimana para nenek moyangnya terdahulu.

Bila berangkat dari Kefamenanu, wisatawan biasanya akan menempuh perjalanan selama 1 jam. Lokasi Tamkesi berada di pegunungan, di atas batu karang. Oleh sebab itulah, selama perjalanan kita akan ditemani dengan pemandangan indah dan udara yang menyegarkan.

Kita pun akan diajak melewati jalan yang kanan kirinya merupakan sebuah jurang. Cukup aman karena jalannya sudah terbilang bagus. Sesampainya di Tamkesi, kita akan disambut oleh masyarakat setempat. Nantinya wisatawan akan dipandu dan diceritakan bagaimana kisah masa lalu dari desa adat Tamkesi.

Saat berkeliling desa pun kondisi jalannya Sudah lumayan bagus, suasana alam semakin terasa. Udara yang bersih, langit biru, awan putih, cuaca yang cerah benar-benar sangat mendukung perjalananmu Sangat disarankan untuk menggunakan sepatu kets dan celana panjang agar kamu bisa berjalan-jalan dengan nyaman.

Mengapa harus menggunakan sepatu kets? Sebab sebelum sampai di Desa, wisatawan harus berjalan ke atas melewati jalanan bebatuan yang menanjak. Oleh sebab itulah menggunakan sepatu jadi pilihan paling tepat.

Mata akan dibuat terpesona dengan rumah-rumah tradisional yang masih berdiri kokoh. Para penduduk local pun sangat ramah. Bila cuaca sedang cerah kamu pun bisa menikmati pemandangan yang semakin memukau.

Nah, di bukit Tamkesi sendiri kamu akan menjumpai sebuah istana atau disebut juga sebagai Sonaf. Dan secara fisik ada 2 bukit kembar yang konon melambangkan dualism kosmis serta dimanifestasikan dalam berbagai hubungan.

Dimana Gunung sebelah timur dianggap sebagai sisi lelaki dan tentunya dengan bayang-bayang lelaki. Sementara pada bagian barat adalah sisi wanita dengan bayang-bayang wanita. Kedua gunung tersebut membentuk Pah Nitu atau tanah air yang dipercaya sebagai Tamkesi.

Datang ke desa adat ini akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Sebab kamu akan ditawari wisata paket lengkap. Selain bisa menikmati suasana alam, kamu bisa belajar lebih dalam mengenai adat dan kebudayaan Nusa Tenggara Timur serta bagaimana sejarah suatu adat terbentuk. So, rugi sekali kalau ke Timor Tengah Utara namun belum menyempatkan menjelajahi Desa Adat Tamkesi.

Noel Ponu

Noel Ponu

Dan wisata Timor Tengah yang terakhir merupakan sebuah sungai yang memiliki cerita tersendiri. Dimana pada tahun 2010, sungai ini sempat meluap dan menewaskan 16 orang serta menghancurkan 134 rumah warga sekitar. Karena hal tersebut juga kurang lebih 852 orang harus mengungsi.

Di samping cerita sedih tersebut, keberadaan Noel Ponu juga sangat bermanfaat untuk warga sekitar, dimana sebagian warga sangat menggantungkan hidupnya pada sungai tersebut. Khususnya soal sumber air untuk sehari-hari.

Sungai ini mengalir di wilayah utara kepulauan Timor yang memiliki iklim sabana dengan suhu rata-rata 25 derajat celcius. Bulan terpanasnya adalah di bulan oktober dengan rata-rata suhu sekitar 28 derajat celcius. Sementara itu untuk curah hujan yang tertinggi bisa mencapai 1575 mm. Biasanya akan berlangsung pada bulan Januari yakni mencapai 297 mm dan terendahnya di bulan September, rata-rata 6 mm.

Jadi, kalau ingin berkunjung ke Noel Ponu sangat disarankan untuk mengetahui bagaimana kondisi air saat itu. Bila dalam kondisi tidak aman sebaiknya harus berhati-hati, jangan memaksakan diri untuk berenang di dalam sungai. Namun bila masih aman, kamu bisa berenang di pinggir sungai.

Baca Juga: Wisata Belu

Keelokan pemandangan wisata alam yang ada di Timor Tengah Utara memang tak pernah mengecewakan. Berbagai macam destinasi mulai dari pantai, dataran tinggi hingga desa adat bisa kita kunjungi menggunakan kendaraan bermotor. Sehingga bagi wisatawan yang datang dari luar kota dan ingin menikmati waktu liburan di sini merupakan pilihan yang paling pas.

Nah, traveler dari 7 tempat di Timor Tengah Utara yang sudah dipaparkan di atas, mana nih yang menjadi favoritmu? Kalau ingin berkunjung ke semua tempatnya pun bisa sekali loh! Yang penting kamu sudah merencanakan itenary perjalanan serta menyiapkan perlengkapan traveling yang dibutuhkan. Jangan lupakan juga soal akomodasi penginapan dan kendaran ya! Persiapkan lebih awal agar liburan semakin nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *