Tempat Wisata di Trenggalek

20 Tempat Wisata di Trenggalek yang Unik, Menarik, Terbaru

Posted on

Kebanyakkan pilihan tempat wisata di Trenggalek adalah wisata pantai, beberapa wisata alam yang bukan pantai, dan sisanya adalah wisata di tengah kota yang bisa diakses lebih cepat. Wajar saja, wisatawan dari luar Trenggalek pun paham betul bahwa ketika mereka menginginkan destinasi wisata alam, Trenggalek adalah pilihan yang tepat.

Tempat Wisata di Trenggalek Terbaru

Akan ada sembilan pilihan wisata Trenggalek berwujud pantai, tiga air terjun, dua goa, dan lain-lainnya. Beberapa diantaranya adalah Pantai Pelang, Pantai Taman Kili-Kili, Pantai Ngulungwetan, Pantai Damas, Pantai Karanggongso, Air Terjun Grobogan Sewu, Air Terjun Banyu Nget, Goa Lowo, Hutan Kota Trenggalek, hingga Rumah Coklat. Berikut selengkapnya isi daftar tempat wisata di Trenggalek.

Pantai Pelang

Pantai Pelang

Pantai yang pertama akan dibahas di tempat wisata di Jawa Timur ini adalah Pantai Pelang. Pantai Pelang ini berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Untuk bisa masuk ke pantai yang penuh akan pepohonan ini Anda hanya perlu bayar tiket masuk sekitar 8 ribu rupiah saja. Setelahnya Anda bisa bebas eksplorasi di spot mana saja di pantai yang panjangnya sekitar 2 kilometer ini.

Penuh akan pepohonan, dari atas tebing Anda bisa melihat sebuah pemandangan eksotis di mana ada sebuah pantai tersembunyi dibalik pepohonan. Ombak di pantai ini cukup tenang, cocok untuk bermain bersama anak-anak.

Pantai Taman Kili-Kili

Pantai Taman Kili-Kili

Masih di Desa Wonocoyo, setelah atau sebelum ke Pantai Pekang, Anda juga bisa kunjungi Pantai Taman Kili-Kili. Keduanya memang sama-sama memiliki pasir pantai berwarna abu-abu muda, namun keduanya memiliki perbedaan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sumenep

Pantai Taman Kili-Kili adalah pilihan destinasi yang oke untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, bibir pantai dari tempat wisata Trenggalek ini lebih luas. Sangat mendukung untuk dilakukan olahraga pantai, seperti voli misalnya. Seramai-ramainya wisatawan yang berkunjung, setiap wisatawan tetap mendapatkan area yang luas untuk menikmati pantai ini. baik Pantai Pelang maupun Pantai Taman Kili-Kili sama-sama memiliki ombak yang ringan.

Pantai Ngampiran

Pantai Ngampiran

Beranjak ke pantai lainnya, kali ini ada pantai di Desa Tawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek yang memiliki pasir lebih cerah dari dua pantai sebelumnya. Warnanya abu-abu cerah, mendekati putih. Sangat lembut di kaki membuat Anda ingin segera melepas alas kaki dan berjalan-jalan di atasnya.

Siapa saja bisa menikmati pantai ini dengan leluasa, karena selain pantai ini belum banyak yang tahu, pantai ini memang sangat lah luas. Airnya tenang, bibir pantainya dihias dengan bebatuan hitam pekat. Hanya butuh perjalanan sejauh 4 kilometer saja untuk ke Pantai Ngampiran dari pusat Kecamatan Munjungan.

Pantai Ngadipuro

Pantai Ngadipuro

Destinasi wisata Trenggalek selanjutnya masih berupa pantai, yaitu Pantai Ngadipuro. Mungkin Anda tidak menyangka bahwa Anda masih di Pulau Jawa saat sampai di Pantai Ngadipuro. Pasirnya putih cerah lembut, disapu dengan ombak yang datangnya pelan. Mendukung untuk dilakukan aktivitas pantai tertentu yang membutuhkan ombak kecil-kecilan. Bibir pantainya cukup sempit karena wisatawan juga harus berbagi area dengan batuan karang yang besar-besar.

Agaknya semua kebutuhan liburan pantai harus Anda siapkan sebelum pergi ke tempat wisata Trenggalek ini. Sebab, meskipun pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat cantik dan eksotis, fasilitas di sana kurang memadai untuk para wisatawan. Anda bisa bersiap dengan menyiapkan snack dari pusat kota, atau membawa sendiri keperluan aktivitas yang akan dilakukan.

Pantai Ngulung Wetan

Pantai Ngulung Wetan

Opsi tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya adalah Pantai Ngulung Wetan. Pantai Ngulung Wetan ini berbeda dengan empat pantai di atas karena ombaknya. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga bisa dimanfaatkan untuk berselancar. Sangat cocok untuk Anda yang memang mencari wisata Trenggalek yang bisa digunakan untuk berselancar.

Bibir pantainya luas, pasirnya lembut, dan pantainya dihias dengan pepohonan. Berada di Desa Ngulung Wetan, desa ini masih dalam satu kecamatan yaitu Kecamatan Munjungan. Karenanya, jika Anda sudah mampir ke pantai-pantai di atas bisa juga mampir ke Pantai Ngulung Wetan karena berada di kawasan yang sama. Satu lagi tentang pantai ini, Pantai Ngulung Wetan adalah pilihan terbaik untuk menikmati panorama matahari terbenam selama di Trenggalek.

Pantai Blando

Pantai Blando

Tadinya ada pantai yang tidak memiliki fasilitas lengkap sehingga wisatawan harus menyiapkan sendiri kebutuhannya dari pusat kota. Kali ini Anda akan diberi pilihan wisata Trenggalek terbaru berwujud pantai yang fasilitasnya sudah lengkap. Lengkapnya fasilitas yang diberikan wajar saja membuat harga tiket masuknya lebih tinggi daripada pantai lain di Trenggalek. Anda harus siapkan budget 40 ribuan rupiah untuk bisa beli satu tiket masuk ke Pantai Blando.

Terlepas dari lengkap tidaknya fasilitas yang ada, Pantai Blando memang memiliki daya tarik yang kuat. Di sana Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang eksotis namun metropolis. Bisakah Anda membayangkannya? Pasir pantainya berwarna coklat kekuningan, ombaknya tidak besar, dan banyak aktivitas bisa dilakukan di sana karena kelengkapan fasilitas yang ada. Pantai Blando berada di Desa Munjungan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek.

Ternyata ada banyak pilihan pantai ketika Anda mengunjungi Kecamatan Munjungan. Terlebih jarak antara satu pantai dengan pantai lainnya cukup dekat. Jarak pantai dengan pusat Kecamatan Munjungan pun juga tidak jauh.

Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso juga memiliki hamparan pasir pantai berwarna coklat kekuningan. Udaranya sangat menyejukkan sehingga direkomendasikan untuk dikunjungi pertama kali setelah perjalanan jauh menuju Kabupaten Trenggalek.

Tidak hanya pantai saja yang bisa dipandang di tempat wisata di Trenggalek ini, sebab di sana juga ada banyak perahu-perahu nelayan yang parkir. Malahan ada spot foto yang tidak bisa didapat di pantai lain. Pantai Karanggongso berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek.

Pantai Damas

Pantai Damas

Sampai lah bahasan ini ke Pantai Damas yang dinilai paling eksotis di antara sembilan pantai yang disebutkan dalam daftar wisata Trenggalek terbaru ini. Apa yang membuat pantai di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek ini eksotis tentu saja nuansanya. Anda akan melihat pepohonan tropis yang menghias pantai dengan pasir berwarna coklat kekuningan ini. Airnya tenang, sangat jernih sehingga menggoda wisatawan untuk menceburkan badan ke dalamnya.

Panjang pantainya kurang lebih 2 kilometer, Anda harus siap perjalanan cukup jauh dari pusat Kota Trenggalek untuk sampai di surganya Trenggalek ini. Perjalanan antara pantai ini dari pusat kota adalah sekitar sejauh 53 kilometer.

Pantai Cengkrong Trenggalek

Pantai Cengkrong Trenggalek

Pilihan terakhir wisata Kota Trenggalek berwujud pantai adalah Pantai Cengkrong Trenggalek. Pantai Cengkrong Trenggalek masih dalam satu desa dengan Pantai Damas, namun apa yang dilihat akan jauh berbeda. di saat Pantai Damas punya hamparan pasir berwarna cerah, Pantai Cengkrong Trenggalek punya hamparan pasir berwarna gelap.

Dihias dengan beberapa pohon kelapa, bibir pantainya luas dan memiliki pasir lembut tanpa bebatuan. Pantai Cengkrong Trenggalek juga merupakan destinasi wisata Trenggalek yang pas untuk saksikan matahari terbenam.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grobogan Sewu

Air Terjun Grobogan Sewu adalah pilihan tempat wisata Trenggalek selanjutnya jika Anda sudah cukup puas bermain-main di pantai. Air terjun ini unik, akhir dari aliran air yang jatuh bukanlah perairan, melainkan sebuah tebing di mana wisatawan bisa berdiri di atasnya untuk merasakan jatuhnya air yang menyegarkan.

Barulah setelah tebing yang bisa dijadikan lantai, ada perairan di bawahnya sebagai wadah air yang turun. Airnya jelas menyegarkan, suasananya pun begitu. Hawa segar sangat terasa karena aliran airnya cukup deras. Untuk Anda yang tertarik bermain air di air terjun ini, datang saja ke Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Trenggalek.

Air Terjun Jurug Waru

Air Terjun Jurug Waru

Butuh uang sebesar 3 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati pemandangan di tempat wisata di Jawa Timur ini. Luas wisata ini cukup besar, karena memang perairan di bawah air terjunnya juga cukup luas. Wisatawan bisa berjalan hati-hati ke tebing di bawah terjunan air langsung untuk menikmati air yang datang.

Air Terjun Jurug Waru juga memiliki banyak tebing besar dengan bentuk yang unik. Jadikan ini sebagai spot foto karena mungkin tak akan Ada temui di air terjun mana saja. Air Terjun Jurug Waru berada di Desa Krajan, Kecamatan Watuagung, Kabupaten Trenggalek. Untuk diketahui, di sana juga ada area khusus untuk berkemah.

Air Terjun Banyu Nget

Air Terjun Banyu Nget

Setelah Air Terjun Jurug Waru, Anda juga punya opsi lain yang sama-sama air terjun. Opsi lainnya ini adalah Air Terjun Banyu Nget, lokasinya berada di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Karena tebing dan aliran air yang mendukung, air terjun ini sering dijadikan arena aktivitas outdoor. Pemandangannya air karena di sisi-sisi tebingnya telah ditanami pepohonan.

Ada spot foto, kantin untuk makan siang atau sekedar beli snack, toilet, hingga gazebo. Fasilitasnya sudah lengkap, wisatawan hanya perlu bayar 10 ribu untuk bisa masuk.

Coban Rambat

Coban Rambat

Coban Rambat berada di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek. Wisata Tulungagung Trenggalek ini menawarkan air terjun mini dilengkapi dengan tebing di sekitarnya. Perairan di bawahnya cukup dangkal sehingga bisa digunakan untuk bermain.

Kawasan di sekitarnya asri dan hijau, membuat banyak orang betah lama-lama di sana. Buka selama 24 jam, di sana juga sudah disediakan gazebo untuk bisa bersantai lebih lama.

Hutan Mangrove Cengkrong

Hutan Mangrove Cengkrong

Ada juga wisata Trenggalek terbaru berupa hutan mangrove. Sangat pas untuk Anda yang sudah puas dengan wisata pantai dan air terjun atau sekedar cari wisata alam yang letaknya tak jauh dari pusat kota.

Hutan Mangrove Cengkrong adalah wisata di Trenggalek yang berada di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Apa yang akan dilakukan wisatawan adalah menyeberangi jembatan kayu yang sudah ada dan menikmati pepohonan mangrove di kanan dan kirinya.

Bukit Gembes

Bukit Gembes

Bukit Gembes bisa jadi alternatif wisata selanjutnya setelah Hutan Mangrove Cengkrong. Sama-sama sebagai alternatif untuk Anda yang sudah cukup puas dengan wisata pantai dan air terjun. Di Bukit Gembes Anda akan mendapatkan pemandangan Kota Trenggalek dari ketinggian. Hawa udaranya pasti segar, juga sudah ada banyak penginapan sebagai opsi untuk Anda yang datang ke Trenggalek untuk staycation.

Anda hanya perlu bayar uang parkir saja di wisata Trenggalek ini. Menarik untuk dikunjungi bersama pasangan atau para sahabat. Bukit Gembes berada di Dusun Ngembes, Desa Masaran, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek.

Wisata Putri Maron

Wisata Putri Maron

Mungkin tujuan Anda ke Trenggalek adalah mencari wisata Tulungagung Trenggalek untuk bertamasya.  Jika tamasya lah yang Anda inginkan, maka datang saja ke Wisata Putri Maron. Wisata Trenggalek ini berlokasi di Dusun Banaran, Desa Depok, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek.

Apa yang bisa dinikmati di sana adalah sebuah taman yang banyak sekali jenis tanamannya. Ada spot-spot untuk berfoto, dibuat tanpa meninggalkan kesan kealamian yang dimiliki tempat wisata di Trenggalek ini.

Goa Ngerit

Goa Ngerit

Ada juga pilihan tempat wisata Trenggalek berwujud Goa Ngerit. Akan ada dua pilihan wisata goa pada daftar wisata Trenggalek terbaru ini, dan salah satunya adalah Goa Ngerit. Goa Ngerit berada di Area Hutan Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek.

Fasilitasnya lengkap, wisata di Trenggalek ini wujudnya adalah gua dengan kawasan hutan pinus di sekitarnya. Mungkin fokus Anda nanti bukanlah guanya melainkan pemandangan menyejukkan di sekitarnya. Sebab, di sana juga sudah disediakan gazebo untuk beristirahat para wisatawan.

Goa Lowo

Goa Lowo

Ada juga Goa Lowo yang sebenarnya wajib untuk dikunjungi. Apa yang ada di Goa Lowo ini sangat menakjubkan karena apa yang akan Anda lihat adalah batuan yang terlihat seperti masih baru saja terbentuk. Bebatuannya berwarna putih gading cerah sehingga seperti lilin. Karena di dalamnya unik, siapa saja akan mengagumi apa yang ditawarkan oleh wisata Trenggalek ini.

Goa Lowo berada di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Jika Anda masih ingat, ada beberapa wisata di atas yang juga terletak di Kecamatan Watulimo. Akan semakin mudah membuat itinerary berwisata di Trenggalek jika Anda sudah tahu tempat-tempatnya. Ada food court, toilet, taman bermain anak-anak, dan masih banyak lagi. Harga tiketnya mulai dari 5 sampai 8 ribuan saja.

Hutan Kota Trenggalek

Hutan Kota Trenggalek

Ada lagi wisata di Trenggalek yang hijau-hijauan namun tak menyuruh wisatawan untuk perjalanan jauh. Wisata tersebut adalah Hutan Kota Trenggalek. Sangat pas dikunjungi untuk Anda yang tidak punya banyak waktu selama di Trenggalek namun menginginkan suasana alam.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Batu

Hutan Kota Trenggalek berada di Desa Ngantru, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek. Sudah disediakan joglo untuk bersantai pengunjung.

Rumah Coklat

Rumah Coklat

Pilihan terakhir destinasi wisata Trenggalek adalah Rumah Coklat yang dihadirkan sebagai wisata edukasi. Alamatnya berada di Desa Pinggirsari, Kecamatan Karangan, kabupaten Trenggalek.

Selain wisata, Anda juga bisa mencicipi serangkaian menu lezat yang terbuat dari coklat. Sudah disediakan kafe khusus untuk pengunjung yang ingin merasakannya. Selain itu fasilitas di sana juga pasti lengkap karena merupakan salah satu wisata Kota Trenggalek. Lebihnya lagi, Anda hanya perlu bayar biaya parkir saja untuk bisa masuk.

Menarik bukan pilihan tempat wisata di Trenggalek? Segera pilih wisata mana saja yang membuat Anda tertarik dan kunjungi sesaat sampai di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *