Tempat Wisata di Tual

13 Tempat Wisata di Tual yang Indah dan Mempesona

Posted on

Bagi siapapun yang sedang berkunjung ke Maluku, maka mendatangi tempat wisata di Tual menjadi wajib hukumnya jika wisatawan ingin menikmati keindahan surga Indonesia Timur. Kota Tual merupakan sebuah kota di Provinsi Maluku.

Dulunya, kota ini pernah menjadi bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara sebelum mengalami pemekaran. Kota ini bisa dibilang sebagai pertama tersembunyi dari Indonesia Timur karena keindahannya begitu menawan namun masih tak begitu terekspos.

Di Kota Tual, wisatawan bisa menikmati berbagai wisata Tual yang beraneka ragam. Meski memiliki keanekaragaman yang tinggi, namun indahnya alam kota ini masih mendominasi setiap wisata yang ada.

Kita bisa memilih berbagai tawaran dari tempat wisata yang ada di kota ini seperti Pulau Bair, Pantai Panjang, Pulau Dullah, Ohoi Letman, Pantai Ngurbloat dan masih banyak lagi. Semua wisata tersebut akan membuat hari yang penat menjadi bersinar cerah kembali penuh dengan energi yang positif.

Tempat wisata di Tual

Maluku memang menawarkan keindahan wisata yang memukau. Sebagai salah satu tempat wisata di Tual, berbagai pilihan pantai Tual menjadi destinasi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kehadiran berbagai pilihan ini akan membuat wisatawan semakin mudah dalam mengeksplor keindahan dari surga Indonesia Timur. Datangi saja wisata yang sesuai dengan selera Anda agar energi positif dapat merasuk ke dalam jiwa.

Pulau Bair

Pulau Bair

Pulau Bair atau Pulau Bair ini merupakan salah satu wisata Tual yang sangat populer karena keindahannya yang tak terkalahkan. Terletak di Kepulauan Kei di Maluku Tenggara, pulau yang berada di Kota Tual ini menawarkan keindahan yang mirip dengan Pianemo di Raja Ampat, Papua. Hal ini membuat pulau ini disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Maluku.

Baca Juga: Wisata Ambon

Di pulau ini, para pengunjung  bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan saat mengeksplor keindahan alamnya. Anda bisa menikmati berenang dan juga menyelam dalam lautan yang begitu jernih nan membiru. Atau  bisa berkeliling menjelajahi pulau dengan perahu yang disediakan. Jika ingin menikmati alam dengan cara yang berbeda, Anda bisa memandang teluk dari atas bukit yang mempesona.

Pantai Panjang

Pantai Panjang

Wisata Kota Tual selanjutnya adalah Pantai Panjang. Tempat indah ini berada di Desa Ngilngof, bagian barat Pulau Kei Kecil, Tual Maluku Tenggara. Mengapa tempat ini diberi nama Pantai Panjang? Tentu saja karena hamparan pasirnya begitu indah memanjang di sepanjang garis pantai yang mempesona. Keindahan pantai ini tak bisa ditolak dengan butiran paris yang begitu halus dan bercahaya.

Siapapun yang melihat pantai ini pasti akan terpesona dengan pemandangan yang ditawarkan. Rindangnya pohon kelapa yang berbaris rapi, jernihnya air laut yang membiru, hempasan ombak yang tenang hingga sejuknya angin yang bertiup membuat kawasan ini begitu alami dan damai. Hamparan pasir di pantai ini begitu lembut hingga diyakini sebagai pantai dengan Pasir Putih Paling Halus di Dunia.

Ohoi Letman

Ohoi Letman

Ohoi Letman merupakan wisata kota Tual yang menawarkan keindahan desa wisata dan kepulauan dalam satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Terletak di kawasan pulau Kei kecil, Anda memerlukan perjuangan untuk sampai ke tempat ini. Meski demikian, semua lelah yang dirasakan akan langsung sirna begitu melihat keindahan tempat ini.

Di Ohoi Letman, para pengunjung akan bertemu penduduk yang begitu ramah. Dengan mata pencaharian utama pertanian, kawasan ini menawarkan suasana yang begitu asri dan menyejukkan mata. Keindahan wisata ini bisa dinikmati dengan berkeliling ke tiap gugusan pulau yang ada dan juga pantai-pantai yang masih terasa alami.

Langgur

Langgur

Langgur menjadi salah satu tempat wisata di Maluku yang layak untuk diapresiasi. Sebagai ibu kota Tual, kawasan Langgur dibuat menjadi sebuah kawasan wisata yang unik. Masih diimbangi dengan alam yang indah, desa wisata Langgur memberikan pemandangan yang cukup untuk menyejukkan mata.

Anda bisa berkeliling menikmati indahnya daerah ini dengan perahu yang disediakan. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan warna warni kampung yang ceria.

Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat

Tempat wisata di Tual yang satu ini sudah diakui oleh National Geographic sebagai pantai dengan pasir terhalus di Asia. Bahkan pasir di pantai ini tidak akan membuat kulit gatal. Pantai yang ada di Kepulauan Kei ini memang sudah mendunia berkat indahnya alam yang tak ada duanya.

Saat mengunjungi tempat ini, wistawan bisa menikmati pesona bawah laut dengan berenang atau menyelam. Keanekaragaman ekosistem air yang ditawarkan dijamin akan membuat siapapun terkesima. Anda pun juga bisa berkeliling dengan perahu yang ada.

Pulau Dullah

Pulau Dullah

Pulau Dullah terletak di kawasan kepulauan Kei daerah Tual, Maluku Tenggara. Pulau ini memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pulau Maluku lainnya. Bahkan karena keindahannya, pulau ini disebut sebagai surga tersembunyi di Maluku

Dengan pemandangan pantai Tual yang mempesona, pulau ini menjadi pilihan tepat untuk menikmati olahraga air dan relaksasi untuk menenangkan pikiran. Pohon yang rindang, pasir yang putih dan air yang jernih menjadi pelengkap pulau yang beraroma alam nan asri ini.

Danau Warren

Danau Warren

Danau Warren menjadi salah satu tempat wisata di Tual yang menawarkan keindahan di tengah hijaunya alam. Danau ini berada di  Desa Ngadi, Tual, Maluku. Kita bisa mencapai danau ini dengan akses yang begitu mudah.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan relaksasi untuk menenangkan pikiran. Air yang jernih dan udara yang sejuk akan terasa begitu damai. Kalau mau, kita pun juga bisa berkeliling danau dengan perahu bersama angin sepoi-sepoi yang begitu segar.

Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur

Wisata Kota Tual yang satu ini bisa disebut sebagai surganya pantai di Maluku. Bahkan wisata ini juga disebut-sebut sebagai alasan mengapa orang datang berkunjung ke Maluku. kita akan diajak menjumpai pantai yang sangat berbeda di tempat ini. Apa yang berbeda? Pantai Ngurtafur merupakan sebuah pasir timbul yang berada di tengah laut, sehingga membuat siapapun bisa merasakan bagaimana rasanya berada di tepi pantai namun di tengah laut.

Tempat ini menjadi pasir timbul terpanjang yang ada di Indonesia sehingga benar-benar luar biasa keindahannya. Anda akan merasakan sensasi laut terbelah ketika berada di pantai ini. Ditambah lagi dengan pemandangan alam yang begitu indah beserta kawanan burung pelikan yang terbang bolak-balik di sekitar pantai tentu membuat tempat ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Pulau Adranan

Pulau Adranan

Pulau Adranan merupakan wisata Tual yang menawarkan keindahan Indonesia Timur dalam balutan yang begitu mempesona. Berada di kawasan Kepulauan Kei, pulau ini memiliki gradasi air yang membuat siapapun takjub saat memandangnya. Keindahan ini dilengkapi dengan perairan yang jernih dan pasir bersih yang terlihat bercahaya.

Jika berkunjung ke tempat ini, para traveler bisa berkeliling pulau dengan perahu untuk menikmati pemandangan alam yang tak terkira. Bahkan juga bisa berenang dan menyelam untuk mengagumi indahnya perairan di pulau ini. Dengan jernihnya perairan yang ada, kita bisa melihat bagian dalam laut dengan begitu mudah.

Goa Hawang

Goa Hawang

Tempat wisata di Tual yang satu ini menawarkan keindahan yang berbeda dari lainnya. Goa Hawang terletak di Desa Letvuan, Kabupaten Maluku Tenggara. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 15 km dari Kota Tual jika ingin menuju ke tempat ini. Akses yang diberikan untuk menuju ke goa ini pun cukup mudah sehingga wisatawan bisa mencapai wisata alam mengagumkan ini tanpa khawatir.

Goa ini menyimpan sejuta misteri yang sangat layak untuk dieksplorasi. Saat berada di tempat ini, Anda akan melihat kolam air tawar yang begitu jernih. Saking jernihnya, pengunjung bisa melihat dasar kolam yang lengkap dengan batuan alami. Dikelilingi hutan yang sangat lebat, goa ini memiliki keindahan stalaktit yang begitu khas. Legenda mengenai batu yang melambangkan seorang pemburu pria yang memegang tombak dan dua ekor anjing akan menemani perjalanan saat menikmati keindahan dari goa ini.

Bukit Masbait

Bukit Masbait

Tempat wisata di Tual berikut ini masih berada di kawasan Kepulauan Kei. Bukit ini bukan hanya bukit wisata biasa karena bukit ini juga dijadikan sebagai destinasi bagi siapapun yang ingin berziarah. Siapa yang berziarah di bukti ini? Bukan hanya umat Kristen yang diizinkan untuk berziarah di bukti ini, tetapi bukit ini terbuka untuk semua pemeluk agama yang ingin berziarah. Karena hal tersebut, Bukit Masbait juga dianggap sebagai simbol toleransi antar umat beragama di Kota Maluku.

Selain menawarkan pemandangan yang indah, bukit ini juga menjalankan kegiatan rohani. Umat Nasrani menjalankan ritual Jalan Salib di bukit ini setiap tahunnya sehingga bisa dikatakan bahwa bukit ini adalah representasi dari Bukit Golgota. Kita akan menemukan berbagai patung yang unik di sekitar bukti ini. Meski demikian, Bukit Masbait dikelilingi oleh desa dengan warga yang memiliki kepercayaan yang berbeda sehingga sangat erat rasa toleransi yang dihadirkan.

Taman Ziarah Mgr. Johanes Aerts. Msc

Taman Ziarah Mgr. Johanes Aerts. Msc

Wisata kota Tual yang satu ini masih bernafaskan rohani. Taman ziarah ini berada di sekitar Kota Langgur. Taman ini dibangun untuk mengenang Uskup Johanes Aerts. Msc dan lainnya yang dieksekusi Tentara Jepang saat Perang Dunia Kedua terjadi. Pemandangan taman yang sejuk, monumen-monumen serta relief akan cukup membuat perjalanan wisata lebih menyenangkan.

Pantai Ohoidertawun

Pantai Ohoidertawun

Pantai Ohoidertawun merupakan salah satu pantai Tual yang memiliki keindahan begitu sempurna. Berlokasi di kawasan Pulau Kei Kecil, wisata alam yang ditawarkan oleh pantai ini begitu menarik. Pantai ini termasuk pantai landai yang bisa dipakai untuk bermain kapanpun air sedang surut.

Baca Juga: Wisata Kepulauan Tanimbar

Saat berada di tempat ini, Anda akan menemukan pemandangan dari laut biru yang bersih. Selain itu, garis pantai yang putih berkilauan juga akan menambah kecantikan pantai ini. Wisatawan yang datang juga bisa menikmati indahnya tebing karang yang penuh misteri. Lukisan gua yang ada di tebing karang akan membuat atmosfer di pantai ini begitu berbeda dari pantai lainnya.

Berkunjung ke Indonesia Timur adalah sebuah pilihan yang sangat tepat bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan alam yang mempesona. Saat mengunjungi tempat wisata di Tual, Anda akan menemukan indahnya alam dunia seperti sedang berada di surga. Jadi, tentukan pilihan tempat wisata terbaik yang sesuai dengan keinginan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *