Tempat Wisata di Tuban

19 Tempat Wisata di Tuban, Kota Pesisir yang Terkenal

Posted on

Bukan sekedar tahu-menahu saja, dengan mengerti apa saja pilihan tempat wisata di Tuban Anda akan lebih terbantu untuk bertransportasi ketika sampai di sana. Sebab, dengan mengerti wisatanya juga Anda mengerti di mana lokasinya. Karenanya, tak akan sulit untuk mengatur perjalanan akan menuju kemana terlebih dahulu.

Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Terbaru

Mulai dari Pantai Sowan Tuban, Pantai Kelapa Tuban, Pantai Cemara, Pantai Pasir Putih Remen Tuban, Goa Kancing Tuban, Goa Suci, Goa Putri Asih, Air Terjun Lembah Bongok, Air Terjun Nglirip, Masjid Agung Tuban, hingga Makam Sunan Bonang, bisa dipilih sesuka hati. Selengkapnya pilihan wisata di Tuban Jawa Timur adalah berikut.

Pantai Sowan Tuban

Pantai Sowan Tuban

Pantai Sowan Tuban direkomendasikan untuk Anda yang datang bersama para sahabat atau rekan kerja. Tenang, nantinya akan ada pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga. Alasan mengapa Pantai Sowan Tuban layak dipilih bersama para sahabat adalah karena area wisata di Tuban ini cukup curam, tidak seperti pantai yang pada umumnya datar.

Curamnya bibir pantai ini bisa diakses dengan hati0hati oleh orang dewasa. Apa yang membuatnya menarik adalah pemandangan yang eksotis dihias dengan pasir pantai berwarna keemasan dan tebing yang ditanami pepohonan. Butuh uang 10 ribu rupiah saja untuk beli satu tiket masuk ke wisata ini. Adapun alamatnya adalah berada di Daerah Bogoran, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Tuban lah yang hadir sebagai tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang cocok untuk keluarga. Hamparan pasirnya datar-datar saja, warnanya putih cerah namun tidak lembut. Banyak aktivitas bisa dilakukan di pantai yang berada di daerah ini, sebelah timur Kabupaten Tuban.

Mulai dari berfoto ria, tamasya, bermain air bersama anak-anak, memancing, hingga olahraga tepi pantai. Bahkan area untuk berkemah pun juga ada, jika Anda tertarik mencobanya bersama sahabat.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sumenep

Untuk skala pantai yang eksotis seperti Pantau Kelapa Tuban memang sayang bila fasilitasnya belum lengkap. Tidak masalah, karena Anda bisa mencukupi kebutuhan liburan pantai saat masih di kota.

Pantai Cemara

Pantai Cemara

Pantai Cemara punya garis pantai yang panjang dan lebar yang besar, membuat pantai ini terkenal sebagai wisata Tuban yang besar. Siapa saja bisa memaksimalkan agenda liburan jika yang dipilih adalah Pantai Cemara.

Memang seperti namanya, untuk bisa merasakan airnya, Anda harus berjalan dahulu dari tempat parkir. Di perjalanan ini Anda akan melalui deretan pohon cemara yang rindang dan malahan bisa dimanfaatkan untuk berteduh.

Pantai Cemara memiliki pasir yang sangat putih dan kawasan wisata di Tuban yang bersih. Lokasinya berada di Jalan Tuban-Gresik, Desa Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Pantai Pasir Putih Remen Tuban

Pantai Pasir Putih Remen Tuban

Juga sesuai dengan namanya, wisata alam Tuban in berwujud pantai dengan hamparan pasir yang berwarna putih. Telah ditumbuhi tanaman khas pantai dari yang ukuranya kecil sampai yang besar di tepiannya. Termasuk ramai, namun tak masalah karena ukuran pantai ini cukup besar.

Pantai Pasir Putih Remen Tuban berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Fasilitasnya sudah lengkap, mulai dari toilet, warung, hingga area untuk berteduh dan beristirahat. Mendukung untuk bermain air karena Anda tak perlu khawatir mencari tempat ganti baju.

Pantai Boom

Pantai Boom

Opsi yang terakhir untuk yang mau explore Tuban di pantai-pantainya adalah Pantai Boom. Fakta menarik dari Pantai Boom adalah hanya terpisah sejauh 150 an meter saja dari Alun Alun Kota Tuban. Sangat dekat sehingga direkomendasikan untuk siapa saja yang punya sisa waktu sedikit berada di Tuban.

Pantai Boom biasa dipilih untuk menikmati suasana sore, sebab di sana matahari terbenam akan terlihat cantik. Dekat dengan pusat oleh-oleh, Anda boleh-boleh saja menjadikan Pantai Boom sebagai destinasi wisata Tuban Lamongan sebelum pulang ke kota asal. Lokasi tepatnya Pantai Boom adalah di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Goa Kancing Tuban

Goa Kancing Tuban

Setelah lima opsi wisata alam Tuban berwujud pantai, ada deretan wisata alam di Tuban berupa air terjun. Tuban tak bisa dilepaskan dari wisata berwujud air terjun. Namun hanya ada empat air terjun saja yang akan dibahas pada kesempatan ini.

Nama wisata ini adalah Goa Kancing Tuban, ukuran dari goa ini memang tak terlalu besar, bahkan kedalamannya saja hanya 5 meter, kecil jika dibandingkan dengan goa lain. Namun, apa yang akan Anda dapat nanti pasti tidak mengecewakan. Pemandangannya cantik, apalagi jika berkemah di sekitarnya. Pemandangan malam di sana bukan main indahnya, sekali menghabiskan malam di sana mungkin membuat Anda betah untuk menambah malam lagi dan lagi berada di sana.

Wisata Tuban Lamongan ini berada di Desa Tlogo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Jangan lupa untuk berfoto di depan tebing-tebingnya supaya bisa punya foto ikoniknya wisata ini.

Goa Suci Tuban

Goa Suci Tuban

Selanjutnya ada Goa Suci Tuban yang berada di Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Jika yang dibandingkan goanya, tentu lebih cantik Goa Suci Tuban daripada Goa Kancing Tuban. Sebab memang yang ditawarkan Goa Kancing adalah pemandangan di sekitar goa.

Memasuki Goa Suci Tuban memberikan Anda pengalaman pernah masuk ke dalam goa yang sangat cantik. Mungkin membuat Anda tidak percaya sedang berada di Tuban, Jawa Timur. Alasan mengapa gua ini memiliki nama demikian adalah karena memang goa ini dulunya sering digunakan untuk menyucikan sendiri, seperti bertapa dan bersemedi misalnya. Diketahui tempat wisata di Jawa Timur ini sudah ada sejak abad ke-10. Tertarik untuk mencoba salah satu goa peninggalan zaman kerajaan Nusantara?

Goa Putri Asih

Goa Putri Asih

Lelehan flow stone terlihat jelas di dalam Goa Putri Asih ini. Mungkin akan membuat Anda sedikit merasa pegal karena harus menunduk ketika melewati spot-spot tertentu di dalam gua ini. Goa Putri Asih berada di dalam kawasan hutan, tepatnya di Kawasan Hutan Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Goa Putri Asih memiliki sembilan ruang di dalamnya. Fakta menariknya, setiap ruang di Goa Putri Asih ini memiliki nuansa yang berbeda-beda, semakin mudah saja bagi salah satu wisata Tuban ini untuk memuat wisatawan senang.

Goa Akbar

Goa Akbar

Goa Akbar adalah opsi selanjutnya. Explore Tuban memang akan kurang jika Anda mencari pantai atau air terjun saja, pastikan yang di explore juga wisata berwujud goa. Di saat goa-goa sebelumnya memiliki ruang atau lelehan flowstone warna cerah seperti lilin, ruangan di dalam Goa Akbar adalah bebatuan berwarna keabuan. Sudah diberi tangga dan jembatan sederhana di dalamnya untuk memudahkan pengunjung eksplorasi di dalamnya.

Karena dahulunya juga digunakan untuk bersuci, di sana telah disediakan tempat berwudhu (tempat enyucikan diri untuk umat Islam). Goa ini cantik dan worth to visit, ditambah agi harga tiketnya hanya 4 sampai 5 ribu rupiah saja.

Goa Ngerong Tuban

Goa Ngerong Tuban

Pilihan terakhir wisata alam Tuban berwujud gua adalah Goa Ngerong Tuban. Ada banyak yang bisa dinikmati di tempat wisata di Jawa Timur ini, mulai dari stalagmit dan stalagtit yang nampak jelas, hingga kolam di dalamnya yang airnya sangat jernih, sangat jernih sehingga dari atasnya saja Anda sudah bisa melihat ikan-ikan yang tinggal di sana.

Goa Ngerong Tuban berada di Jalan Raya Barat Nomor 155 Dusun Gembong, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Tutup sampai jam lima sore, harga tiketnya hanya 3 ribu rupiah saja sampai artikel ini ditulis.

Air Terjun Lembah Bongok

Air Terjun Lembah Bongok

Anda belum menemukan pilihan wisata di Tuban berwujud air terjun, kini saatnya. Air terjun pertama yang direkomendasikan untuk Anda wisatawan dari luar Tuban adalah Air Terjun Lembah Bongok. Air terjun yang cukup besar namun pendek ini berada di Desa Kebonagung, Kecamatan Jetak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Di bawah air terjun ini ada area yang mirip dengan kolam, sehingga mendukung untuk wisatawan yang ingin menceburkan diri ke dalamnya. Entah itu untuk berenang, bermain air, atau sekedar berendam saja.

Air Terjun Nglirip

Explore Tuban yang masih berwujud air terjun adalah Air Terjun Nglirip. Sampailah kita pada bahasan surga tersembunyinya Kabupaten Tuban. Di air terjun ini bisa bebas melakukan apa saja yang dianggap menghibur. Air terjunnya setinggi kurang lebih 30 meter, air di bawahnya berwarna hijau tosca cerah yang membuat siapa saja tergoda untuk masuk ke dalamnya.

Wisatawan tetap diharapkan waspada atau hati-hati, sebab ada spot-spot tertentu di dalam perairan yang dalam. Selain beraktivitas, menikmati suasana alam saja di sana juga cukup. Hawanya menyegarkan, baik itu di pagi hari maupun di siang hari. Air Terjun Nglirip berada di Dusun Jojogan, Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Tak memerlukan tiket masuk, satu-satunya pembayaran yang dibutuhkan untuk parkir kendaraan saja.

Pemandian Air Panas Prataan Tuban

Pemandian Air Panas Prataan Tuban

Setelah berjalan-jalan di berbagai wisata alma, saatnya untuk memanjakan badan yang telah lelah dengan merendam di air hangat. Di mana detinasinya, tentunya dengan pergi ke Pemandian Air Panas Prataan Tuban. Letaknya berada di Desa Prantaan, Kecamatan Wukirharjo, Kabupaten Tuban.

Berbagai penyakit dinilai bisa sembuh dengan berendam di pemandian ini. tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah saja. segera agendakan atau taruh di sela itinerary selama di Tuban sebab wisata ini hanya buka sampai jam 5 sore saja.

Pemandian Bektiharjo Tuban

Pemandian Bektiharjo Tuban

Satu lagi tempat wisata di Tuban yang wujudnya pemandian, yaitu Pemandian Bektiharjo Tuban. Sesuai dengan nama wisata ini, pemandian di Tuban ini terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Di sana ada monyet-monyet, namun Anda tak perlu khawatir. Sebab, monyet-monyet yang ada di sana dikenal sudah bisa bersahabat dengan manusia. Satu lagi kelebihan dari wisata ini adalah memberikan kesempatan pada wisatawan untuk melakukan foto di bawah air.

Kawasan Industri Batik Gedog

Kawasan Industri Batik Gedog

Sudah saatnya masuk ke tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang memberikan kesempatan pada wisatawan untuk berbelanja dan mendapat sedikit edukasi berguna. Pilih Kawasan Industri Batik Gedog di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Di sana apa yang bisa dilakukan wisatawan adalah untuk menyaksikan langsung bagaimana pengrajin batik melakukan tugasnya sehingga bisa wujudkan sebuah seni batik yang indah. Anda pun juga bisa berbelanja produknya sebagaimana sebuah oleh-oleh setelah pulang dari Tuban ini.

Kampung Warna Tuban

Kampung Warna Tuban

Emang berupa sebuah perkampungan, namun ada alasan mengapa Kampung Warna Tuban sebaiknya ditunjuk sebagai alternatif pilihan tempat wisata di Jawa Timur. Bahkan bisa dijadikan wisata yang pertama kali dikunjungi sebelum menuju ke pantai-pantai atau air terjun di Tuban sana.

Sebab, apa disuguhkan wisata Tuban ini adalah sebuah warna-warni yang memanjakan visual. Sangat berguna untuk Anda yang datang dari kesibukkan atau rutinitas padat sebelumnya. Anda bisa terhibur di sana, apalagi jika mendatangi wisata ini bersama keluarga atau anak-anak.

Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio

Setelah Kampung Warna Tuban, Anda juga bisa mampir ke Klenteng Kwan Sing Bio yang berada di Jalan R.E. Martadinata Nomor 1, Desa Karangsari, Kecamatan Tuban. Bagaimana wujudnya tentu sama dengan klenteng pada umumnya, namun tetap sangat worth to visit ketika Anda adalah seorang wisatawan dari luar Tuban atau dari luar Jawa Timur.

Banunan klenteng dengan arsitektur khas Tiongkok, mayoritas warnanya adalah merah. Ada patung kepiting sangat besar di bagian pagarnya, jangan heran jika banyak wisatawan dari luar Indonesia yang Anda temui ketika datang ke klenteng ini.

Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban

Masih ada lagi wisata Tuban yang wujudnya adalah tempat untuk beribadah umat beragama. Wisata yang dimaksud adalah Masjid Agung Tuban, dibangun sebagai masjid dengan bangunan yang unik dan berbeda dengan masjid pada umumnya. Siapa saja tidak lupa untuk berfoto setelah sampai di wisata Tuban ini.

Ada enam menara yang dimiliki masjid agung ini, catnya berwarna-warni sehingga terkesan dekat di hati para pengunjungnya. Masjid Agung Tuban berada di pusat Kota Tuban. Karenanya, sesaat Anda sampai di Kabupaten Tuban, besar kemungkinannya Anda tidak sengaja melihat megahnya masjid yang satu ini. perlu Anda ketahui bahwa masjid yang cantik sekaligus unik ini telah idbangun sejak abad ke-15.

Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang

Wisata di Tuban Jawa Timur selanjutnya masih berupa wisata religi. Ada seorang sunan yang makamnya berada di Tuban, namanya adalah Sunan Bonang. Sampai sekarang ini, masih banyak orang datang ke Makam Sunan Bonang untuk berziarah dan berdoa. Karenanya, makam ini juga masuk dalam daftar tujuan wisata ketika di Tuban.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Trenggalek

Anda mungkin tertarik untuk mencobanya langsung, alamatnya berada di Jalan Kh. Mustain, Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Sudah puas dengan banyaknya pilihan tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang ada? Tentu saja Anda bisa sebebas mungkin memilih yang mana. Tak menutup kemungkinan untuk mengurutkan antara satu wisata dengan lainnya supaya Anda bisa langsung tahu menuju kemana di hari H liburan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *