21 Tempat Wisata di Tulungagung Yang Romantis Dan Terfavorit

Posted on

Ada banyak pilihan tempat wisata di Tulungagung yang siap membuat Anda betah lama-lama di kota ini. Memilih Tulungagung sebagai destinasi berlibur cukup oke, apalagi jika Anda dan keluarga atau sahabat datang untuk mencari nuansa atau kesegaran baru. Ketahui dulu apa saja pilihan wisata di sana.

Daftar Tempat Wisata di Tulungagung

Karena pilihannya banyak, Anda bisa memilih antara Pantai Sioro, Pantai Coro, Pantai Bayem, Pantai Pucanglaban, Pantai Dadap, Hutan Pinus Nyawangan Park, Persawahan Pagerwojo, Gunung Bolo, Swaloh Resort & Spa, Ranu Gumbolo, dan lain-lain. Simak selengkapnya tentang pilihan wisata di Tulungagung.

Pantai Sioro

Pantai Sioro

Jadikan Pantai Sioro sebagai destinasi wisata Tulungagung yang favorit. Pantai Sioro memang jadi salah satu saja dari sekian banyaknya pantai yang ada di Tulungagung, namun tentu saja ada pembeda antara pantai ini dengan pantai lain. Lokasi Pantai Sioro adalah di kawasan pegunungan, tepatnya berada di Desa Ngrejo, Tanggung Gn, Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Tuban

Ada spot khusus dari atas tebing untuk wisatawan yang datang ke wisata di Tulungagung ini dan ingin menikmati pemandangan pantai dari atas. Setelah Pantai Sioro sudah cukup dinikmati, lanjut saja ke pantai lain dalam agenda explore Tulungagung.

Pantai Coro

Pantai Coro

Ada juga Pantai Coro sebagai pilihan wisata baru di Tulungagung. Menjadikan pantai ini sebagai destinasi andalan juga merupakan pilihan yang mantap. Apa yang ada di Pantai Coro ini adalah sebuah pemandangan pantai yang dihias dengan tebing hijau karena banyaknya tumbuhan yang ada tentunya.

Hamparan pasir di sana sangat lembut di kaki, warnanya agak kekuningan sehingga membuat pantai ini semakin eksotis saja. Siapa saja yang telah berkunjung ke pantai yang ada di Reco Sewu, Besuki, Tulungagung ini tak kecewa. Semuanya senang setelah pulang karena bisa dapatkan destinasi wisata yang memberikan pemandangan bagus dan kesempatan untuk melakukan banyak aktivitas pantai. Pantai Coro juga menjadi salah satu tempat romantis di Tulungagung.

Pantai Bayem

Pantai Bayem

Pantai Bayem adalah yang selanjutnya, pantai ini cukup luas, malahan bisa dikatakan lebih luas daripada pantai-pantai yang sebelumnya. Ada ayunan ikonik di pantai ini yang biasa dijadikan sebagai spot foto. Mungkin Anda akan langsung tergoda memainkannya sesaat sampai di sana. Karenanya, jangan ragu lagi untuk kunjungi Pantai Bayem yang ada di Desa Sawo, Kecamatan Campur Darat, Kabupaten Tulungagung.

Pantai Pucanglaban

Pantai Pucanglaban

Tentu saja Pantai Pucanglaban adalah pantai yang letaknya di Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Hamparan pasirnya berwarna putih bersih dan juga lembut, menjadi daya tarik dari pantai ini karena mungkin saja yang dicari wisatawan Kota Tulungagung adalah pantai-pantai yang mirip seperti Pantai Anyer.

Juga menjadi salah satu tempat romantis di Tulungagung, apalagi untuk pengunjung yang cari spot foto untuk prewedding, pantai ini sangat mendukung hal tersebut karena keindahannya. Ombaknya cukup tenang, bisa dipilih untuk Anda yang datang ke Tulungagung bersama anak-anak.

Pantai Dadap

Pantai Dadap

Pilihan wisata di Tulungagung yang wujudnya pantai yang terakhir dibahas adalah Pantai Dadap. Apa yang membuat pantai ini indah adalah mirip seperti lokasi syuting film-film Hollywood yang mengambil setting di pantai. Sebelum memasuki bibir pantai, Anda akan melewati megahnya tebing khas tepi pantai yang besar.

Pasirnya yang lembut berwarna putih serta memiliki ombak yang cukup tenang. Jangan lupa untuk abadikan momen ketika di patai ini, entah untuk punya-punya saja atau update di sosial media. Untuk lokasinya, berada di Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Hutan Pinus Nyawangan Park

Hutan Pinus Nyawangan Park

Sudah merasa puas dengan pilihan tempat wisata di Tulungagung berwujud pantai? Kalau begitu, Hutan Pinus Nyawangan Park boleh jadi alternatif. Pemandangan yang asri dan hawa yang sejuk akan disuguhkan pada pengunjung yang telah jauh-jauh datang dari pusat Kota Tulungagung. Telah disediakan spot foto untuk Anda yang memang tertarik foto-foto.

Satu hal lagi, Hutan Pinus Nyawangan Park adalah salah satu wisata Sendang Tulungagung. Sebab, lokasinya ada di Nyawangan, Sendang, Tulungagung.

Seperti namanya, tempat wisata di Tulungagung ini berada di dalam Kecamatan Pagerwojo. Tidak sulit untuk menemukan objek wisata lain yang sama-sama berada di kecamatan ini, bahkan beberapa dan yang akan datang bisa Anda ketahui sendiri wisata apa itu,

Persawahan Pagerwojo menyuguhkan pemandangan sawah yang tak biasa. Sangat luas, sehingga sejauh mata memandang pun hanya akan ada sawah saja yang bisa dilihat. Persawahan Pagerwojo ini berada di kecamatan yang telah Ada ketahui. Maksimalkan momen ketika berada di sana, karena wisata yang wujudnya persawahan dinilai masih jarang ditemui.

Bukit Kura Kura

Bukit Kura Kura

Setelah ke persawahan, Ada bisa memaksimalkan agenda liburan di Tulungagung dengan mampir juga ke Bukit kura Kura. Di saat Persawahan Pagerjowo berada di dataran rendah, Bukit Kura Kura berada di dataran tinggi. Lokasi tepatnya berada di Mojo, Wajak Kidul, Boyolangu, Tulungagung.

Karena berada di dataran tinggi, Anda akan merasakan hawa sejuk dan bisa memperbaiki sistem pernapasan Anda jika selama ini yang Anda temui adalah polusi udara.

Gunung Bolo

Gunung Bolo

Di Gunung Bolo Anda bisa ber rekreasi atau tamasya bersama keluarga. Bersama para sahabat pun juga bisa karena Anda akan mendapatkan suasana berbeda daripada wisata di Tulungagung yang sebelum-sebelumnya. Pintu masuk Gunung Bolo berada di Desa Ngujang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Bisa juga dengan membawa sepeda kesana dan menikmati track sepeda yang telah disediakan.

Swaloh Resort & Spa

Swaloh Resort & Spa

Sebuah resort dan spa mungkin yang paling Anda inginkan karena mencari destinasi yang pasti-pasti. Kenyamanan dari berliburan pasti terjamin jika yang Anda kunjungi adalah destinasi wisata Tulungagung buatan manusia. Alamat dari Swaloh Resort & Spa adalah di dekat Bendungan Wonorejo, Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung.

Meskipun dihadirkan sebagai resort, apa yang dinikmati wisatawan nanti adalah hunian sementara yang sangat asri dan seperti sedang berada di tengah hutan.

Coban Kromo

Coban Kromo

Di Coban Kromo ada pemandangan super unik tanpa meninggalkan nuansa alam. Menyajikan sebuah kolam alami, yang akan membuat Anda seperti berada dalam infinity pool. Jika tertarik, datang saja ke Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung.

Ranu Gumbolo

Ranu Gumbolo

Namanya memang mirip danau yang ada di atas gunung dan sangat eksis di kalangan pendaki, yaitu Ranu Kumbolo. Apa yang diberikan tempat romantis di Tulungagung ini memang hampir serupa dengan yang ada di Ranu Kumbolo. Bahkan, wisata ini bisa jadi alternatif ketika Anda ingin menikmati Ranu Kumbolo namun tidak memungkinkan untuk melakukan pendakian.

Ranu Gumbolo ini alamatnya berada di Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Fasilitasnya justru lebih lengkap, karena di sana sudah tersedia toilet, warung, dan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan wisatawan alam pada umumnya.

Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo adalah waduk yang sangat luas sehingga pengunjung diberi banyak pilihan area untuk menikmati waduk ini. Ketahui alamatnya dulu, yaitu berada di dalam Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Jika anda sedang berwisata di Kecamatan Pagerwojo, maka jangan sampai lupa mampir ke waduk ini.

Bisa memilih area untuk tamasya sesuka hati, juga bisa memilih di spot yang telah disediakan sebagai fasilitas. Adapun spot yang dimaksud adalah spot untuk menikmati pemandangan Waduk Wonorejo dari ketinggian. Memilih Waduk Wonorejo dalam serangkaian destinasi pariwisata Tulungagung adalah pilihan yang oke.

Air Terjun Alam Kandung

Air Terjun Alam Kandung

Setelah waduk, kita akan membahas beberapa pilihan tempat wisata di Tulungagung yang wujudnya adalah air terjun. Akan ada beberapa air terjun yang jadi opsi, masing-masing menawarkan pengalaman yang berbeda untuk pengunjungnya. Salah satunya adalah Air Terjun Alas Kandung yang berada di area sawah di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung.

Air terjun biasa memiliki area kolam alami di bagian bawahnya, meski tak semua air terjun begitu. Namun area kolam alami yang dimiliki air terjun ini cukup luas dan dengan kedalaman yang berbeda-beda. Ada yang dangkal juga ada yang cukup dalam. Pasti puas bermain air di wisata Tulungagung ini karena airnya berwarna hijau-kebiruan, sangat jernih.

Air Terjun Kedung Tritis

Air Terjun Kedung Tritis

Di wisata alam Tulungagung ini apa yang bisa dinikmati adalah area kolamnya, yaitu sebuah area yang tidak terlalu dalam namun memiliki warna yang menarik dan menggoda. Warnanya adalah hijau-kebiruan, mengilustrasikan warna air yang benar-benar jernih dan akan terasa menyegarkan ketika menempel di kulit.

Air Terjun Kedung Tritis berada di Desa Sukorejo Wetan, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Bisa untuk agenda explore Tulungagung juga bisa langsung datang ke lokasinya. Hati-hati ketika berjalan di atas batuannya, karena untuk skala kawasan air terjun setinggi 10 meter dengan area kolam di bawahnya pastinya bebatuan di sana akan sangat licin.

Air Terjun Parang Kikis

Air Terjun Parang Kikis

Lanjutkan explore Tulugagung dengan datang ke Air Terjun Parang Kikis. Air terjun yang satu ini berada di Desa Gambiran, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Hampir serupa dengan air terjun pada umumnya, air terjun ini ketaknya cukup tersembunyi. Dengan demikian, mau tidak mau pengunjungnya harus berjalan agak jauh dulu dari tempat parkir untuk sampai tepat di bawah air terjunnya.

Apa yang dimiliki Air Terjun Parang Kikis adalah aliran air yang deras, justru membuat hawa di sekitarnya semakin terasa sejuk. Tidak bisa menceburkan badan sebagaimana air terjun yang punya area kolam yang memungkinkan, sebab aliran air yang jatuh di air terjun ini langsung mengalir ke arah lain.

Karenanya, mungkin yang bisa Anda lakukan adalah dengan bermain air saja, bukan menceburkan diri. Satu lagi, di bawah air terjun ini uuga ada bebatuan hitam mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Air Terjun Jurug Tejo

Air Terjun Jurug Tejo

Catat dulu lokasinya karena dengan menyimak pembahasan tentang air terjun ini, Anda akan penasaran dengan kenyataannya. Air Terjun Jurug Tejo berada di Desa Manding, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

Sama seperti air terjun pada umumnya, yang akan dilihat wisatawan adalah terjunan air di antara dua tebing dan areal kolam yang ada di bawahnya untuk menampung air. Kelebihannya adalah warna air yang hijau tosca jernih sehingga sangat bisa menggoda pengunjung untuk masuk ke dalamnya. Tidak terlalu tinggi airnya, malahan cenderung dangkal. Apalagi, tebing di sekitar air terjun ini juga mendukung untuk wisatawan yang ingin mengakses kolamnya.

Candi Sanggrahan

Candi Sanggrahan

Opsi destinasi wisata Tulungagung selanjutnya bertema historikal dan arsitektur, apalagi kalau bukan candi? Candi pertama yang bisa dikunjungi dan akan dibahas adalah Candi Sanggrahan. Alamatnya berada di di Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

Jika Anda tak menemukan Candi Sanggrahan baik di Google Maps atau di petunjuk arah, Anda bisa anggap nama candi ini adalah Candi Cungkup. Sebab memang itulah nama lain dari Candi Sanggrahan. Candi yang digunakan sebagai tempat beribadah umat beragama Budha ini telah dijadikan objek wisata sudah sejak lama. Wisatawan tak perlu bayar tiket masuk.

Candi Dadi

Candi Dadi

Jika Anda masih ingin pariwisata Tulungagung yang wujudnya candi, maka datang saja ke Candi Dadi. Candi Dadi ini berada di Desa Wajak Kidul. Selain hadir sebagai kompleks candi, apa yang akan didapat wisatawan juga berupa pemandangan alam di sekitarnya.

Jika Anda cukup beruntung, maka bisa saja waktu Anda mengunjunginya nanti sedang diadakan sebuah ritual keagamaan yang boleh-boleh saja disaksikan publik. Candi Dadi juga terletak tak jauh dari pusat kota, bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang cari destinasi wisata Tulungagung yang dekat-dekat saja.

Klenteng Tjoe Tik Kiong

Klenteng Tjoe Tik Kiong

Tak ketinggalan pilihan wisata di Tulungagung yang berwujud klenteng. Klenteng boleh jadi merupakan jenis wisata yang ada di hampir seluruh kota, sama halnya dengan yang ada di Tulungagung ini. Ada klenteng yang bernama Klenteng Tjoe Tik Kiong yang alamatnya berada di Jalan Wage Rudolf Supratman Nomor 10, Kelurahan Kampungdalem.

Salah satu daya tarik dari tempat wisata di Jawa Timur ini adalah tadinya ada sebagai pendopo saja. seiring bertambah waktu, klenteng ini semakin megah saja. Membuat orang-orang yang dulu sudah mampir ke klenteng ini menjadi lebih tertarik untuk datang kembali. Klenteng ini mulai dibangun pada abad ke-18.

Sentra Kerajinan Industri Marmer

Sentra Kerajinan Industri Marmer

Oleh-oleh tak selamanya tentang makanan dan minuman, wisatawan yang biasa berkunjung ke Tulungagung sudah paham bahwa kerajinan marmer adalah salah satu oleh-oleh yang disuguhkan. Jadikan ini sebagai inspirasi Anda sebelum meninggalkan Kota Tulungagung.

Datang saja ke tempat wisata di Tulungagung yang berada di Gamping KM 5 Gang 10 Nomor 50 Campur Dradat. Pilihan kerajinan keramik dan marmer yang ada di sana banyak, pasti akan lluasa dalam memilihnya karena banyaknya opsi yang ada ini. Mulai dari yang bentuk binatang hingga marmer yang fungsional, serta mulai dari yang ukurannya kecil sampai yang besar. Pastikan dulu Anda bisa membawanya pulang atau tidak sebelum memilih untuk dibeli.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Trenggalek

Menjadikan Kota Tulungagung sebagai destinasi berlibur adalah ide yang tepat. Terutama untuk Anda yang datang ramai-ramai entah bersama keluarga atau sahabat yang mencari wisata alam. Wisata alam di Tulungagung jelas tak mengecewakan, malahan ada kesempatan untuk explore Tulungagung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *