Tempat Wisata Di Ujung Berung

12 Tempat Wisata Di Ujung Berung Paling Wajib Dikunjungi

Posted on

Kalau berbicara soal tempat wisata di Jawa Barat, maka Bandung menjadi salah satu daerah yang wajib kamu kunjungi. Apalagi daerah Ujung Berung yang sangat terkenal akan pesona alamnya. Terdapat cukup banyak tempat wisata di Ujung Berung yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bandung Timur ini.

Daftar Tempat Wisata di Ujung Berung

Penasaran dengan tempat wisata di Ujung Berung? Simak ulasan berikut ini.

Kampung Wisata Saung Balong Pasir Kunci

Kampung Wisata Saung Balong Pasir Kunci

Tempat wisata pertama adalah Kampung Wisata Saung Balong Pasir Kunci. Lokasinya ada di Jalan Pasir Kunci, Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat, 40616. Pengelolaan tempat wisatanya sangat baik sehingga sangat terjaga, udaranya pun masih terasa sejuk.

Seperti penamaannya yaitu Kampung Wisata, tempat ini memang dibuat dengan konsep perkampungan. Ada beberapa saung dibangun sebagai fasilitas untuk para pengunjung. Di dalam saung tersebut, kamu bisa sejenak menikmati makanan khas sunda. Ada juga saung yang dibuat untuk menampilkan berbagai macam kegiatan atraksi seni tradisional khas sunda. Memang, tiap saungnya memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga kamu tidak akan merasa bosan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Ciwidey

Mulai dari atraksi calung, angklung, bela diri. Semuanya bisa kamu lihat di Kampung Wisata Saung Balong Pasir Kucing. Sementara itu, untuk kolam ikannya, tentu saja difasilitasi untuk para pengunjung agar bisa memancing. Kalau dapat ikan, bisa dibawa pulang.

Nah, kalau kamu datang bersama keluarga sebaiknya sih berkunjung ke area perkebunan di kampung wisata ini. Kamu bisa lihat kebun sayur dan mengetahui urban farming saat ini. Ada juga kolam renang serta pohon buah. Agar aktivitas liburan anak bisa semakin menyenangkan, ajaklah mereka untuk ikut dalam aktivitas menanam pohon strawberry serta beraneka ragam sayuran. Pihak pengelola tempat akan mengajari langsung bagaimana sih cara penanaman sayuran dan buah mulai dari benin. Serta bagaimana cara perawatannya.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata Saung Balong Pasir Kucing? Dijamin kamu tidak akan merasa bosan deh.

Alun-Alun Ujung Berung

Alun-Alun Ujung Berung

Selain alun-alun Kota Bandung yang menjadi icon utama dan titik tengah Bandung. Ada satu alun-alun lain yang dibuat oleh pemerintah Kota Bandung yaitu Alun-Alun Ujung Berung. Fasilitas yang dibuat tidak kalah menarik dengan yang ada di Bandung. Untuk lokasi tepatnya ada di Jalan Cigending, Nomo 3, Cigending, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, 40611.

Fasilitas apa saja sih yang ada di sini?

Pertama, ada jogging track. Yaitu sebuah jalur yang memang secara khusus dibuat untuk masyarakat yang ingin berolahraga. Jalurnya juga sangat nyaman, terbuat dari tanah liat yang dipadatkan. Ukuran lebarnya kurang lebih 3 meter, sehingga sangat leluasa untuk berolahraga.

Kedua, ada fasilitas gazebo. Sebuah saung atau tempat untuk para pengunjung agar bisa beristirahat dengan nyaman tanpa harus kepanasan. Tak jarang pengunjung sengaja membawa bekal makanan dan minuman untuk botram di gazebo tersebut.

Lalu, ada area bermain. Untuk para orang tua yang membawa anak-anak ke Alun-Alun Ujung berung, tidak perlu khawatir kalau anak akan merasa merasa bosan. Sebab di sini sudah ada area bermain khusus. Beberapa fasilitas permainan seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit bisa dinikmati.

Ada pula area pertujunjukan yang dibuat khusus untuk menampilkan berbagai macam kesenian khas Jawa Barat. Serta acara music lainnya guna menghibur warga kota Bandung.

Lokasi Alun-Alun Ujung Berung terbilang strategis. Sehingga kalau kamu membawa kendaraan pribadi akan lebih bagus dan memudahkan. Atau kalau ingin menyewa kendaraan online pun sangat bisa sekali. Beberapa bus juga kerap berhenti di Kawasan Alun-Alun Ujung Berung ini.

Manglayang Jungle Place

Manglayang Jungle Place

Lanjut, wisata di Ujung Berung Bandung Timur selanjutnya adalah Manglayang Jungle Place. Pernah mendengar nama tempat wisata ini? Kalau belum, tidak apa-apa. Sebab sekarang kita akan membahasnya.

Lokasinya ada di Jalan Cilengkrang 1, Kp Cigupakan, Rw 03, Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Jawa Barat 40617.

Suasana alam tempat wisata ini terbilang masih asri dan banyak pepohonan sebab berada di dataran tinggi. Udaranya pun terasa sangat menyegarkan. Di sini terdapat beraneka ragam fasilitas permainan menyenangkan terutama untuk anak-anak. Beberapa permainan seperti perosotan, ayuna, waterboom mini, kolam renang, ATV dan banyak lagi.

Tidak hanya sampai disitu saja. Kalau pengunjung ingin melakukan aktivitas outbound dan menguji adrenaline bisa coba bermain flying fox, paintball, lompatan ban, dan aktivitas outbound lain yang masih tak kalah menantangnya.

Di samping itu, untuk fasilitas umum pun kamu tak perlu khawatir. Seperti mushola, toilet, tempat makan sudah ada di area wisata. Sehingga pengunjung tak perlu repot mencarinya ke luar area wisata.

Bagi kamu yang ingin bermalam di Manglayang Jungle Place pun tak perlu khawatir. Sebab sudah disediakan camping ground alias tempat yang memang khusus disediakan untuk kamu yang ingin berkemah.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Manglayang Jungle Place? Kalau iya, kamu bisa menyiapkan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah untuk orang dewasa. 5 ribu rupiah untuk anak-anak. Sementara anak di bawah umur 2 tahun masih gratis. Bila kamu ingin menikmati fasilitas kolam renang, maka akan ada biaya tambahan sebesar 10 ribu rupiah dan bila ingin menyewa ATV pun harus membayar 10 ribu rupiah juga.

Ya, biaya yang dibayarkan terbilang murah kok. Apalagi dengan banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Manglayang Jungle Place. Dijamin kamu tidak akan merasa bosan berlibur ke sini.

Wisata Batu Kuda

Wisata Batu Kuda

Wisata Ujung Berung Batu Kuda, berlokasi di Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40625. Wisata alam di Bandung Timur yang menyuguhkan pesona alam yang asri serta udara menyegarkan. Banyak wisatawan yang menjadikan Batu Kuda sebagai tempat berkemah. Pengunjung tidak perlu kesulitan melewati berbagai tanjakan atau turunan sebab area kemahnya bisa dijangkau menggunakan kendaraan. Area parkirnya pun memang tidak jauh dari perkemahan.

Kamu pun tak perlu takut tidak akan kebagian tempat sebab area kemahnya terbilang cukup luas. Pemandangan pohon pinus yang menjulang, semakin membawa aktivitas camping mu menyenangkan. Suasananya benar-benar sejuk, kamu bisa sejenak memanjakan paru-paru mu.

Karena semakin malam akan semakin dingin maka dianjurkan agar kamu bisa membawa jaket, sarung tangan dan sleeping bag. Sementara itu, bila kamu tidak punya peralatan dan perlengkapan camping, tak perlu khawatir. Sebab di sini juga sudah ada tempat penyewaan nya. Ada juga warung makan berjejer, bisa menjadi solusi saat kamu merasa lapar. Lalu untuk toilet dan mushola pun bisa kamu gunakan dengan nyaman.

Sekilas mengenai Sejarah wisata Batu Kuda. Ini adalah peninggalan agama Pra Islam. Di mana seekor kuda merupakan tunggangan Prabu Layang Kusuma dan juga Permaisuri Ratu Layang Sari. Saat kuda terperosok ke dalam sebuah lumpur, ia sulit keluar dan hanya separuh badannya saja yang terlihat. Lama kelamaan kuda tersebut berubah menjadi batu.

Tertarik untuk berkunjung ke Wisata Batu Kuda? Yuk, langsung direncanakan saja kapan kamu akan berlibur ke sini.

Pondok Wisata

Pondok Wisata Ujung Berung, berlokasi di Cipaganti Graha II Blok E, Nomor 7 Ujung Berung, Cigending, Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat 40611. Tempat ini memang beda di komplek dan dikelola oleh perorangan. Namun bagi kamu yang ingin melakukan family gathering, tempat ini cocok dijadikan sebagai pilihanmu.

Paniisan Cippo Kolam Air Alam

Paniisan Cippo Kolam Air Alam

Paniisan Cippo Kolam Air Alam biasanya menjadi pilihan warga sekitar saat ingin berenang. Lokasinya ada di Jalan Ciporeat, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat 40617. Tempatnya dikelola dengan sangat baik sehingga kebersihannya pun terjaga. Pengunjung bisa berenang dengan sangat nyaman.

Uniknya, saat berenang, kamu bisa sembari menikmati suasana alam. Sebab pemandangan sekelilingnya memang pepohonan. Ada pula beberapa tenda yang dibuat khusus untuk pengunjung.

Wisata Kebun Kina Bukit Tunggul

 

Wisata Ujung Berung Kebun Kina Bukit Tunggul. Berlokasi di Jalan Bukit Tunggul, Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat. Merupakan sebuah tempat wisata alam khususnya untuk area perkebunan kina.

Tempat wisata Ujung Berung ini akan menyuguhkan pesona alam yang asri, ada pula curug yang berada di Kawasan tersebut. Kamu dapat menikmati kesegaran air nya. Udara yang sejuk pun semakin melengkapi perjalanan wisata alammu. Nah, untuk air terjun curugnya sendiri bernama Curug Sangkur. Bila kamu terus menjelajah ke dalam, kamu akan menemukan sebuah danau atau setu yang dinamakan Situ Sangkuriang. Sebenarnya, danau ini adalah danau buatan. Konon Sangkurian pernah mencuci tangan di danau ini.

Bila kamu ingin menginap, kamu bisa mendirikan tenda di area camping ground yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk membawa peralatan dan perlengkapan kemah. Bawa juga makanan dan minuman secukupnya. Karena kondisi saat malam akan dingin, sangat disarankan untuk membawa jaket ya. Kalau perlu bawa sleeping, dijamin kamu akan membutuhkannya. Terakhir, kamu harus menjaga lingkungan. Jangan meninggalkan apa-apa, kecuali kenangan.

Oray Tapa

Oray Tapa

Oray Tapa, berlokasi di Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sebuah tempat wisata alam yang mana tanamannya didominasi oleh Pohon Pinus serta Cemara. Luasnya kurang lebih 5 hektara dan berada di atas ketinggian 700 Mdpl. Saat datang ke Oray Tapa, kita akan melihat keindahan alam yang kurang lebih sama seperti di The Lodge Maribaya, atau wisata hutan pinus lainnya.

Objek wisata ini berada di Gunung Manglayang. Dimana keindahan dari Gunungnya tak kalah menarik dibandingkan Gunung Tangkuban Perahu. Tak heran bila wisatawan menjadikan Oray Tapa sebagai pilihan tempat untuk berkemah.

Ada juga para pesepeda yang sengaja berkunjung ke Oray Tapa menggunakan sepeda. Menjajal medan yang menanjak tentunya akan semakin menambah keseruan dan menguji adrenaline. Ada pula yang menjelajah menggunakan motor cross, jalur di Gunung Manglayang memang menjadi salah satu yang tervaforit. Tak heran para penikmat motor trail tiap pekannya ada saja yang datang.

Tidak hanya motor. Kamu pun bisa melakukan offroad menggunakan mobil jeep. Aktivitas yang tak kalah menguji adrenaline juga. Sekedar informasi, kalau jalur menuju Oray Tapa Gunung Manglayang memang terbilang sulit. Namun masih bisa dilalui. Sehingga kamu harus ekstra berhati-hati ya.

Bukit Cupu Manik Panyawangan

Bukit Cupu Manik Panyawangan

Selanjutnya adalah Bukit Cupumanik. Di Bukit ini kamu dapat melihat pemandangan kota Bandung dengan sangat jelas. Saat malam hari, pemandangan city light akan menambah kesan romantis. Biasanya orang-orang berkunjung ke sini untuk sekedar berolahraga dan menikmati pemandangan saja.

Beberapa komunitas termasuk anggota pramuka, biasanya ada saja yang menggelar acara di Bukit Cupu Manik Panyawangan. Ini memang karena tempatnya sangatlah mendukung. Sementara itu, untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, 40616.

Bagi kamu yang memang ingin menggelar kegiatan di Bukit Cupu Manik Panyawangan, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu pada warga sekitar ya. Apalagi kalau kamu memang memutuskan untuk berkemah. Sebab lokasi perbukitannya memang tidak terlalu jauh dari kawasan hunian warga. Jadi, agar tidak terjadi masalah akan lebih baik kamu sudah mengantongi izin dari warga, khususnya RT RW lokasi tersebut.

Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang, sebuah tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam asri serta udara yang sejuk. Ada juga sebuah kolam air terjun Curug Cilengkrang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Sebenarnya sih untuk air terjunnya sendiri tidak terlalu besar sebab warga sekitar sudah memanfaatkan sumber air tersebut untuk kebutuhan harian. Biarpun begitu, kita masih bisa menikmati kesegaran air yang tertampung di dalam kolam curugnya.

Suasana sekelilingnya terasa sangat nyaman. Dikelilingi oleh pepohonan pinus yang menjulang. Bila kamu membawa kamera, tentu saja hal yang harus kamu lakukan adalah mengabadikan momen saat berada di Curug Cilengkrang. Akses untuk menuju lokasi pun terbilang sudah cukup bagus. Wisatawan dengan mudah bisa melalui jalur yang menuju ke Curug Cilengkrang. Bahkan tiket masuknya pun terbilang murah, tidak sampai 10 ribu rupiah. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk berkunjung ke Cilengkrang.

Taman Cigending

Taman Cigending

Wisata Ujung Berung Taman Cigending berlokasi di Cigending, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat 40611. Tempat ini adalah taman wisata yang biasa dikunjungi oleh warga sekitar yang tinggal di Ujung Berung. Sangat cocok bila membawa anak-anak ke sini sebab berbagai macam fasilitas permainan sudah disediakan. Seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan banyak lagi. Biasanya juga terdapat penjual makanan di sekitar Taman Cigending, cocok untuk kamu yang ingin melakukan wisata kuline versi murah di Bandung Timur.

Wisata Kampung Hejo Marsi

Wisata Kampung Hejo MarsiPaniisan Cippo Kolam Air Alam

Wisata Ujung Berung Kampung Hejo Marsi, berlokasi di Pasirjati, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, 40616. Sebuah kampung wisata yang bernuansa alam dan dikelola dengan sangat baik. Menyuguhkan pemandangan alam serta fasilitas umum yang nyaman. Cocok sekali dijadikan sebagai tempat wisata keluarga apalagi dengan anak-anak.Berbagai macam tanaman tumbuh dengan rimbun. Ada juga kolam pemancingan yang bisa kamu gunakan untuk memancing.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Depok

Itulah 12 tempat wisata di Ujung Berung paling wajib dikunjungi. Selain di Kawasan Bandung Timur, tentunya wilayah Bandung lain juga memiliki wisata alam yang menarik. Sehingga sangat disarankan kalau kamu sedang berlibur ke Bandung, jangan terburu-buru. Sebab banyak sekali tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Dijamin kamu tidak akan rugi. Rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan alam kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *