Tempat Wisata di Waropen

8 Tempat Wisata Di Waropen Bernuansa Alam Paling Keren

Posted on

Kombinasi antara keindahan alam dan kebudayaan, itulah pesona yang disuguhkan oleh Waropen, Papua. Bila membandingkan dengan tempat wisata di Papua Raja Ampat, nama Waropen memang tak begitu populer. Sebab jarak Waropen terbilang cukup jauh dari Kawasan perkotaan.

Tak heran bila banyak wisatawan yang pastinya akan berpikir ulang untuk memutuskan menjelajahi Kawasan tersebut atau tidak. Nah, karena masih jarang wisatawan yang berkunjung akhirnya membuat banyak tempat wisata di Waropen yang masih belum terjamah oleh tangan manusia. Pengelolaannya pun belum begitu maksimal.

Tempat Wisata di Waropen

Biarpun sedikit terlupakan karena kendala jarak, namun bagi yang menyukai adventure berkunjung ke Kawasan ini sangatlah direkomendasikan. Apalagi kalau senang dengan nuansa alam yang masih terjaga keasliannya. Kamu benar-benar akan dimanjakan! Soal jarak pun mungkin tak akan jadi penghambat.

Nah untuk para traveler yang punya jiwa petualang tinggi, berikut ini adalah 8 wisata Waropen yang paling direkomendasikan dan wajib dijelajahi!

Pulau Nau

Pulau Nau

Sebuah kepulauan kecil yang berada di Kawasan Papua, menjadi lokasi wisata unggulan karena keindahan yang disuguhkan. Suasana pesisir yang khas akan menghipnotis siapapun yang berada di sini.

Hamparan pasir putih yang bersih, akan terasa kehalusannya saat kita bertelanjang kaki dan berjalan diatasnya. Alam bawah laut Pulau Nau pun tak luput dari perhatian. Berbagai macam spesies ikan, terumbu karang serang biota laut lainnya bisa kamu lihat dengan jelas saat melakukan diving atau snorkeling.

Baca Juga: Wisata Supiori

Pada momen tertentu, bila beruntung wisatawan bisa menjumpai sekelompok lumba-lumba yang tengah bermain, berenang kesana-kemari tak jauh dari bibir pantai.

Di samping keindahan alam Pulau Nau, saat berada di sini wisatawan pun akan diajak untuk melakukan wisata religi. Khususnya untuk umat kristiani, ada sebuah Patung Yesus Kristus yang tingginya mencapai 25 meter.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Pulau Nau? Satu-satunya transportasi yang tersedia dan bisa digunakan adalah speedboat. Kamu harus melakukan perjalanan mulai dari dermaga Waropen sampai ke Pulau Nau. Waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam.

Pantai Batu Zaman

Pantai Batu Zaman

Masih berkaitan dengan wisata pesisir, kali ini wisatawan akan diajak berkunjung ke Pantai Batu Zaman. Alasan mengapa dinamakan Batu Zaman karena terdapat bebatuan dengan ukuran besar, konon sudah ada sejak zaman Megalitikum. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, batu tersebut pun memiliki nilai mistis tersendiri.

Berbeda dengan pantai sebelumnya yang memiliki pasir berwarna putih. Hamparan pasir di sini berwarna hitam legam, menyuguhkan kesan eksotis sebab selaras dengan bebatuan yang ada di Kawasan Pantai Batu Zaman.

Sata berkunjung ke sini, sebaiknya jangan buru-buru pulang ya sebab ada pemandangan indah yang wajib kamu saksikan yakni saat matahari terbenam. Warna langit yang tadinya berwarna biru cerah lambat laun akan berubah menjadi orange. Bayangan-bayangan pun berubah menjadi siluet yang sempurna. Suasana semakin romantis ditemani suara ombak yang begitu tenang.

Pantai Ronggaiwa

Pantai Ronggaiwa

Kebanyakan tempat wisata di Kabupaten Waropen memang bertemakan pesisir. So, kamu mungkin akan dibuat bingung mau memiliki pantai mana dulu yang akan dikunjungi. Pantai selanjutnya yang bisa coba dipertimbangan adalah Ronggaiwa. Lokasinya berada di Kampung Ronggaiwa, Distrik Urei Faisei.

Bagi masyarakat Waropen pantai ini sudah tak asing lagi dan memang kerap dijadikan sebagai pilihan tempat liburan dikala penat.

Pantai Saraf Ambai

Pantai Saraf Ambai

Pantai Saraf Ambai ini sudah ada sejak lama namun untuk dijadikan sebagai tempat wisata umum masih terbilang baru yakni disahkan pada tahun 2015. Fasilitas-fasilitas yang ada pun masih proses perbaikan. Sehingga dari waktu ke waktu Pantai Saraf Ambai mampu menampakkan pesonanya serta berbagai fasilitas yang mendukung.

Hamparan pasir hitam legam sangat eksotis dipadukan dengan suasana pantai yang khas. Kamu bisa melihat pemandangan hamparan laut luas berwarna hijau tosca, ditemani suara ombak yang begitu alami.

Telaga Sarawandori

Telaga Sarawandori

Telaga Sarawandori, letaknya cukup tersembunyi, berada di hutan belantara. Membuat keindahan tempat wisata ini masih sangat alami dan terjaga. Sesuatu yang menarik bisa kamu jumpai saat berkunjung ke sini adalah keberadaan airnya yakni perpaduan antara air laut asin dan air tawar. Unik kan? Hal tersebut dipengaruhi karena letak telaga yang berbatasan langsung dengan laut.

Bagi siapapun yang berkunjung ke sini dijamin akan merasa betah dan malas pulang. Apalagi bila kamu menyukai nuansa alam yang begitu kental dan jiwa petualang mu sangat tinggi. Sebab sekeliling telaga masih dibatasi oleh hutan rimba, kesejukan udaranya sangat terasa.

Namun tentunya, sebelum datang ke Telaga Sarawandori kamu harus mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan serta makanan dan minuman secukupnya. Gunakan juga outfit yang mendukung untuk beraktivitas outdoor sebab nantinya kamu harus trekking menjelajahi hutan untuk benar-benar sampai di Telaganya.

Pulau Yerui

Pulau Yerui

Pulau Yerui merupakan tempat wisata selanjutnya yang sudah dikenal sejak lama. Bahkan tiap tahunnya ada saja turi asing yang berkunjung ke Yerui untuk berlibur. Meskipun saat tahun 2020 pengunjungnya menurun karena pandemic, ini bisa dimaklumi.

Daya tarik dari Pulau Yerui sudah jelas pemandangan alam serta alam bawah lautnya yang keren abis. Kamu bisa coba diving atau snorkeling untuk melihat bagaimana kondisi bawah laut dengan jelas. Berbagai macam spesies ikan serta terumbu karang bisa kamu jumpai di perairan Yerui.

Pantai Cina Tua

Pantai Cina Tua

Next, ada Pantai CIta Tua yang berlokasi di Kampung Cina, Serui, Waropen, Papua. Di samping menikmati keindahan alam pantai yang khas, saat berkunjung ke sini wisatawan akan menemukan keunikan.

Dimana masyarakat yang datang rata-rata adalah keturunan Tionghoa. Ini dipengaruhi karena sekitar tahun 1920 masyarakat Tionghoa lah yang pertama kali masuk ke Kota Serui. Tak heran bila ada beberapa bangunan kuno yang begitu kental dengan nuansa Tionghoanya.

Pantai Mariadei

Pantai Mariadei

Dan wisata yang terakhir adalah Pantai yang sudah sangat populer, apalagi di kalangan wisatawan local yakni Pantai Mariadei. Saat akhir pekan ada banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk liburan. Beberapa pedagang pun memanfaatkan hal tersebut untuk berdagang. Semakin banyak pengunjung tentu akan semakin berdampak pada pertumbuhan ekonomi local.

Baca Juga: Wisata Pegunungan Bintang

Berbagai aktivitas pantai menyenangkan bisa dilakukan selagi berada di Maridei. Mulai dari berjemur, menyusuri garis pantai, berenang hingga snorkeling atau diving.

Nah, ada sedikit tips bagi wisatawan yang ingin menyelam, sebaiknya membawa perlengkapan sendiri ya. Apalagi dalam kondisi pandemic seperti ini, menggunakan barang pribadi terbilang lebih aman dibandingkan harus sewa.

Itulah 8 tempat wisata di Waropen bertemakan alam paling keren dan wajib kamu kunjungi. Bagi para penikmat pantai yang sedang butuh vitamin sea, datang ke sini saat sedang penat benar-benar akan sangat dimanjakan sekali. So, kapan nih mau menjelajahi Waropen?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *