Tempat Wisata Di Wonogiri

10 Tempat Wisata Di Wonogiri Paling Direkomendasikan

Posted on

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten yang berlokasi di Jawa Tengah. Bila dilihat secara geografis kabupaten ini berada di bagian Tenggara provinsi Jawa Tengah. Sama hal nya dengan Kawasan lain, tempat wisata di Wonogiri juga banyak yang sangat direkomendasikan.

Daftar Tempat Wisata di Wonogiri

Tempat wisata di Jawa Tengah memang sangat kental dengan sejarah dan nilai mistisnya sehingga tak heran bila beberapa tempat wisata kerap memiliki ceritanya tersendiri dan itu malah jadi daya tariknya. Ada pula wisata alam yang menyajikan pemandangan alami dan indah. Nah, artikel ini akan membahas mengenai 10 tempat wisata di Wonogiri paling direkomendasikan karena pemandangan alamnya. Simak yuk!

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur adalah ikon utama dari kabupaten Wonogiri. Membentang seluas 8.800 hektar yang mencakup pada 7 kecamatan; Wonogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi, Bulurejo, Giriwoyo, Eromoko dan juga Wuryantoro. Lokasinya berada kurang lebih 6 km bila dari arah selatan Kota Wonogiri.

Biasanya saat kamu melakukan perjalanan dari Wonogiri ke Pracimantoro atau Baturetno, kamu dapat melihat pemandangan Waduk Gajah Mungkur dengan sangat jelas. Keberadaan waduh ini juga memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Pertama untuk mengendalikan banjir, untuk mengairi lahan pertanian, untuk perikanan hingga dijadikan sebagai potensi wisata.

Sekilas mengenai sejarah Waduk Gajah Mungkur. Pembangunannya sudah dimulai dari tahun 1976 dengan menenggelamkan pemukiman warga. Dimana 7 kecamatan terpaksa harus beralih tempat tinggal.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Dieng

Di saat musim kemarau, debit air waduknya akan semakin berkurang. Sehingga kerap membuat bekas pemukiman warga terdahulu terlihat. Wisatawan kerap menelusuri jejak sejarah peninggalan masa lalu. Dari mulai jembatan, sumur sampai dengan fondasi sebuah bangunan menjadi bukti bahwa dulu pernah ada kehidupan di wisata Wonogiri Waduk Gajah Mungkur.

Telaga Claket

Telaga Claket

Telaga Claket merupakan wisata di Wonogiri yang berlokasi di Jalan Claket, Jalan Ngawen, Keblokan, Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasinya pun tak jauh dari Bendungan Colo dan bila dari Solo bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 60 meter.

Wisata ini mulai populer sejak banyak wisatawan yang berkunjung menyamakannya dengan Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru. Ini karena memang Telaga Claket begitu indah sehingga bisa sangat memanjakan mata, udara sekitarnya pun terasa menyegarkan.

Berada tepat di bawah kaki perbukitan dan membentang kurang lebih 1 hektar. Menjadikan Telaga Claket sebagai perairan yang tenang, beberapa wisatawan kerap memanfaatkan suasana di Telaga untuk rehat sejenak. Selain itu, tak hanya menjadi wisata air saja. Di sekitar lokasi wisata terdapat sebuah peternakan kambing dan kolam yang dimanfaatkan untuk budidaya ikan lele.

Beberapa spot foto pun sangat rugi bila kamu lewati. Objek foto pemandangan bukit hijau pun tentu akan sangat menarik, kamu bisa berfoto layaknya selebgram. Jangan lupa untuk membagikan foto mu di sosial media dan memberi tahu pada followersmu kalau kamu sedang berada di Telaga Claket. Dengan begitu, potensi wisata ini akan semakin terkenal.

Sebuah gazebo dibangun untuk wisatawan. Membuat liburan di telaga ini semakin nyaman. Yuk sempatkan untuk berkunjung ke Telaga Claket!

Puncak Gantole – Puncak Joglo – Wonogiri

Puncak Gantole - Puncak Joglo – Wonogiri

Puncak Gantole atau Puncak Joglo merupakan obyek wisata Wonogiri yang memberikan suguhan nuansa alam menyegarkan. Lokasinya ada di Selopukang, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat Latihan paralayang TNI Angkatan Udara Lanud Adi Sumarmo. Berbagai kejuaraan nasional rutin diadakan tiap tahunnya. Mulai dari paragliding, paralayang, hingga gantole.

Kalau kamu mau, tidak hanya bisa menonton kejuaraan yang digelar saja. Kamu pun dapat mencoba olahraga menantang tersebut. Kamu dapat menguji adrenalin dengan melayang di udara menggunakan paralayang. Namun dengan catatan kamu harus sudah membuat reservasi terlebih dahulu ya.

Bila awalnya tempat ini hanya dikelola oleh pihak TNI namun seiring dengan perkembangan tempat wisatanya, Kawasan Puncak Gantole atau Puncak Joglo mulai dikelola oleh badan usaha milik desa. Berbagai spot foto menarik pun sudah dibuat sebagai fasilitas untuk para pengunjung. Ada pula beberapa gazebo untuk tempat beristirahat dan menikmati suasana sekitar.

Karena letaknya berada di ketinggian 650 Mdpl maka dari atas puncak Joglo kamu dapat melihat dengan jelas pemandangan Waduk Gajah Mungkur. Jadi, biarpun belum sempat datang ke waduknya, setidaknya kamu dapat melihat pemandangan Waduk tersebut. Selain itu, karena posisis puncak Joglo berada di sebelah barat sehingga cocok sekali untuk melihat pemandangan matahari terbit.

Watu Cenik Wonogiri

Watu Cenik Wonogiri

Masih dengan nuansa alamnya, Watu Cenik merupakan Wonogiri Wisata yang berlokasi di Sendang, Kecamatan atau Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Merupakan sebuah tempat wisata yang akan menyuguhkan panorama alam perbukitan seribu. Selain itu, pemandangan Waduk Gajah Mungkur pun bisa kamu lihat jelas dari Watu Cenik, tepatnya di ketinggian 320 Mdpl.

Lokasi wisatanya juga ada di area landasan Gantole 1 Desa Sendang. Nama Watu Cenik memiliki arti sendiri dimana Watu artinya Batu dan Cenik artinya Kecil. Dimana ada sebuah batu yang memiliki ukuran diameter kurang lebih 1.5 meter.

Berbagai spot foto memberikan daya tarik tersendiri untuk Watu Cenik Wonogiri. Salah satunya adalah spot balon udara, menjadi spot paling instagramable. Beberapa orang kerap berfoto layaknya selebgram agar bisa mengabadikan momen saat berada di Watu Cenik.

Ada pula sebuah path walk atau jalan setapak dengan alas kayu. Biasanya dijadikan sebagai tempat untuk menikmati semilir angin perbukitan, pemandangan alamnya, hingga saat sore hari menjelang malam pemandangan matahari terbenam menjadi hal yang bisa dinikmati juga.

Di samping itu untuk fasilitas umum yang ada di Watu Cenik pun sudah cukup dikelola dengan baik. Seperti toilet, area parkir, mushola, hingga beberapa warung yang menjajakan kuliner khas setempat pun bisa kamu temui.

Nah, untuk harga tiket masuknya sendiri hanya 5 ribu rupiah saja dan jam bukanya sudah buka dari pagi sekali yaitu dari pukul 4 pagi sampai 19.00 malam. Jadi kalau ingin menikmati matahari terbit, bisa datang lebih pagi. Sementara bila ingin menikmati matahari terbenam bisa datang saat sore hari.

Alun-Alun Giri Krida Bakti

Alun-Alun Giri Krida Bakti

Tempat wisata di Wonogiri, Alun-Alun Giri Krida Bakti berlokasi di Jalan Kh. Ahmad Dahlan, Sanggrahan, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Biasa dijadikan sebagai tempat wisata keluarga atau masyarakat setempat yang sekedar ingin berolahraga. Terdapat lapangan yang luas, menjadi fasilitas umum yang memang bisa dinikmati oleh siapa saja. Saat malam hari, lampu-lampu menyala memberikan suasana yang berbeda dan lebih romantic. Di sekitar alun-alun juga terdapat pedagang kaki lima yang menjajakan jualan makanan. Kamu bisa berwisata kuliner dengan harga yang lebih murah.

Gantole Bawah (Menara Filter)

Gantole Bawah (Menara Filter)

Gantole Bawah atau Menara Filter berlokasi di Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Merupakan sebuah tempat wisata wonogiri yang mengarah langsung ke Waduk Gajah Mungkur. Sehingga kalau kamu tak sempat untuk datang ke waduk tersebut, kamu masih bisa melihat pemandangannya.

Selain itu, destinasi wisata Wonogiri ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Beberapa spot foto menarik sudah disiapkan untuk wisatawan yang ingin berburu foto yang instagramable.

Menara Pandang Soko Gunung 1

Menara Pandang Soko Gunung

Menara Pandang Soko Gunung 1 berlokasi di Sokogunung, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Kawasan wisata Bukit Gantole. Untuk bisa sampai di Menara Pandang Soko Gunung 1, dari parkiran kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu. Melewati jalan tanah yang sudah dibuat menyerupai tangga sehingga sangat memudahkan wisatawan yang ingin sampai ke puncak.

Kamu akan disambut dengan pepohonan hijau yang tumbuh dengan rimbun. Sesampainya di puncak pun, pemandangan hijau yang membentang akan semakin memanjakan mata. Memang, ketinggian adalah tempat paling pas untuk menikmati suasana alam.

Bila tertarik untuk berkunjung ke Menara Pandang Soko Gunung 1, kamu hanya perlu membayar biaya 2 ribu rupiah saja. Namun tentunya harga sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung pihak pengelola wisata.

Desa Wisata Soko Gunung

Desa Wisata Soko Gunung

Desa wisata Soko Gunung merupakan tempat wisata di Wonogiri yang terletak di Kelurahan Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai wisata Soko Gunung 1, dimana wisata tersebut juga memang termasuk dalam Kawasan Wisata Soko Gunung.

Sehingga sudah bisa dipastikan kalau suasana alam di desa Wisata Soko Gunung bisa kamu nikmati. Ada pula beberapa spot foto menarik yang sangat rugi bila tidak kamu dokumentasikan. Misalnya saja sebuah papan injak berbentuk love yang mengarah langsung ke arah pemandangan Wonogiri. Kamu dapat berfoto di papan tersebut dengan latar pemandangan alam yang sangat indah.

Air Terjun Kalimas

Air Terjun Kalimas

Ingin menikmati wisata air terjun di Wonogiri? Kamu bisa coba rencanakan untuk berkunjung ke Air Terjun Kalimas yang berlokasi di Dungsono, Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasinya juga tak terlalu jauh dari pusat kota Wonogiri. Kamu bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 menit saja.

Ada alasan mengapa dinamakan air terjun kalimas. Sebab air terjun ini tak pernah kering. Di sepanjang sungainya terdapat mata air alami yang sedikit keruh sebab dari bagia hulunya terdapat air yang yang juga masuk ke dalam sungai.

Beberapa wisawatan kerap mencurahkan hobi bersepedanya di Kawasan air terjun Kalimas. Sebab perjalanan menuju Kalimas memang akan melewati alam yang ditumbuhi pepohonan. Terbilang alami dan cocok untuk kamu yang menyukai tempat wisata bernuansa alam.

Biarpun terbilang baru dibuka untuk umum. Namun pengelolaan tempat wisatanya terus dilakukan agar bisa semakin membuat nyaman para pengunjung yang datang. Kamu juga bisa sekali datang ke tempat ini. Kalau membawa kendaraan pribadi tinggal cek di google maps yang dimana lokasi tepatnya agar tidak tersesat.

Hutan Pinus Bukit Suwondo

Hutan Pinus Bukit Suwondo

Ingin menikmati suasana alam yang ditumbuhi dengan pepohonan pinus menjulang? Kamu bisa datang ke Hutan Pinus Bukit Suwondo yang berlokasi di Tempurharjo, Gumiwang Lor, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Hutan pinus ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi khususnya saat liburan oleh wisatawan lokal. Sekedar menikmati suasana alam dan berburu foto-foto yang instagramable. Para pesepeda pun kerap menjelajahi Kawasan hutan dengan menggunakan sepeda, tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Tak jarang juga ada pasangan yang melakukan prewedding di Kawasan hutan pinusnya.

Beberapa tempat duduk telah dibuat sebagai fasilitas sederhana untuk wisatawan. Bila kamu mau, kamu bisa membawa hammock dan menggantungnya di antara dua pohon. Kamu bisa tidur di atas hammock sembari melihat pemandangan hutan pinus dan merasakan udaranya yang segar. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk rehat sejenak di sela-sela aktivitas harian mu.

Sinar matahari mengintip di sela pepohonan, biarpun terik namun tak akan terasa panas dan menyengat sebab ada pohon-pohon yang melindungi. Suara jangkik dan binatang lain semakin menyempurnakan keberadaanmu yang sedang berada di tengah hutan pinus.

Untuk bisa masuk ke Kawasan hutan pinus, kamu perlu membayar biaya tiket parkir dan tiket masuk yang tidak terlalu mahal. Bahkan tidak sampai 10 ribu rupiah. Sehingga kamu tidak akan merasa rugi datang ke Hutan Pinus Bukit Suwondo ini. Dengan harga murah sudah bisa menikmati pemandangan indah.

Air Terjun Melati

Air Terjun Kalimas

Air terjun Melati merupakan salah satu tempat wisata di Wonogiri yang kerap ramai dikunjungi apalagi saat musim hujan. Lokasinya berada di Dusun Melati, Keloran, Selogiri. Rata-rata wisatawan yang sering berkunjung adalah anak muda. Air terjun melati mempunyai keunikan yang menjadi daya tariknya tersendiri. Dimana terdapat 9 air terjun dalam satu tempat.

Kesembilan air terjun tersebut diantaranya Banyu Anjlog, Dedung Dandang, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Kedung Ringin, Keduang Grajakan, Kedung Padusan dan juga Kedung Kali Telu.

Agar bisa masuk ke lokasi air terjun yang pertama, kamu harus berjalan melewati pematang sawah dan jalan setapak yang sedikit menanjak. Untuk jaraknya sendiri, dari pemukiman warga hingga lokasinya berjarak 1 km. Sementara untuk bisa sampai di air terjun selanjutnya, kamu harus kembali melewati jalan setapak namun kali ini lebih terjal. Kawasannya terbilang masih sangat alami. Bahkan untuk infrastruktur jalannya untuk bisa menuju lokasi tersebut masih berbentuk jalan tanah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Temanggung

Sedikit tips saat kamu hendak berlibur ke wisata alam. Bila tempat tersebut belum dikelola dengan sangat sederhana, kamu tak bisa mengharapkan fasilitas yang premium. Artinya kamu harus mempersiapkan diri mulai dari fisik, alas kaki yang digunakan sebaiknya menggunakan sepatu apalagi kalau kamu diharuskan berjalan kaki terlebih dahulu sebelum sampai di tempat wisata utama. Kamu juga sebaiknya membawa uang secukupnya, selain untuk tiket masuk, tentu untuk perbekalan selama dalam perjalanan. Bila dibutuhkan bawa makanan dan minuman secukupnya, namun jangan sampai membuang sampah bekas makanan dan minuman di area wisata ya.

Beberapa tempat wisata juga ada yang dengan mudah dilalui dengan kendaraan namun tak jarang juga cukup sulit sebab jalan yang harus dilalui cukup menantang. Sehingga kalau memang kamu membawa kendaraan pribadi, pastikan kalau kendaraan dalam kondisi prima. Sehingga nantinya kamu bisa lebih tenang saat melakukan perjalanan liburan.

Oke traveller, itulah 10 tempat wisata di Wonogiri paling direkomendasikan karena nuansa alamnya yang sangat kental. Selain dari 10 tempat di atas, tentu masih banyak wisata wonogiri yang harus kamu eksplore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *