Tempat Wisata di Wonosari

10 Tempat Wisata di Wonosari yang Wajib Sekali Dikunjungi

Posted on

Apakah kamu sedang berencana untuk liburan ke Jogja dan mencari wisata Jogja yang hits? Bila iya, sebaiknya kamu kunjungi daerah Wonosari. Salah satu daerah yang berada di Jogja ini memiliki cukup banyak tempat wisata yang instagramable dan bernuansa alam.

Tempat Wisata Wonosari Gunung Kidul Jogja

Nah, tanpa berlama-lama mending langsung simak saja yu 10 tempat wisata di Wonosari yang Hits dan Instagramable berikut ini!

Goa Jomblang

Goa Jomblang Wonosari

Wisata wonosari yang pertama adalah goa Jomblang yang merupakan salah satu goa dari ratusan goa yang berada di Wonosari. Goa ini sangat terkenal karena keunikan serta keindahan alamnya.

Jomblang sendiri termasuk dalam jenis goa vertikal dengan tipe collapse doline. Terbentuk karena proses geologi yaitu tanah yang ambles dengan vegetasi di atasnya ke dasar bumi. Ini sudah terjadi ribuan tahun lalu. Reruntuhan tersebut akhirnya membentuk sinkhole atau disebut juga sumuran, kalau dalam Bahasa Jawa dikenal dengan istilah Luweng.

Di dalam Goa Jomblang, kita akan melewati mulut goa dengan kedalaman sekitar 50 meter. Inilah tujuan utama para wisatawan yang datang ke sini. Bagi kamu yang memang tertarik caving di Jomblang sangat diwajibkan menggunakan peralatan dan perlengkapan khusus untuk caving. Selain itu juga harus didampingi oleh penelusur goa yang sudah berpengalaman dan mengenal tempat tersebut.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sleman

Beberapa perlengkapan yang harus digunakan diantaranya sepatu boot, helm dan headlamp karena di dalam goa cukup gelap. Kamu juga akan dipasangkan SRT set pada tubuh.

Bila sudah sampai di bibir goa, wisatawan akan mulai dipasangi tali untuk keamanan saat turun goa. Umumnya proses turun bisa dilakukan oleh 2 orang. Kamu akan turun sejauh 60 meter menggunakan tali, tentu akan sangat mendebarkan dan menguji adrenaline.

Sesampainya di dalam, kita akan disambut dengan pemandangan bukit karst dan pohon jati meranggas. Sementara pada bagian perut goanya akan terhampar pemandangan hijau hutan. Ada juga aneka tanaman lumut, paku, semak sampai pohon yang tumbuh dengan rapat. Suasana alamnya benar-benar akan sangat terasa sekali.

Bagaimana, tertarik untuk menikmati suasana alam di dalam goa Jomblang? Kalau iya, kamu sebaiknya persiapkan biaya untuk masuk ke dalam goanya ya. Tarif untuk masuk goa kurang lebih 1 juta rupiah sudah include dengan penyewaan alat dan perlengkapan saat hendak memasuki goa. Include juga dengan sewa jasa pemandunya.

Pantai Baron

Pantai Baron Wonosari

Pantai Baron merupakan tempat wisata di Wonosari yang memiliki keindahan pantai menawaran. Pantai ini merupakan dermaga untuk para nelayan, di sini juga kamu bisa berburu aneka ragam kuliner seafood dan tentunya dengan citarasa yang sangat lezat. Lokasinya berada 65 km dari pusat Kota Jogja.

Sebenarnya, pantai Baron ini adalah sebuah teluk yang diapit oleh 2 bukit pada bagian sisi kiri dan kanannya. Sehingga bisa dibilang akan berbeda dengan pantai pada umumnya. Selain pemandangan pantai dan aneka kuliner seafoodnya, kamu juga bisa berbelanja ikan. Karena terdapat pelelangan ikan yang dibuka untuk umum.

Hal unik lain yang bisa kamu lihat di Pantai Baron adalah sungai yang mengalir ke arah laut yaitu pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin dari laut. Pokoknya untuk kamu yang sedang berada di Wonosari atau Gunungkidul, sangat direkomendasikan sekali bisa berkunjung ke Pantai Baron.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Wonosari

Tempat wisata Wonosari Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang masih dikelola oleh masyarakat setempat. Biarpun pengelolaannya sederhana namun tentunya ini adalah bukti masyarakat sangat menyambut wisatawan yang tertarik datang ke air terjun sri gethuk.

Air terjun ini juga sebenarnya sudah hits sejak lama, biarpun letaknya tersembunyi namun sangat indah dan instagramable tentunya.

Ada mitos yang melekat pada air terjun ini. Konon Kawasan air terjun tersebut adalah kerajaan jin yang dipimpin oleh seorang raja bernama Anggo Menduro. Raja sangat menyukai music gamelan sehingga air terjun tersebut menyimpan suara gamelannya. Beberapa wisatawan pun kerap mendengarkan suara gamelan yang samar-samar. Namun lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya.

Di samping mitos yang ada, tempat wisata ini masih sangat direkomendasikan sekali untuk kamu kunjungi.

Nah, air terjun sri gethuk juga mempunyai 3 sumber mata air utama yaitu Mata Air Ngandong, Mata Air Doh Poh dan juga Mata Air Ngembul. Ketiga sumber mata air tersebut tak pernah surut biarpun saat musim kemarau. Debit air pun tak pernah berkurang, unik sekali kan? Berwisata ke Air Terjun Sri Gethuk memang sangatlah menyenangkan dan terasa damai karena suasana alamnya.

Gunung Sewu

Gunung Sewu Wonosari

Obyek wisata Wonosari Gunung Sewu merupakan salah satu deretan pegunungan yang membentang dan memanjang di sepanjang pantai Selatan, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Wonogiri sampai ke Kabupaten Tulungagung yang ada di Pulau Jawa. Gunung ini terbentuk akibat dari pengangkatan dasar laut ribuan tahun lalu.

Bila melihat pada sejarahnya, di sini terdapat cukup banyak situs serta bangunan cagar budaya. Berbagai peninggalan masa lalu seperti situs megalitikum kuno, adanya candi Hindu dan Budha, petilasan sampai dengan monumen perjuangan.

Ada juga paleontologi dan arkeologi. Di salah satu goanya yaitu goa Berholo ditemukan peralatan serta fosil zaman purba. Di samping itu, ada juga Candi Risan yang merupakan sebuah candi peninggalan saat abad ke 3 Masehi yang bercorak Candi Budha. Ada juga Candi Plembutan, bangunan bersejarah pada abad ke 8 Masehi tepatnya saat era kerajaan Mataram Kuno atau Medang yang bernuansa Candi Hindu.

Sewu memang menjadi salah satu wisata Geopark yang sangat wajib kamu kunjungi. Karena, selain suasana alamnya, kamu juga bisa napak tilas sejarah yang pernah terjadi di Indonesia.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang Wonosari

Wisata Wonosari Gunung Kidul air terjun Kedung Kandang adalah tempat wisata yang berlokasi di daerah wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Keunikan dari air terjun ini karena lokasinya yang ada di persawahan bertingkat atau disebut juga sengkedan. Bentuk air terjunnya bersusun atau bertingkat. Susunannya terbentuk karena batuan vulkanik yang secara alamiah terjadi.

Agar bisa mencapai lokasi air terjun kedung kandang, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu. Jadi, untuk kamu yang membawa kendaraan, kamu bisa memarkirkannya di lahan yang sudah disediakan. Karena letaknya yang berada di tengah sawah jadi tidak akan terlalu jauh dengan pemukiman warga sekitar.

Bila kamu tertarik untuk berkunjung ke Kedung Kandang sebaiknya datang antara Bulan Desember sampai dengan Bulan April dimana saat musim penghujan. Ini karena sifat air terjunnya sangat musiman, sehingga aliran air terjun hanya dapat kamu jumpai saat musim penghujan. Bila musim kemarau biasanya malah akan mongering.

Kalisuci

Kalisuci Wonosari

Kalisuci merupakan sebuah sungai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Muara dari sungai ini adalah Pantai Baron yang sebelumnya juga sudah dijelaskan. Dimana di pantai Baron sendiri ada sungai kecil sebagai tempat pertemuan air tawar dan air asin, tidak lain bagian hulu sungainya adalah Kalisuci.

Airnya sangatlah jernih sebab berasal dari mata air pegunungan yang terjaga. Tempat wisata ini memiliki view yang sangat eksotik, aliran sungainya juga cukup aman untuk dilalui. Sehingga masyarakat setempat mengelola tempat ini sebagai tempat wisata khususnya untuk melakukan cave tubing. Sebuah kegiatan penelusuran goa sekaligus mengarungi sungai yang memiliki beberapa tingkatan jeram yang aman.

Siapapun bisa melakukan cave tubing di Kalisuci. Wisatawan dapat melihat pemandangan gunung karst yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Sehingga sensasi cave tubing sembari menikmati pemandangan alam pun menjadi sangat harus kamu rasakan. Kamu juga akan menyusuri gua yang gelap, namun karena tiap peserta akan menggunakan headlamp jadi nantinya akan ada bantuan penerangan.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Kalisuci? Kamu tidak perlu khawatir soal jalan menuju lokasinya ya. Sebab sudah didukung dengan infrastruktur jalan yang baik bahkan sudah beraspal. Namun, kamu harus tetap waspada ya sebab jalannya juga memiliki kelokan yang cukup tajam, ada juga tanjakan dan turunan saat akan menuju Kalisucinya. Sehingga harus dipastikan kalau kendaran yang kamu gunakan memiliki kondisi yang prima.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran Wonosari

Wisata Alam Wonosari Embung Nglanggeran, sebuah danau buatan yang difungsikan untuk menampung air hujan. Selain itu air yang ada dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani saat musim kemarau tiba. Lokasinya ada di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Jogja. Lokawisata ini secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 19 Februari tahun 2013 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Biarpun danau buatan, namun kamu tetap bisa menikmati suasana alam di sekitarnya sembari melihat pemandangan danau. Selain itu juga Nglanggeran cukup aman, karena bagian pinggirannya sudah ada pagar guna keamanan. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, sekedar menikmati suasana yang lebih tenang dan santai tidak ada salahnya kan?

Goa Tanding

Goa Tanding Wonosari

Wisata alam goa tanding, cukup unik bukan nama goanya? Sebenarnya tempat wisata ini tergolong baru namun sangat hits. Lokasinya ada di Desa Wisata Bejiharjo, lebih tepatnya sebelah selatan Obyek Wisata Goa Pindul. Karena popularitas Goa Tanding, mungkin bisa saja menghilangkan kepopuleran goa pindul. Namun biarpun begitu kedua goa tersebut sama-sama wajib kamu jelajahi bila sedang di Jogja.

Penamaan Goa Tanding tidak luput dari sejarahnya. Di mana, Tanding sendiri merupakan nama pemilik sumur yang ada di atas goa dan tidak sengaja menembus bagian atas goa. Ia adalah Harto Tanding.

Di goa ini kamu bisa melakukan aktifitas caving atau susur goa, ya bisa dibilang hampir sama dengan goa pindul. Namun untuk segi peralatan dan perlengkapan aka nagak berbeda. View yang bisa kamu lihat saat masuk ke dalam goa pun cukup berbeda.

Peralatan yang harus digunakan saat hendak susur goa diantaranya Pelampung, Sepatu, Lampu Senter, Helm, Perahu Karet dan Dayung. Kamu juga harus didampingi langsung oleh pemandu profesional khususnya saat melakukan kegiatan caving tersebut.

Saat masuk ke dalam goa, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa. Di bagian bawah perut bumi ini, kamu akan melihat batu ornamental yaitu stalaktit dan stalagmit yang terbentuk secara alami.

Biasanya durasi caving sendiri akan dihabiskan dalam waktu 1,5 jam sampai dengan 2 jam dengan menyusuri goa sedalam 450 meter. Luas goanya juga cukup besar kurang lebih 8 meter dengan ketinggian 11 meter. Kandungan oksigen di dalam goa pun terbilang cukup sehingga kamu bisa bernafas dengan normal tanpa harus menggunakan alat bantu pernafasan.

Nah, untuk harga tiket masuk Kawasan goanya sendiri terbilang murah yaitu 150 ribu rupiah per orang. Dengan tiket tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas berupa helm, sepatu karet, pemandu wisata, asuran, makan 1 x, free area parkir dan kamar mandi. Bila dibandingkan dengan goa lainnya, tarif Goa Tandi memang masih ramah di dompet.

Lembah Ngingrong

Lembah Ngingrong Wonosari

Lembah Ngingrong adalah satu dari 16 Geosite yang ada di Gunung Sewu. Luas lembahnya sendiri mencapati 10 hektar dengan kedalamannya bisa sampai 80 meter. Sementara itu untuk lokasinya pun tepat berada di pinggir jalan raya antara Tepus dan Mulo sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Bahkan sebelum tempat ini menjadi sebuah geosite, dulunya Ngingrong kerap dijadikan sebagai tempat istirahat warga setempat. Sekedar rehat dan melihat keindahan lembah.

Bila kamu datang dari arah Klaten maka kamu bisa berkendara ke arah Cawas. Lalu dilanjutkan ke arah Semin dan Karamojo. Selanjutnya, kamu bisa ambil jalur yang menuju arah Rongkap dan menyusuri jalan sampai tiba di Pantai Siung.

Sementara itu bila berangkat dari Kota Solo, kamu bisa mengambil rute ke arah Sukoharjo dulu. Selanjutnya arahkan ke Wonogiri dan ambil jalan menuju Wuryanto. Lanjut ke arah Purwodadi, Kecamatan Tepus. Bila dari arah Jogja, kamu bisa lewat Candi Prambanan. Lalu arahkan ke Bunderan Siyono.

Bagi kamu yang memang tertarik untuk menikmati suasana alam di Lembah Ngingrong, kamu bisa langsung cek di maps aja yuk untuk mengetahui arah jalannya agar tidak tersesat.

Sungai Oya

Sungai Oya Wonosari

Kamu menyukai aktifitas river tubing atau susur sungai? Nah, kamu bisa melakukannya di Sungai Oya yang berlokasi di Wonosari. Selama melakukan river tubing, nantinya kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Kamu juga akan melihat spot utama dari sungai ini yaitu air terjun Oyo.

Kamu dapat mengambil gambar dengan kata air terjun yang cukup jernih. Bila adrenaline kurang teruji dengan river tubing, kamu bisa loncat dari ketinggian 4 meter di atas tebing air terjun di sungai tersebut.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bantul

Bila sudah sampai air terjun pun, sangat rugi rasanya kalau kamu melewatkan mandi dengan segarnya air sungai. Saat ingin berenang atau menikmati kesegaran air nya, kamu tetap diwajibkan menggunakan pelampung yang guna keselamatan.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Wonosari Jogja yang wajib sekali kamu kunjungi! Apalagi untuk kamu yang menyukai tempat wisata alam seperti pantai atau gunung, tempat di atas tentu bisa menjadi destinasi yang sangat menyenangkan. Jangan lupa untuk membawa kamera ya agar kamu bisa mengabadikan setiap momen liburanmu dan menguploadnya ke sosial media. So, happy traveling guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *