Tempat Wisata Di Yahukimo

6 Tempat Wisata Di Yahukimo, Indahnya Kebangetan!

Posted on

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal akan keindahan alamnya. Dari sabang sampai Merauke, tiap daerahnya pasti memiliki keunikan alam tersendiri. Seperti Papua, Provinsi yang berada di ujung timur Indonesia ini sangat populer karena keindahan pesisir, pegunungan hingga adat dan budayanya yang sangat kental.

Tempat Wisata di Yahukimo

Tempat wisata di Papua yang keindahannya sudah mendunia adalah Raja Ampat. Namun apakah hanya Raja Ampat saja? Tentu saja tidak, masih banyak destinasi wisata yang bisa traveler kunjungi dan beberapa diantaranya berada di Kawasan Yahukimo. Nah traveler, berikut ini adalah tempat wisata di Yahukimo yang Republikwisata rekomendasikan untuk kamu, simak yuk.

Air Terjun Pinjong

Air Terjun Pinjong

Destinasi pertama yang bisa kamu jelajahi adalah Air Terjun Pinjong. Lokasinya berada di Distrik Soba. Ketinggian Air Terjun ini mencapai lebih dari 100 meter, aliran airnya pun cukup deras berasal dari mata air alami. Para pengunjung bisa menikmati sensasi kesegarannya bila turun langsung ke dalam kolam alami, tempat menampung aliran air terjun di bagian hilir.

Baca Juga: Wisata Waropen

Di samping air terjun yang tinggi ada pula beberapa air terjun kecil yang membuat suasana semakin indah. Udara yang segar serta suasana alam yang kental memberikan efek relaksasi tersendiri.

Air terjun ini belum banyak diketahui, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang datang ke sini. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, sebaiknya meminta bantuan tour guide yang paham soal akses jalannya ya.

Air Terjun Sungai Aso

Air Terjun Sungai Aso

Wisata selanjutnya masih bertema air terjun. Kali ini kamu akan diajak berjalan-jalan ke Distrik Korupun, tempat dimana Air Terjun Sungai Aso berada. Penamaan air terjun sesuai dengan asal sumber airnya yakni dari Sungai Aso.

Bila pada umumnya ada sebuah kolam alami untuk menampung aliran air dari hulu maka berbeda dengan air terjun ini. Sebab bagian hilir dipenuhi oleh bebatuan sehingga wisatawan tak akan bisa berenang sebagai mana mestinya.

Biarpun begitu, kamu masih bisa menikmati suasana alam di sekitarnya kok. Terasa sangat asri dan menyejukkan.

Air Terjun Sungun Agai

Air Terjun Sungun Agai

Masih belum cukup dengan dua air terjun yang sudah disebutkan di atas? Oke kalau begitu kita kunjungi air terjun lainnya yang ada di Yahukimo yuk.

Sebuah air terjun yang tak terlalu tinggi akan menyambutmu sesampainya di Yahukimo namanya adalah Air Terjun Sungun Agai. Biarpun pendek namun alirannya cukup deras loh traveler, ukurannya pun lebar. So, buat yang mau bermain air sebaiknya harus super hati-hati ya.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Ingin berpetualang di alam bebas? Di keliling oleh hewan langka dan suasana pegunungan yang begitu melekat. Rimbunnya hutan hingga padang rumput pun terjaga keasliannya.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, kamu sudah bisa menikmati itu semua bila berkunjung ke Taman Nasiona Lorentz. Sebuah Kawasan alam di Papua yang belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Areanya sangat luas hingga dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1999.

Bahkan bukan hanya terluas se-Indonesia melainkan se-Asia Tenggara! Keren kan? Luasnya sendiri mencapai 2.3 hektar. Saking luasnya, sampai sekarang belum ada pemetaan lanskap taman nasional ini secara resmi.

Salah satu area yang paling populer di Kawasan Taman Nasional Lorentz adalah Lembah Baliem. Sebuah lembah yang indah dengan latar belakang pegunungan Jayawijaya. Benar-benar mempesona dan akan membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Dan di kawan ini pun terdapat sebuah puncak yang sudah sangat mendunia yakni Puncak Jaya. Satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia, ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Tak sembarangan orang bisa mencapai puncak. Bahkan mereka yang berpengalaman pun belum tentu sanggup. Perlu fisik yang prima dan persiapan yang sangat matang.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke wisata di Yahukimo Papua satu ini? Dijamin datang ke Taman Nasional Lorentz akan jadi pengalaman paling tak terlupakan. Apalagi bila kau mencoba untuk mendaki ke puncak Jaya.

Pantai Surangga, Teluk Triton

Pantai Surangga, Teluk Triton

Kawasan perairan Papua memang patut diacungi jempol. Mulai dari yang populer hingga belum terjamah tangan manusia, sama-sama memiliki keindahan alam yang khas. Seperti Pantai Surangga, Teluk Triton.

Perairan Papua yang bisa dibilang letaknya cukup tersembunyi. Keunikan dari tempat wisata ini adalah terdapat beberapa pulau kecil dan karang yang menjulang tinggi, menampakkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Suasananya pun terasa lebih tenang, cocok untuk wisatawan yang ingin menyepi.

Hal yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Pantai Surangga adalah snorkeling atau diving untuk melihat keindahan alam bawah laut. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan setidaknya ada lebih dari 937 spesies ikan yang hidup di perairan Surangga. Menariknya lagi, beberapa spesies hanya hidup di Kawasan Kaimana, Papua.

Disamping itu, berbagai macam terumbu karang pun banyak ditemukan dan menjadi daya tarik tersendiri.

Traveler yang suka sekali dengan pantai dan membutuhkan vitamin sea paket lengkap sangat direkomendasikan sekali untuk bisa berkunjung ke Pantai Surangga, Teluk Triton!

Kolam Sisir

Kolam Sisir

Wisata yang terakhir adalah Kolam Siri, lokasinya bukan berada di Kawasan Yahukimo melainkan ada di Kaimana. Namun jaraknya tak terlalu jauh. Sehingga bila kebetulan sedang berada di Yahukimo sangat disarankan untuk menyempatkan diri berkunjung ke wisata unik satu ini.

Sebuah perairan dengan kondisi air yang jernih dan berwarna kebiruan. Airnya pun terasa menyegarkan sebab berasal dari mata air alami. Pemandangan di sekeliling kolam pun semakin menyempurnakan keindahan tempat wisata ini. Udara terasa lebih bersih, jauh dari polusi udara. Wisatawan bisa memilih mau menikmati kolam dengan berenang atau menaiki perahu.

Bagi yang memiliki jiwa petualang, saat berkunjung ke Kolam Sisir pastinya akan merasa tak cukup kalau hanya menikmati air kolam saja dan belum menjelajahi Kawasan di sekitarnya. Kalau mau, kamu bisa sekali trekking masuk ke dalam hutan yang berada tak terlalu jauh dari Kolam Sisir. Namun tentunya, kamu harus berhati-hati apalagi bila tak mengetahui bagaimana kondisi akses jalannya. Ditemani oleh tour guide adalah pilihan terbaik.

Baca Juga: Wisata Puncak Jaya

Ada banyak sekali wisata bertemakan alam di Yahukimo, Papua. Mungkin kamu akan dibuat bingung, bukan karena tak ada tempat wisata yang bisa dikunjungi melainkan terlalu banyak yang memiliki keunikan dan membuatmu ingin menjelajahi semua wisatanya.

Nah traveler, sebelum menjelajahi tempat wisata di Yahukimo sebaiknya tentukan dulu yuk lokasi mana yang akan dikunjungi. Agar kamu bisa dengan mudah menentukan akomodasi penginapan atau kendaraan yang akan digunakan selama liburan di sana. Beberapa tempat wisata yang sudah diulas di atas bisa menjadi referensi. Jangan lupa ajak kerabat atau teman-temanmu untuk ikut serta menjelajahi alam Papua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *