Tempat Wisata Mandailing Natal Terbaik Paling Hits

Tempat Wisata Mandailing Natal

Mandailing Natal yang berslogan Negeri Beradat Taat Beribadat, selain sebagai pusat kebudayaan dari alat musik Gordang juga punya tempat wisata Mandailing Natal terbaik nan eksotis. Walaupun wisata Mandailing Natal belum begitu terkenal, namun pemandangan alam yang disuguhkan menjadi salah satu keunggulan dan daya tarik tersendiri.

Ketika sobat sedang berlibur di Mandailing Natal, jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang lagi hits saat ini. Ada banyak pilihan spot wisata di Mandailing Natal, mulai wisata alam hingga wisata budaya.

Bacaan Lainnya

Daftar Tempat Wisata Mandailing Natal

Selain mempunyai spot wisata alam yang indah, Madina juga mempunyai wisata budaya, pantai, air terjun dan situs sejarah yang menarik. Penasaran apa saja rekomendasi tempat wisata di Mandailing Natal?. Berikut beberapa daftar tempat wisata Mandailing Natal untuk mengisi liburan sobat.

Air Panas Sibanggor

Air Panas Sibanggor

Wisata Mandailing Natal pertama yang kami rekomendasikan adalah Air Panas Sibanggor. Sebuah pemandian air panas yang terletak di Desa Sibanggor, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Sibanggor terdiri atas tiga desa yaitu Sibanggor Jae, Sibanggor Tonga, dan Sibanggor Julu. Seluruh daerah Sibanggor penuh dengan air panas kecil. Lokasi yang paling nyaman terletak di tepi jalan antara Sibanggor Tonga dan Jae. Cukup menempuh jarak sekitar 12 km dari Panyabungan, sobat akan sampai dilokasi yang dituju.

Baca Juga: Wisata Berastagi

Bagi sobat yang punya masalah mengenai kesehatan kulit dan ingin sekaligus berwisata, pemandian Air Panas Sibanggor ini merupakan tempat yang cocok untuk sobat kunjungi. Selain untuk mencoba sensasi mandi di air belerang, pemandangan rumah-rumah tradisional ala Mandailing yang beratap ijuk dan berdinding papan tentunya juga menambah liburan sobat semakin berharga.

Lokasi : Desa Sibanggor Tonga, Kec. Sorik Marapi, Kab. Mandailing Natal

Pantai Natal

Pantai Natal

Pantai Natal yang terdapat di Kecamatan Natal ini merupakan salah satu objek wisata Mandailing Natal yang paling sering dikunjungi. Spot foto yang menarik dan keindahan sunset yang sangat menakjubkan, membuat siapa saja yang berkunjung tidak akan bosan.

Keberadaan pepohonan bakau dan cemara di pinggir pantai menambah asri suasana di wisata Mandailing Natal ini. Ombaknya yan tergolong kecil juga dinilai aman untuk bermain air dan berenang.

Di sekitar pinggiran pantai, terdapat fasilitas penginapan yang bisa sobat nikmati. Karena pantai Natal dekat dengan pemukiman warga, jadi sobat bisa mengendarai sepeda motor langsung berada di Pantai Natal. Tapi meskipun diberi kebebasan, sebagai pengunjung sobat harus tetap menjaga kebersihan, supaya keindahan pantainya tetap terjaga.

Untuk bisa sampai ke pantai ini, sobat harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam dari ibukota Mandailing Natal yakni Panyabungan.

Fasilitas di Pantai Natal bisa dibilang cukup lengkap. Hanya saja tak banyak tempat penginapan yang bisa sobat temukan di sekitar pantai Natal. Sobat bisa menyewa rumah penduduk sekitar untuk dijadikan sebagai tempat penginapan sementara. Untuk warung makan atau restoran sobat jangan khawatir, karena di sana banyak berjajar dengan harga yang relatif terjangkau.

Lokasi: Ps. V Natal, Kec. Natal

Payabulan

Payabulan

Payabulan merupakan objek wisata dengan keaslian alam yang terletak di Dusun Maga Lombang, Desa Pangkat, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Berbagai pemandangan dengan perpaduan alam yang indah membuat tempat ini cocok untuk tempat rekreasi.

Payabulan memiliki luas kurang lebih 7 hektare. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang mengasyikkan di tempat ini. Sebut saja contohnya bermain sepakbola, voli, atau olahraga ringan lainnya.

Yang paling menarik disini adalah adanya danau Horbo di tengah-tengah Payabulan. Danau dengan air jernih ini tidaklah luas. Ukuran dimeternya sendiri hanya 20 m dan dikelilingi oleh rerumputan hijau. Jika cuaca sedang terik, akan banyak anak-anak bermain di tepi danau.

Ada juga gazebo yang melengkapi fasilitas kawasan wisata Mandailing Natal ini. Sayangnya, jumlah gazebo ini hanya terbatas, sehingga pengunjung sering tidak kebagian tempat saat ramai. Tapi, keberadaan gazebo ini lumayan untuk sekadar tempat beristirahat dan makan-makan.

Lokasi: Desa Magalombang-Desa Pangkat, Kec. Lembah Sorik Marapi

Gunung Sorik Marapi

Gunung Sorik Marapi

Di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terdapat sebuah gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Gunung yang secara administratif berada di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, ini bernama Gunung Sorik Marapi.

Sorik Marapi merupakan gunung berapi aktif yang berketinggian 2.145 mdpl. Para pendaki maupun penggiat alam yang berasal di Sumut, Gunung Sorik Marapi tidak asing lagi terdengar di telinga. Sebab, Sorik Marapi merupakan target destinasi Mandailing Natal yang wajib dikunjungi, karena memiliki pesona alam yang patut dilihat maupun diteliti. Sebab isi alam gunung ini berbeda dengan gunung yang ada di Sumut lainnya.

Kawah Sorik Marapi yang berwana biru pada puncak gunung ini, membuat berbeda dengan gunung yang ada di Sumut lainnya. Ditambah dengan pemandangan dari atas terlihat Kota Sidempuan, Penyabungan bahkan sampai Sibolga. Danau inilah yang menjadi spot foto favorit di puncak gunung Sorik Marapi.

Lokasi: Desa Sibanggor Julu, Kec. Puncak Sorik Marapi

Sopotinjak

Sopotinjak

Untuk Sobat yang ingin menikmati suasana pedesaan dengan pemandangan alam yang menawan dan suasana yang damai, bisa coba berkunjung ke Sopo Tinjak. Sopo Tinjak merupakan sebuah desa wisata yang berada di areal perbukitan, tempat ini sangat cocok untuk menikmati keindahan alam dengan udara yang menyejukkan. Dari desa yang satu ini sobat bisa melihat dengan jelas keindahan dari Bukit Barisan yang fenomenal tersebut.

Tidak hanya dijadikan sebagai desa wisata, pada perkembangannya Sopo Tinjak juga akan dikembangkan sebagai lokasi bumi perkemahan atau camping ground. Kontur permukaan dan luasnya wilayah Sopo Tinjak menjadi alasan utama dibalik rencana pembangunan bumi perkemahan di tempat yang satu ini.

Fasilitas di tempat wisata Mandailing Natal ini bisa dibilang cukup memadai untuk para pengunjung. Layaknya desa wisata pada umumnya, di Sopo Tinjak juga terdapat beberapa warung sederhana yang menyediakan berbagai makanan dan juga minuman.

Lokasi: Desa Sopotinjak, Kec. Batang Natal, Kab. Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Pantai Batu Rusa

Pantai Batu Rusa

Pantai Pantai Batu Rusa di pesisir Mandailing Natal ini layak sekali direkomendasikan untuk para penikmat keindahan laut. Obyek wisata di Mandailing Natal ini sejarahnya memang belum begitu populer. Bahkan boleh dikategorikan sebagai destinasi bahari tersembunyi.

Tempat wisata Mandailing Natal ini banyak difavoritkan warga lokal. Kelestarian alam perawan yang tersaji pantas dipuji. Nuansa teduh dan ombak yang tenang memberikan rasa nyaman. Apalagi jajaran pohon kelapa di pinggir pantai yang tersusun rapi seolah mengajak semua pengunjung untuk meresapi keindahan itu.

Beragam aktivitas seru dapat sobat lakukan disini. Seperti berendam di pinggir laut yang jernih, merasakan deburan ombak sampai menunggu tenggelamnya matahari di balik perbukitan pesisir Barat Mandailing yang eksotik.

Biaya masuk ke Pantai Batu Rusa sama sekali tidak ada. Sehingga sobat yang berkunjung dapat menikmati atraksi alam secara gratis.

Lokasi: Jalan Pantai Barat, Desa Tabuyung, Kec. Muara Batang Gadis, Kab. Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Bukit Muhasabah

Bukit Muhasabah

Jika tergerak ingin memandang keindahan Kota Panyabungan dari puncak dataran tinggi, maka tempat paling ideal adalah Bukit Muhasabah. Atraksi sunrise dan sunset di Bukit Muhasabah bisa jadi alasan wisatawan mengunjungi destinasi di sebelah selatan Kota Panyabungan ini.

Selain adegan alam, bukit di ketinggian 265 mdpl tersebut masih punya pesona Tor Sihite yang tak akan kamu temukan di tempat wisata Mandailing Natal lainnya.

Boleh disebut bahwa Bukit Musahabah menawarkan panorama komplit yang pasti digemari oleh para penikmat keindahan. Mulai dari pemandangan hijau khas pegunungan tropis hingga Panyabungan yang gamblang menyuguhkan lanskap kota dengan luar biasa.

Baca Juga: Wisata Langkat

Keelokan alam yang disajikan bukit Muhasabah merupakan background foto yang menarik, bukan? Tak mengherankan jika banyak muda-mudi pun pasangan romantis sengaja ke sini. Selain menyaksikan view kota Panyabungan, rata-rata tujuan mereka sama yaitu berfoto.

Lantaran dikelola oleh Pemkab Madina, obyek wisata Panyabungan ini tidak memasang tiket ataupun biaya masuk. Ya, tempat tersebut dibangun sebagai rekreasi publik. Niatnya, agar semua orang dapat berwisata murah meriah, bahkan tanpa mengeluarkan sepeser pun biaya.

Jika ingin berkunjung ke sini jangan lupa membawa makanan dan minuman sendiri, karena sobat tidak akan menemukan penjual makanan baik jalan menuju ke bukit maupun di sekitaran tempat wisata Mandailing Natal ini.

Lokasi: Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Danau Pondok Limo

Danau Pondok Limo

Dibalik pesona alam yang menakjubkan, ternyata ada destinasi tersembunyi bernama Raja Ampat Madina yang dapat dikatakan sebagai tempat wisata Mandailing Natal terbaru.

Eloknya wisata Pondok Lima baru mendapat perhatian beberapa waktu terakhir. Daya tarik berupa gugusan pulau-pulau hijau dengan jumlah ratusan buah di kawasan ini memang sedap dipandang mata. Jika dilihat dari atas, panorama yang disajikan sepintas menyerupai Raja Ampat.

Keindahan lain dari objek Wisata Pondok Limo adalah perbukitan yang menjulang di semua sisi dan seolah membentuk laguna versi air tawar. Pesona alam Mandailing Natal di kawasan Muara Batang Gadis yang menawan tersebut tentunya rugi untuk diabaikan.

Danau air tawar di Desa Batu Mundom yang berbentuk memanjang ini cukup luas. Namun, airnya berwarna coklat tua dan tidak jernih. Letak yang persis di tepi jalan raya pun memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Raja Ampat Madina adalah di waktu siang dan sore. Pasalnya, dari pukul 10.00 hingga 17.00 pantulan sinar matahari yang cerah akan membuat pemandangan di sini terlihat lebih jelas tanpa dihalangi kabut atau awan.

Lokasi: Jalan Lintas Batang Toru – Pantai Barat, Desa Batu Mundom, Kec. Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Air Terjun Sigala Gala

Air Terjun Sigala Gala

Destinasi wisata Mandailing Natal selanjutnya adalah Air Terjun Sigala Gala. Air terjun dengan ketinggian 40 meter ini, sangatlah memanjakan mata yang melihatnya. Selain air terjun yang indah, di sekelilingnya masih diselimuti hutan yang masih alami seolah tanpa sentuhan tangan manusia.

Air Terjun Sigala-gala tidak memiliki air tawar seperti pada umumnya, akan tetapi adalah air belerang yang langsung mengalir dari Gunung Api Aktif yaitu Gunung Sorik Marapi. Hal ini menjadikannya sebagai air terjun yang unik di Mandailing Natal Sumatera Utara.

Dengan suasana pedesaan yang asri sobat akan disuguhi pemandangan alam yang begitu alami di sepanjang perjalanan dari Desa Sigala-gala hingga ke Air Terjun. Sepanjang perjalanan sobat akan diperlihatkan hutan-hutan yang menjadi bagian Taman Nasional Batang Gadis tempat hidupnya beberapa flora dan fauna Sumatera.

Lokasi: Desa Sigala-gala, Keca. Panyabungan Selatan, Kab. Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Taman Nasional Batang Gadis

Taman Nasional Batang Gadis

Di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, terdapat sebuah taman nasional yang dpaat dikunjungi untuk tujuan rekreasi dan wisata edukasi. Ialah Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) yang lokasinya berada di Pegunungan Bukit Barisan Sumatera.

TNBG memiliki luas lahan hingga 72 ribu hektare dan posisinya berada di ketinggian antara 300-2.145 mdpl dengan titik tertingginya adalah puncak berapi Sorik Merapi. TNBG memiliki ekosistem beragam, yaitu hutan rawa dataran tinggi, hutan gamping, hutan dataran rendah perbukitan, hutan pegunungan, lahan basah, dan lembah sungai.

Ketika mengunjungi TNBG, sobat dapat melihat sekitar 225 jenis tumbuhan vascullar atau berpembuluh seperti kantong semar, bunga padma, dan damar laut. Kemudian, ada tumbuhan bania tanduk, meranti merah, kapur, suren, dan agathis. Di taman nasional ini juga terdapat flora endemik yang hanya dapat ditemukan di TNBG yaitu Impatiens batanggadisensis N. Utami dan Impatiens sorikensis N. Utami.

TNBG juga merupakan habitat dari berbagai fauna. Di sana terdapat 47 jenis mamalia seperti harimau Sumatra, tapir, kuicng emas, kucing batu, anjing hutan, beruang madu, kucing hutan, kambing hutan, rusa, kijang, berang-berang, landak, trenggiling, dan macan dahan. Ada pula beberapa jenis primata seperti siamang, kera, monyet ekor panjang, beruk, wau-wau, dan lutung.

Selain menyaksikan kehidupan flora dan fauna, sobat juga dapat melakukan penjelajahan ke area-area lain di TNBG. Misalnya, mencoba sensasi arung jeram di Sungai Batang Gadis yang merupakan sungai terpanjang di Mandailing Natal yang hulunya berasal dari Pakantan Muara Sipongi sampai bermuara di Muara Batang Gadis.

Pulau Tamang

Pulau Tamang

Pulau Tamang merupakan desa sekaligus tempat berlibur luar biasa. Daratan seluas 166 hektar yang terhampar di wilayah laut Mandailing Natal Kecamatan Batahan dengan panjang garis pantai mencapai 6 kilometer ini juga menyimpan sisi historis yang tersembunyi di dalamnya.

Berbeda dengan pulau wisata kebanyakan yang biasanya dipadati oleh hotel atau resort mewah. Pulau ini justru ditempati oleh masyarakat dengan jumlah penduduk sekitar 200 kepala keluarga. Sebab itu, jika ingin berpetualang kesini pengunjung harus menginap di rumah warga atau membawa perlengkapan tenda.

Aman untuk dikunjungi, pun akses ke Desa Pulau Tamang sudah sangat mudah dan dapat dicapai dari Pelabuhan Palimbungan hanya dalam hitungan menit. Transportasi penyeberangan yang dapat digunakan adalah kapal nelayan.

Lokasi: Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Taman Raja Batu

Taman Raja Batu

Taman Raja Batu adalah salah satu obyek wisata di Mandailing Natal yang selalu dijadikan warga kota Panyabungan untuk mencari angin segar. Di balik keindahan yang dimiliki, keunikan taman bermain ini juga bikin pengunjung melongo.

Baca Juga: Wisata Batu Bara

Paling mengesankan adalah batu-batu yang disusun berjejer menyerupai meja dan kursi. Mungkin saja identitas Taman Raja Batu asal mulanya berasal dari benda tersebut dan Jumlah batu-batu yang berukuran besar itu sangat banyak, hampir mengisi seperempat sisi sungai Singolot.

Daya tarik lainnya yakni alat musik Gordang Sambilan yang sengaja dipamerkan di tengah taman. alat musik tradisional kebanggan masyarakat Mandailing Natal ini memang pernah beberapa kali viral dan jadi pembahasan publik. Jika selama ini sobat penasaran akan bentuk Gordang Sambilan, maka datanglah ke Beranda Madina.

Dari atas jembatan yang melintang di atas sungai Singolot tersebut, sobat bisa melihat keseluruhan panorama Taman Raja Batu. Kalau berminat dan berniat mengusir rasa gerah, sobat bisa mandi-mandi atau bersantai di gazebo yang sudah disiapkan.

Lokasi: Jalan Willem Iskandar, Panyabungan, Kab. Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Itulah beberapa daftar tempat wisata Mandailing Natal paling hits yang wajib sobat sambangi saat berlibur di Kota Madina. Tempat wisata di Mandailing Natal masih banyak memiliki destinasi yang indah yang tidak terekspos dan masih berada diluar jangkauan orang pada umumnya.

Tanggapan

0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait