Tempat Wisata Pulau Nias Terindah dan Terbaik

Tempat Wisata Pulau Nias

Mempunyai julukan sebagai The Paradise of Earth, Tak heran jika tempat wisata Pulau Nias menyimpan pesona alam yang masih jarang diketahui kebanyak orang. Kepulauan dengan luas mencapai 5.625 kilometer persegi ini menjadi gugusan kepulauan terbesar di barat Sumatera.

Setiap sudut kawasan tempat wisata di Pulau Nias memiliki segudang kekayaan wisata alam dengan keindahannya masing-masing yang akan memikat siapapun yang datang. Mulai dari wisata pantai, air terjun dan tak kalah menariknya adalah wisata adat budaya Nias yang bertahan lestari.

Bacaan Lainnya

Daftar Tempat Wisata Pulau Nias

Tempat wisata Pulau Nias bagaikan berlian Indonesia di tengah Samudra Hindia. Dengan kemasan panorama landscape yang mempesona serta budayanya yang sudah mendunia akan terasa lebih fantastis saat berlibur di Nias.

Nah bagi sobat yang penasaran dengan ragam tempat wisata Kepulauan Nias, berikut daftar rekomendasinya.

Pantai Sorake

Pantai Sorake

Tempat wisata Pulau Nias yang satu ini adalah pantai yang menjadi spot surfing kelas dunia, tidak lain adalah pantai Sorake. Pantai Sorake merupakan surganya para pecinta surfing. Tak main-main, pantai ini disebut sebagai tempat surfing terbaik nomor 2 di dunia setelah Hawai.

Baca Juga: Tempat Wisata Mandailing Natal

Pantai di Nias ini mempunyai ombak mencapai tinggi hingga 15 meter. Ombak ini akan lebih menantang saat bulan purnama tiba. Itulah mengapa Pantai Sorake menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Nias.

Tak hanya ombak yang memikat para peselancar, Pantai Sorake juga memiliki panorama yang tak kalah indah ketika sore hari.

Sunset yang ada di Pantai Sorake menjadi waktu yang ditunggu-tunggu bagi para fotografer. Perpaduan warna jingga yang merona dengan ombak menggulung di sore hari akan membuat rasa damai ketika di Pantai Sorake.

Aktivitas lain yang bisa sobat lakukan ketika di Pantai Sorake yaitu snorkeling dan diving. keindahan dalam laut pantai Nias ini tak kalah menakjubkan dengan mengeksplorasi keindahan terumbu karang di Sorake yang bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Lokasi: Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara.

Desa Bawomataluo

Desa Bawomataluo

Bawomataluo adalah bahasa Nias yang berarti bukit matahari. Sebuah desa di atas bukit dengan ketinggian 324 mdpl yang telah ada sejak berabad-abad lalu dan masih terpelihara dengan baik.

Berbagai warisan budaya peninggalan leluhur orang Nias ada di desa adat ini. Sebut saja bangunan rumah adat tradisional (omo hada) dengan konstruksi material berbahan kayu tanpa paku, situs-situs megalitikum, tari-tarian, hingga atraksi hombo batu yang sudah terkenal.

Desa Bawomataluo ini sangat tersohor. Bahkan, kini tengah digaungkan untuk menjadi world heritage (warisan dunia) UNESCO oleh Pemerintah Indonesia. Desa ini juga merupakan tempat lahirnya tradisi lompat batu Nias yang sudah mendunia.

Lokasi: Bawomataluo, Kec. Fanayama, Kab. Nias Selatan

Pulau Asu

Pulau Asu

Satu lagi objek wisata Nias terbaik yang sudah populer hingga mancanegara yaitu Pulau Asu. Kepopulerannya bahkan membuatnya kerap dijuluki sebagai “The Paradise on Earth”.

Asal kata Asu sebenarnya kependekan dari kata Asuhan. Asuhan bermakna terakhir dalam bahasa Nias. Maksudnya, pulau ini merupakan pulau terakhir yang terjaga dan dikagumi. Namun lantaran orang Nias mengucapkan Asuh huruf “h” nya sering tidak terdengar, maka tempat ini kerap disebut Asu.

Pulau Asu berada di sebelah barat Kabupaten Nias Barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan termasuk pulau terluar Kepulauan Nias. Pulau ini memiliki luas pulau kurang lebih 18 kilometer persegi.

Airnya yang jernih serta hamparan pasir putih ditambah nyiur pohon kelapa dengan alam yang masih asri tentunya akan memanjakan mata siapapun yang berkunjung ke pulau ini. Salah satu keunikan di Pulau Asu adalah terdapatnya banyak rumah-rumah tradisional berdinding kayu dan beratap rumbia. Lokasi yang cocok untuk dijadikan latar belakang berfoto.

Aktifitas lain yang bisa sobat lakukan di wisata pulau Nias ini adalah menikmati snorkeling, berselancar maupun diving. Ombak dengan tinggi 4 sampai 7 meter dan panjang ombak mencapai 200 meter. Tak heran kalau kemudian tempat ini serig digunakan para turis asing untuk berselancar.

Keindahan bawah laut Pulau Asu juga terkenal dengan keberadaan berbagai jenis terumbu karang dan beragam jenis ikan. Cukup menyenangkan untuk dinikmati dengan snorkeling maupun diving.

Lokasi: Bawosaloo, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

Pantai Gawu Soyo

Pantai Gawu Soyo

Di kepulauan Nias terdapat wisata pantai yang unik dan satu-satunya pantai berwarna pink di pulau Sumatera yaitu Pantai Gawu Soyo. Wisata Pantai Gawu Soyo ini masih sangat asri boleh disebut the hidden paradise karena belum banyak orang yang berkunjung ke pantai di Nias ini.

Lebih menariknya lagi, pasir berwarna merah kemerah mudaan ini hanya membentang sepanjang 1 kilometer saja. Sisanya, pasir berwarna sama seperti kebanyakan pantai lainnya yang putih bersih.

Jika dijelaskan secara ilmiah, warna merah atau pink di pasir pantai objek wisata di Nias ini berasal dari terumbu karang bernama homotrema rubrum yang memang memiliki cangkang berwarna merah.

Terumbu karang ini terkena abrasi yang menyebabkan warnanya menyebar ke bibir pantai. Sehingga menyebabkan pasir pantai berwarna merah kemerah-mudaan.

Perpaduan warna merah muda dan birunya air laut memberikan panorama yang sangat memesona, sangat cocok untuk dijadikan background foto yang instagramable. Sayang sekali jika sobat berlibur di kepulauan Nias tapi tidak berkunjung di pantai satu ini.

Lokasi: Ombolata, Kec. Afulu, Kab. Nias Utara.

Pantai Toyolawa

Pantai Toyolawa

Tujuan wisata di Nias selanjutnya adalah Pantai Toyolawa yang sudah terkenal sebagai salah satu pantai indah di Nias. Namun sangat disayangkan wisata Toyolawa belum dilengkapi dengan fasilitas memadai yang membuat pantai ini masih sepi pengunjung.

Pantai Toyolawa memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih dan merah kecoklatan. Sebagian pasir pantainya ada yang bercampur dengan bebatuan kerikil. Beberapa bebatuan karang serta deretan pohon kelapa juga tampak menghiasi bibir pantai dilengkapi dengan adanya mercusuar ikonik yang pas dijadikan latar untuk berfoto.

Lokasi: Hili Gawolo, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

Air Terjun Mondrowe

Air Terjun Mondrowe

Air Terjun Mondrowe merupakan pilihan utama untuk sobat wisata yang ingin merasakan sensasi keindahan air terjun di Nias. Tinggi air terjun ini sekitar 18 meter dan luas 20 meter, aliran airnya tidak begitu deras sangat memungkinkan untuk sobat berenang maupun berendam di kolam air terjun.

Sebagai air terjun paling tinggi dan paling indah dari kebanyakan air terjun Nias, Air terjun Mondrowe memiliki bukit penuh dengan batu karang yang menambah eksotis pemandangan sekitar.

Untuk menuju objek wisata Nias ini sobat harus menaiki anak tangga setinggi 10 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Lokasi: Mondrowe, Kec. Lahusa, Kab. Nias Selatan.

Pulau Wunga Laguna

Pulau Wunga Laguna

Destinasi wisata Pulau Nias yang satu ini merupakan pantai yang berada pada Pulau Wunga Laguna. Memiliki luas wilayah mencapai kurang lebih 9 kilometer persegi berbentuk seperti huruf C dikelilingi oleh pesisir dengan pasir berwarna putih kekuningan, gelombang perairan sekitarnya tinggi dan berwarna biru kehijauan.

Baca Juga: Tempat Wisata Batu Bara

Sesuai dengan namanya pulau ini memiliki laguna cantik yang dilindungi tanjung dibagian sebelah timur. Laguna tersebut terbentuk akibat gempa yang terjadi 2005 silam.  Namun, keindahan laguna pada pulau Wunga ini masih jarang di kunjungi.

Lokasi: Pulau Wunga, Kec. Lauru I Afulu, Afulu, Kab. Nias Utara.

Pantai Tureloto

Pantai Tureloto

Satu lagi pantai unik nan cantik di tempat wisata Nias adalah Pantai Turtelo. Pantai Turetelo juga dikenal dengan laut mati-nya Nias yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Di sini, tanpa bereneng pun, sobat bisa merasakan sensasi mengapung di pantai dengan sendirinya.

Pantai di Nias ini memang sangat unik, selain air lautnya yang tenang, air pantai ini juga mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Oleh karena itulah sobat yang berenang di sini bisa mengapung dengan mudahnya.

Keunikan lain di pantai ini adalah ombak yang sangat tenang. Padahal, Pantai Tureloto berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal mempunyai ombak besar. Tetapi di pantai ini tidak ada sama sekali ombak besar.

Hal ini juga dikarenakan adanya gugusan karang yang berada di beberapa ratus meter dari bibir pantai yang berjajar menyerupai sebuah benteng sebagai pemecah ombak.

Meski sering dijuluki sebagai Laut Mati seperti yang ada di Yordania, namun Pantai Tureloto memiliki biota laut yang indah. Sobat bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau pun diving.

Tak hanya itu saja, sambil terapung-apung di bibir pantai, sobat juga bisa bermain dengan ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang cantik.

Lokasi: Kec.Laweha, Kab. Nias Utara

Pantai Karang Falaete

Pantai Karang Falaete

Tempat wisata pantai di Pulau Nias selanjutnya berada di Desa Lahusa, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Di sepanjang pantai ini terdapat susunan batu-batu besar yang tersusun rapi.  Struktur pantai berbatu karang dan menjorok ke Samudera Hindia menambah pesona Pantai Karang Falaete.

Lebih mengesankan lagi, di sepanjang pantai Karang Falaete terdapat batu karang raksasa seukuran 20 meter yang bisa sobat naiki dan menikmati panorama laut lepas yang begitu memesona.

Selain menikmati panorama alam pantai yang cantik sobat juga bisa mecoba berselancar dengan gulungan ombak mencapai 3 meter hingga 5 meter di musim-musim tertentu seperti pada bulan Juni hingga Agustus.

Lokasi: Lahusa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

Pantai Sifahandro

Pantai Sifahandro

Pantai Sifahandro merupakan salah satu pesona bahari yang memukau untuk sobat kunjungi. Kendati tak sepopuler Gawu Soyo, tetapi tempat wisata pulau Nias yang juga sering disebut dengan nama Pantai Pasir Berbisik ini memiliki daya tarik tersendiri.

Awal mula disebut Pantai Pasir Berbisik berasal dari fenomena alam yang selalu dirasakan pengunjung ketika mendatangi objek wisata ini. Dimana, ketika kaki bersinggungan dengan hamparan pasir putihnya, akan terdengar bunyi yang seolah sedang berbisik syahdu.

Pantai yang memiliki panjang kurang lebih 200 meter ini dikelilingi oleh pohon cemara laut, panorama samudera biru luas membentang dan gugusan batu-batu karang.

Lokasi: Desa Sifahandro, Kec. Sawo, Kab. Nias Utara.

Pantai Asi Walo

Pantai Asi Walo

Wisata Nias Berikutnya ada sebuah pantai menarik yang indah dan asri dengan pasir putih yang menawan. Pantai dengan teluk yang eksotis ini berjarak 40 km atau 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kota Gunungsitoli.

Pantai Asi Walo memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar 2 sampai 10 meter. Air di pantai ini bening dengan ombak yang kecil. Di sepanjang tepi pantai tumbuh pohon-pohon hijau, seperti kelapa dan tumbuhan sejenis semak-semak.

Di pantai Nias ini terdapat beberapa restoran kecil dengan salah satu menunya adalah ikan dan ayam panggang. Tak jauh dari restoran tersebut ada beberapa pondokan yang bisa digunakan untuk menginap.

Tempat wisata Pulau Nias ini memiliki beberapa titik snorkeling yang bisa sobat nikmati, salah satunya ada di ujung tepi teluk. Belum lagi pesona langit pada saat sore hari, tentu akan terasa syahdu dan menyenangkan.

Lokasi: Teluk Bengkuang, Kec. Sawo, Kab. Nias Utara.

Pantai Rockstar

Pantai Rockstar

Meski tidak semenggoda ombak di Pantai Sorake, Pantai Rockstar tetap memiliki kualitas yang tak bisa dianggap remeh. Terletak sekitar 13km dari Kota Teluk Dalam, tepatnya ada di Desa Hilisataro, wisata pantai di Nias ini menawarkan gulungan ombak yang besar dan menantang terutama bagi surfer.

Pemburu ombak yang datang ke Pantai Rockstar tidak hanya dari dalam negeri, namun juga dari mancanegara. Sayangnya, tepian pantai tak memiliki pemandangan yang seindah pantai lain di Kabupaten Nias Selatan.Tepi pantai juga rata-rata berupa batu karang yang tidak cocok untuk bersantai sambil tiduran.

Lokasi: Desa Hilisataro, Kec. Toma, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara.

Pantai Ladeha

Pantai Ladeha

Salah satu wisata alam di Kepulauan Nias yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Ladeha. Pantai ini merupakan primadona wisatawan yang terletak di Desa Lolomoyo, Kecamatan Amandraya, Kabupaten Nias Selatan.

Pantai Ladeha bisa dibilang cukup unik. Wisatawan yang datang akan dibuat takjub dengan penampakan pantai yang dikelilingi oleh tebing berbatu yang curam. Tebing-tebing tersebut membuat pantai di Nias ini terlihat semakin eksotis. Tak heran, banyak wisatawan yang berlomba-lomba berburu foto instagenik di bebatuan tebing ini dengan latar pasir putih pantai maupun deburan ombak yang menggulung.

Baca Juga: Tempat Wisata Sumatera Utara

Di Pantai Ladeha, wisatawan bisa menikmati bermain air dan berenang di kolam-kolam alami yang terdapat di sekitar area pantai. Menikmati sensasi berendam di kolam alami yang terisi air laut dengan keindahan airnya yang berwarna biru kehijauan menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.

Tak hanya bermain air di pinggiran pantai, wisatawan yang datang ke Pantai Ladeha bisa menikmati keindahan goa-goa alami yang ada di sepanjang pesisir.

Tak seperti kebanyakan wisata pantai lainnya, Pantai Ladeha ini masih sangat jarang dikunjungi. Hal itu membuat suasana di pantai masih sangat asri dan terjaga. Bahkan, jika berkunjung ke pantai Nias ini rasanya bak mengunjungi pantai milik pribadi yang istimewa.

Lokasi: Lolomoyo, Kec. Amandraya, Kab. Nias Selatan

Desa Wisata Orahili

Desa Wisata Orahili

Setelah puas menikmati wisata alam Nias, sobat bisa berkunjung ke wisata budaya Desa Orahili. Sama halnya dengan Desa Bawomatalua, Desa Wisata Orahili merupakan wilayah megalithiukum tertua di Indonesia.

Nenek moyang kedua desa ini, merupakan kakak-adik yang bermarga Fau. Kemiripan kedua desa memiliki peninggalan batu-batu datar (daro-daro) dengan bentuk menyerupai balok dan memiliki hiasan ukiran.

Batu tegak (naitaro) sebagai peringatan bagi seseorang yang meninggal dan juga upacara kenaikan status serta halaman desa yang berselimuti batu-batu lempengan.

Desa Oahili merupakan tempat wisata yang tepat bagi sobat yang ingin mempelajari kebudayaan. Disini sobat bisa menemukan banyaknya peninggalan megalitik berbagai jenis.

Lokasi: Orahili, Kec. Bawolato, Kab. Nias.

Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias adalah salah satu museum terbaik di Indonesia. Dengan koleksinya yang mencapai 6.000-an artefak terdata dengan baik dan penataannya yang menarik, tempat wisata Pulau Nias satu ini sangat tepat untuk mengisi liburan sobat ke kepulauan Nias.

Bangunan utama museum terdiri dari 4 paviliun yang memajang artefak-artefak berdasarkan pengelompokannya. Semua benda atau artefak yang dipajang dilengkapi panel berisi keterangan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Daya tarik lain yang bisa sobat temukan disini adalah adanya kebun binatang mini, cafe, taman rekreasi, panorama laut serta perpustakaan. Selain menjadi sarana edukasi, musium ini tempat yang tepat untuk sobat belajar tentang budaya Nias yang sangat unik dan kaya.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, No. 134-A, P.O. Box 16, Iraonogeba, Kec. Mandrehe Barat, Gunungsitoli, Kab. Nias Barat

Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo

Salah satu objek wisata Nias yang populer yakni Air Terjun Humogo yang memiliki wana wisata seluas 3 hektar berada di ketinggian 440 mdpl dan dikerumuni oleh padatnya hutan kelapa menjadikan pesonanya selalu tawarkan hawa menyejukkan.

Memasuki area wisata, hal pertama yang terlintas di Air Terjun Humogo ialah kesan kekinian. Dari jalan masuk saja sudah disambut dengan jalur pedestrian yang dihiasi pagar warna-warni. Semakin disusuri pasti akan semakin terpikat akan suasana alamnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Langkat

Ketinggian airnya hanya setinggi 8 meter saja, tentu sejumlah jeram yang ada di Humogo sama sekali tidak berbahaya. Kedalamannya juga hanya sekitar 30 cm. Mau langsung merasakan segarnya kucuran air di bawah lepasan? Bisa banget!

Wisatawan yang liburan dengan keluarga ke air terjun terindah di Kepulauan Nias ini tak akan kecewa. Keindahan Air Terjun Humogo bisa menjadi alasan kenapa objek wisata Nias ini wajib dikunjungi. Selain dikarenakan penataannya yang sudah sangat maksimal. Teduhnya jajaran pepohonan di sepanjang jalur trekking juga membuat tempatnya nyaman untuk bersantai.

Lokasi: Fadoro, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli.

Bagaiman daftar tempat wisata Pulau Nias yang republikwisata rekomendasikan diatas, cukup menarik bukan. Jelajahilah satu persatu dan temukan keindahan wisata kepulauan Nias masing-masing. Jangan lupa lakukan persiapan sebelum mengexplore pesona objek wisata Nias supaya liburan sobat semakin berkesan.

Pos terkait