Tugu Jogja

Tugu Jogja, Landmark Kota Jogja dengan Berbagai Keunikannya

Posted on

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang diminati oleh wisatawan karena menyimpan banyak keunikan. Diantaranya adalah jejak sejarah bangsa Indonesia, melekat pada bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Jogja seperti Tugu Jogja.

Sekilas Sejarah Tugu Jogja

Bukan hanya sekedar landmark, ada makna filosofis tugu Jogja yang menggambarkan semangat perlawanan atas penjajahan. Oleh sebab itulah mengapa tempat wisata di Jogja ini sangat populer. Monumen ini terletak di perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan A.M Sangaji, Jalan Sudirman dan Jalan Diponegoro. Usia tugu sudah mencapai lebih dari 3 abad, menjadi bagian dari saksi bisu sejarah Kota Jogja. Didirikan kurang lebih satu tahun setelah Keraton Jogja.

Secara rinci, berdasarkan sejarah Tugu Jogja, awalnya berbentuk sebuah tiang silinder yang mengerucut ke atas. Dimana bagian dasarnya adalah pagar melingkar, sementara bagian puncak berbentuk bulan. Ketinggian tugu kurang lebih mencapai 25 meter. Namun semuanya berubah saat terjadi gempa yang mengguncang Jogja dan membuat bangunan tugu runtuh.

Akhirnya Tugu Jogja direnovasi. Dimana bagian puncaknya tak lagi berbentuk bulat namun kerucut dan runcing. Ketinggiannya pun menjadi lebih rendah, kurang lebih 15 meter sampai 10 meter.

Jam Operasional

Gambar Tugu Jogja

Tugu Yogya merupakan tempat wisata yang dibuka 24 jam dan boleh dikunjungi oleh siapa saja. Jadi, kamu bisa berkunjung kapanpun kamu mau. Selama cuaca mendukung, kamu bisa menikmati suasana sekitar Tugu Jogja dengan nyaman.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Tugu Jogja

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Tugu Jogja

Beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan selama berkunjung ke Tugu Jogja antara lain.

Berfoto di Depan Tugu

Tugu Jogja memang sangat istimewa, oleh sebab itulah bila liburan ke kota ini namun belum berfoto di depan tugu, pastinya akan terasa ada yang kurang. Kebanyakan wisatawan memang menjadikan Tugu bersejarah ini sebagai tujuan wisata selama berada di pusat kota Jogja. So, jangan lupa membawa kamera agar bisa mengabadikan momen dan gambar tugu jogja!

Menikmati Suasana Kota Jogja dengan Nongkrong di Angkringan

Di sekitar tugu kamu akan menemukan banyak angkringan yang menjual makanan khas Jogja dengan harga murah. Nah, untuk menikmati suasana Jogja dengan nyaman, kamu bisa banget loh nongkrong di angkringan. Menyantap kuliner cita rasa local ditemani suasana keriuhan Jogja di siang atau malam hari. Jangan lupa membawa uang cash dengan pecahan kecil ya untuk membayar pada para pedagang angkringan.

Naik Odong-Odong atau Becak

Berkeliling di sekitar tugu Jogja bisa dengan berjalan kaki, atau kalau merasa kelelahan kamu bisa banget menyewa odong-odong atau beca. Tinggal duduk dan menikmati suasana sekitar saja, kamu sudah bisa berkeliling dengan nyaman. Tidak hanya di siang hari, kamu juga bisa menyewa kedua kendaraan tersebut di malam hari.

Fasilitas yang Ada di Tugu Jogja

Tugu Jogja sudah dilengkapi oleh beberapa fasilitas, membuat wisatawan akan semakin nyaman liburan di landmark Jogja tersebut. Berikut adalah fasilitasnya:

  • Taman yang Luas dan Terawat
  • Tempat duduk
  • Angkringan / warung makan tradisional
  • Warung makan modern / kafe
  • Spot foto instagramable

Lokasi & Rute Tugu Jogja

Alamat tugu Jogja berada di Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. Tak jauh dari pusat kota sehingga letaknya sangat strategis, mudah diakses dari berbagai arah. Banyak wisatawan yang memilih berjalan kaki untuk sampai ke tugu Jogja dibandingkan harus naik kendaraan.

Tiket Masuk Tugu Jogja

Kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali untuk bisa berkunjung dan menikmati pesona Tugu Jogja. So, tak usah ragu lagi untuk liburan ke sini ya!

Wisata di Sekitar

Di samping menikmati suasana sekitar Tugu, kamu juga bisa sekali berkunjung ke beberapa tempat wisata di sekitarnya. Berikut adalah yang paling direkomendasikan.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Siapa sih yang tak tahu tentang pasar beringharjo? Pasar yang sudah sangat terkenal ini memang berbentuk tradisional namun merupakan yang tertua di Jogja sehingga sangat istimewa sekali. Bagi yang sedang mencari oleh-oleh khas Jogja, kamu bisa menemukan banyak sekali barang disini, harganya pun murah-murah loh. Mulai dari kain batik, kaos, kemeja, aksesoris, hingga barang antic bisa kamu dapatkan.

Bahkan kalau ingin menikmati kuliner dengan harga ekonomis, kamu bisa melakukannya di Beringharjo. Harga murah, perut kenyang, cita rasa local, lengkap sudah pengalaman liburanmu selama di Jogja!

Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-Alun Kidul Jogja tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Sebuah lapangan rumput luas yang selalu ramai oleh wisatawan baik pada siang atau malam hari. Lokasi alun-alun ini tepat berada di belakang Keraton Kasultanan Jogja. Nah, di sini terdapat dua pohon beringin yang memiliki mitos tersendiri. Konon, siapapun yang mampu melewati pohon tersebut dengan kondisi mata tertutup maka segala hal yang diinginkannya akan terkabul. Apakah kamu percaya dengan mitos tersebut? Atau hanya ingin coba-coba saja melewati pohon beringinnya? Datang saja langsung ke Alun-Alun Kidul!

Di samping itu, saat malam hari kamu akan menjumpai banyak pedagang kaki lima yang siap menyajikan makanan khas local. Lampu-lampu jalanan pun semakin membuat romantis suasana Jogja. Beberapa becak siap disewa untung mengantarkan wisatawan berkeliling sekitar alun-alun.

Tamansari Jogja

Tamansari Jogja

Tempat wisata Tamansari Jogja sangat erat kaitannya dengan Keraton Kesultanan yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sebab Tamansari sendiri memang sebuah bangunan yang dibuat khusus untuk keluarga kerajaan. Saat masuk ke bangunan bersejarah tersebut, kamu akan menjumpai 2 kolam.

Dimana kolam pertama merupakan tempat mandinya sultan dan kolam kedua tempat mandi istri dan putri raja. Ada juga area khusus yang biasa dijadikan sebagai tempat bertapa sultan. Tiap sudut bangunan Tamansari memang sangat mempesona karena memiliki nilai sejarah, arsitekturnya juga unik tidak menghilangkan identitas Jawanya.

Keraton Kasultanan Jogja

Keraton Kasultanan Jogja

Keraton Kasultanan Jogja dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I, sama seperti Tamansari. Bila bangunan sebelumnya adalah pemandian dan tempat bertapa raja maka Keraton adalah tempat tinggal keluarga kerajaan. Namun itu dulu, kalau sekarang Keraton memang masih dijadikan tempat tinggal namun sebagian areanya sudah dijadikan sebagai museum. Kepemilikannya masih miliki kasultanan, sebab barang yang disimpan dalam museum adalah barang pribadi milik istana.

Ada banyak spot menarik yang bisa kamu jumpai saat masuk ke istana kasultanan Jogja. Bangunannya juga nampak menarik, gaya arsitektur Jogja dan banyak dipuji oleh ilmuwan-ilmuwan pada zaman Belanda. Kesan vintage sangat terasa sekali, selama berkeliling keraton kamu akan merasa diajak untuk menjelajahi masa lalu.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg juga masuk ke dalam salah satu bangunan bersejarah dan tempat wisata yang ada di sekitar Tugu Jogja. Yang membangun benteng ini masih sama, yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono I. Namun atas perintah Belanda, tujuannya agar bisa mengawasi berbagai aktivitas yang sedang dilakukan di dalam keraton. Benteng ini sempat mengalami kerusakan karena gempa yang pernah terjadi di Jogja. Namun dilakukan perbaikan kembali tanpa menghilangkan arsitektur utama banteng. Sekarang Vredeburg dijadikan sebuah museum yang menyimpan arsip serta barang-barang bersejarah.

Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo

Mencari tempat wisata yang cocok dikunjungi saat berada di Jogja? Bagaimana, bila kamu berkunjung ke Gembira Loka Zoo? Kebun binatang yang berlokasi di Jogja ini menyimpan banyak spesies binatang. Bila mengajak anak-anak kesini, mereka bisa bermain sambil belajar mengenal binatang. Lokasinya berada di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171. Tak jauh dari Tugu Jogja, sehingga kamu bisa menemukan GLZ dengan mudah.

Ratu Boko

Ratu Boko

Jogja memang menjadi kota yang cocok dikunjungi bila kamu ingin melakukan wisata sejarah. Bangunan bersejarah selanjutnya yang bisa kamu jumpai selama liburan di Jogja adalah Situs Ratu Boko, sebuah situs purbakala dari sejumlah sisa bangunan. Bila dari Candi Prambanan, jaraknya kurang lebih 3 km dari sebelah selatan, dan 18 km dari Kota Jogja atau 50 km dari Kota Surakarta, Jawa Tengah. Letak situsnya berada di dataran tinggi yang mencapai 196 meter di atas permukaan laut, dengan luas keseluruhan komplek mencapai 25 hektar.

Berbeda dengan beberapa peninggalan purbakala lain yang berada di Jogja dan merupakan warisan Jawa Kuno, umumnya berbentuk bangunan keagamaan. Kalau Situs Ratu Boko sendiri adalah kompleks profan yang lengkap dengan gerbang masuk, tempat tinggal, kolam pemandian, pendopo dan juga pagar pelindung.

Saat berkunjung ke sini, matamu akan dimanjakan sekali dengan pemandangan sekeliling di Ratu Boko. Udaranya juga sedikit lebih menyejukkan dibandingkan tempat wisata lain yang berada di Jogja. Sangat dianjurkan untuk membawa kamera agar kamu bisa mengabadikan berbagai momen selama berada di Situs Purbakala Ratu Boko.

Tips Berkunjung ke Tugu Jogja

Traveller, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum berkunjung ke landmark Jogja ini, yaitu:

Membawa Kamera

Sudah pasti kamu harus membawa kamera sebab ada cukup banyak spot foto instagramable yang menggambarkan ‘’Jogja Banget’’. Pastikan kameramu terisi daya dengan penuh ya agar bisa berfoto sepuasnya.

Membawa Uang Cash

Sebaiknya kamu juga membawa uang cash dengan pecahan kecil agar bisa bertransaksi dengan mudah saat akan membeli sesuatu selama berada di tugu.

Menyewa Penginapan di Sekitar Tugu

Agar memudahkan untuk berkunjung ke Tugu, sangat disarankan agar kamu bisa menyewa penginapan di sekitar tugu. Banyak kok yang harganya murah dan cocok untuk budget para backpacker.

Mematuhi Protokol Kesehatan

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Jogja pernah masuk ke dalam zona merah covid-19. Oleh sebab itulah, bila kamu ingin berkunjung dalam waktu dekat ini sebaiknya selalu mematuhi protocol kesehatan dengan ketat ya. Gunakan masker, bawalah handsanitizer, kalau perlu bawa juga alat makan dan minum sendiri agar lebih safety.

Itulah informasi lengkap mengenai Tugu Jogja mulai dari sejarahnya, tiket masuk, wisata di sekitar hingga tips yang harus diperhatikan sebelum kamu liburan di landmark Jogja satu ini. Jadi, kapan nih kamu mau berkunjung ke Jogja? Yuk rencanakan waktu liburanmu sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *