Wisata Kalibiru Jogja

Wisata Kalibiru Jogja: Spot Menarik, Lokasi & Tiket Masuk

Posted on

Traveler, menjelajahi tempat wisata di Jogja memang tak cukup kalau hanya dalam waktu satu hari saja. Pasalnya, ada banyak sekali destinasi yang wajib dikunjungi karena memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Salah satunya wisata alam Kalibiru di Kulon Progo Jogja.

Sekilas Mengenai Kalibiru Kulonprogo

Kalibiru Jogja merupakan Kawasan wisata berbentuk hutan lindung yang letaknya berbatasan langsung dengan Kulon Progo. Udara di sini masih terasa sangat sejuk, sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merelaksasikan pikiran. Sekarang ini Kulon Progo dikelola oleh masyarakat desa setempat dan menjadi salah satu sumber penghasilan utamanya.

Berdasarkan sejarah, Kulon Progo dulunya memanglah sebuah desa yang dihuni oleh masyarakat turun temurun. Di samping itu, desa ini menjadi salah satu saksi bisu sejarah bangsa Indonesia, tepatnya saat Pangeran Diponegoro melakukan perlawanan pada VOC.

Daya Tarik Kalibiru

Kalibiru Kulonprogo

Lantas, apa sih yang menjadi daya tarik dari wisata Kalibiru ini?

Berada di Dataran Tinggi dan Dikelilingi Perbukitan

Desa Wisata Kalibiru Jogja berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh perbukitan. Kontur tanahnya pun bergelombang tak merata. Hal inilah yang membuat suasana di Kalibiru jadi semakin menarik, khususnya dengan pemandangan di sana. Mata akan dimanjakan dengan hamparan hijau perbukitan.

Ketinggiannya mencapai 450 meter dari permukaan laut, membuat udara sekitar terasa menyejukkan. Saat berada di sana, kamu juga akan menjumpai sebuah jembatan kayu yang sangat tinggi. So, untuk yang suka dengan ketinggian dan ingn memacu adrenaline, bisa sekali coba naik ke atas jembatan.

Pemandangan Alam yang Indah

Bila melihat dari dataran yang lebih rendah mungkin kamu belum bisa melihat dengan jelas keindahan alam di Kalibiru. Tapi, sesampainya di puncak bukit, hamparan alam dengan jelas bisa terlihat oleh mata kepala kita sendiri. Terlihat juga pemandangan waduk Sermo yang berada di tengah-tengah bukit

Spot Foto Instagramable

Spot foto instagramable memang menjadi salah satu hal yang diburu wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata. Nah, di Kalibiru Kulon Progo kamu bisa menjumpai banyak spot foto instagramable yang bertemakan alam. Jadi, jangan lupa membawa kamera agar bisa berfoto sepuasnya.

Jam Operasional

Wisata Alam Kalibiru Jogja buka setiap hari dengan jam kunjungan dari pukul 06.30 sampai dengan 17.00 WIB. Sebaiknya jangan berkunjung saat musim liburan ya, sebab bisa dipastikan tempat wisata ini akan lebih ramai dibandingkan biasanya.

Spot & Aktivitas Menarik

Spot & Aktivitas Menarik Kalibiru Jogja

Berikut adalah beberapa spot dan aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di wisata Kalibiru Yogyakarta.

Hunting Foto

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa salah satu daya tarik wisata alam di Jogja satu ini adalah spot foto instagramablenya. Oleh sebab itulah, kamu jangan melewatkan untuk berfoto di titik titik yang direkomendasikan diantaranya area panggu, rumah pohon, gardu pandang, serta beberapa spot foto lain yang memiliki bentuk unik seperti love dan oval.

Namun perlu kamu ketahui tidak semua spot foto bisa digunakan secara gratis. Ada harga sewa yang harus dibayar, kisaran 10 ribu sampai dengan 15 ribu rupiah.

Trekking

Kamu juga bisa melakukan trekking di Kalibiru sembari menikmati pemandangan hutan yang hijau dan udara yang sejuk. Selama melakukan trekking kamu juga mungkin akan menjumpai spot foto menarik yang tak lepas dari nuansa alam.

Meluncur Menggunakan Flying Fox

Flying fox merupakan salah satu wahana menantang yang telah disiapkan oleh pengelola wisata Kalibiru. Kamu akan diajak menguji adrenaline dengan meluncur menggunakan seutas tali. Biaya yang dikeluarkan kurang lebih hanya berkisar 30 ribu rupiah saja. Biaya bisa berubah tergantung kebijakan pihak pengelola tempat wisata.

Menguji Adrenaline di Atas Jembatan Gantung

Adrenaline masih belum cukup terpacu hanya dengan meluncur di flying fox? Kalau begitu, bagaimana bila kamu mencoba naik ke sebuah jembatan gantung yang bernama high rope. Jembatan tersebut bergoyang saat dilewati, ketegangan pun semakin terasa. Untuk bisa naik ke atas jembatan, kamu juga harus membayar 30 ribu rupiah saja.

Downhill Track

Kontur wisata Kalibiru yang unik yakni naik turun dimanfaatkan oleh pengelola tempat wisata untuk bisa menghadirkan wahana outdoor yang menantang yaitu mountain bike. Bagi kamu yang menyukai olahraga satu ini, kamu bisa coba menjelajahi track downhill. Biayanya juga tak terlalu mahal kok. Banyak anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas tertentu untuk melakukan aktivitas ini secara bersama.

Fasilitas

Fasilitas Kalibiru Kulonprogo

Beberapa fasilitas yang sudah ada di Kalibur antara lain:

  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Gardu Pandang
  • Aula Joga
  • Penginapan
  • Free Hotspot
  • Wahana Permainan Alam Seperti Flying Fox

Lokasi

Alamat Kalibiru Kulon Progo berada di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau lebih tepatnya 10 km dari wates.

Rute

Untuk bisa sampai di Kalibiru Wates sebenarnya cukup mudah, apalagi bila kamu memulai titik keberangkatan dari Jogja. Kamu bisa menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 40 km dalam waktu 90 menit. Tinggal menikuti rute ke arah pemandian Clereng saja.

Tiket Masuk Kalibiru Jogja

Berikut adalah biaya tiket masuk kalibiru yogyakarta harus kamu siapkan:

  • Wisatawan Lokal : Rp 10.000
  • Wisatawan Asing : Rp 20.000
  • Parkir Mobil : Rp 5.000
  • Parkir Motor: Rp 2.000
  • Spot Foto : Rp 10.000 – Rp 25.000

Wisata di Sekitar Kalibiru

Bila memiliki cukup banyak waktu, kamu juga bisa mengunjungi beberapa wisata di sekitar Kalibiru berikut ini:

Waduk Sermo

Waduk Sermo

Tempat wisata di Kulonprogo yang masih bertemakan alam dengan udaranya yang segar dan pemandangan yang indah. Nampak perbukitan mengelilingi waduk memberikan nuansa yang berbeda. Sama halnya seperti Waduk Jatiluhur, di sini kamu bisa menikmati fasilitas pemancingan.

Salah satu ikan yang sangat populer di Waduk Sermo adalah ‘’ Setan Merah’’. Jenis ikan predator  di perairan tersebut. Selain memancing, kamu juga bisa berkeliling di sekitar waduk menggunakan perahu sewaan. Mata akan disuguhkan dengan pemandangan bukit menoreh yang indah.

Nah, untuk tiket masuk waduknya sendiri gratis. Tapi kalau ingin naik perahu kamu harus membayar sewa perahunya 30 ribu. Bila membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan. Mobil 5 ribu rupiah, motor 3 ribu rupiah.

Kedung Pedut Kulon Progo

Kedung Pedut Kulon Progo

Selain waduk, masih ada wisata perairan lain di sekitar Kalibiru yaitu Kedung Pedut. Sebuah air terjun yang berlokasi di Kulon Progo dengan suasana alam yang kental dan masih terjaga. Wisata satu ini cocok sekali untuk kamu yang memang ingin merelaksasikan pikiran sembari berenang atau bermain air.

Ini adalah salah satu wisata air yang wajib dikunjungi oleh kalian yang menyukai wisata air. Kedung pedut adalah air terjun yang ada di Kulon Progo. Dengan air yang masih asri dan sejuk, tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin berenang atau sekedar bermain air.

Pule Payung

Pule Payung

Pule Payung merupakan tempat wisata di sekitar wisata kalibiru kulon progo yang sempat hits di media sosia. Termasuk dalam wisata buatan yang ditata dengan indah dan rapi tanpa mengesampingkan nuansa alamnya. Pemandangan landscape perbukitan sangat bisa kita lihat dengan jelas, begitu pun dengan waduk sermo. Sangat rugi sekali bila kita tak mengabadikan pemandangan-pemandangan tersebut.

Fasilitas wisata di sini sudah sangat lengkap, dijamin akan membuatmu semakin nyaman. Mulai dari toilet, tempat beribadah, hingga pusat informasi. Bahkan bila kamu tak membawa kamera saat berkunjung ke sini, kamu bisa menyewanya juga loh.

Nah, untuk harga tiket masuk ke Pule Payung masih cukup terjangkau. Hanya 15 ribu rupiah saja per orang. Sementara bila membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan untuk motor 3 ribu dan mobil 5 ribu.

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran

Next setelah Pule Payung, Ayunan Langit Watu Jaran juga sangat populer di social media. Oleh sebab itulah, tempat wisata satu ini banyak diburu wisatawan khususnya yang mencari spot-spot instagramable. Letak Ayunan Langit Watu Jaran ada di atas dataran tinggi. Tak heran bila udara sekitar sangat menyejukkan, pemandangannya pun indah sekali.

Berbagai spot foto instagramable yang hits dan kekinian sudah disiapkan dan siap memanjakan wisatawan. Mulai dari bukit cinta, ayunan yang berada di bibir tebing, hingga spot foto tulisan yang zaman now banget. Di samping itu, kamu juga semakin bisa nyaman berwisata karena di sini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet dan tempat ibadah.

Jangan lupa untuk menyiapkan tiket masuk 7 ribu rupiah ya. Sementara kalau bawa kendaraan kamu akan dikenakan biaya tambahan parkir 2 ribu rupiah. Kalau ingin naik ayunan gantung maka harus membayar juga 20 ribu rupiah.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Ke Kalibitu Jogja

Kalibiru Kulon Progo memang menjadi salah satu wisata di Jogja yang sangat direkomendasikan. Khususnya untuk kamu yang menyukai wisata bernuansa alam. Di balik cuaca Jogja yang panas, ternyata Kalibiru mampu memberikan suasana yang berbeda.

Traveler, bila tertarik berkunjung ke Kalibiru dan beberapa tempat wisata di sekitarnya, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Berikut diantaranya:

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum. Hal ini dilakukan agar kamu bisa semakin nyaman untuk menjelajahi tempat wisata di Kulon Progo.

Membawa Uang Cash

Bawalah uang cash sesuai yang dibutuhkan. Barangkali nanti kamu akan kesulitan membawa mesin ATM atau bahkan alat pembayaran digital pun belum terfasilitasi.

Hindari Berkunjung Saat Musim Liburan

Hampir setiap hari Kalibiru tak pernah sepi dari pengunjung. Jumlahnya semakin tinggi saat memasuki musim liburan. Oleh sebab itulah sangat disarankan berkunjung di hari kerja saja.

Itulah pembahasan lengkap mengenai wisata Kalibiru Kulon Progo Wates mulai dari sejarah singkat, daya tarik hingga tips berkunjung. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke sini? Yuk dapatkan pengalaman liburan berbeda saat berkunjung ke Jogja. Agar semakin seru, jangan lupa aja keluarga atau teman untuk liburan ke sini ya! Happy Traveling guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *